Tips Budidaya Tanaman Hias Dan Manfaatnya, Yuk Caritahu Disini!

Budidaya tanaman hias semakin menjamur selama beberapa tahun terakhir dan berasal dari berbagai kalangan. Tidak hanya untuk mengisi waktu luang saja, tetapi budidaya tersebut juga dapat menjadi kegiatan yang menguntungkan karena nantinya Anda bisa menjual tanaman dari hasil budidaya tersebut.

Meskipun begitu, tidak semua jenis tumbuhan dapat menjadi tanaman hias. Biasanya jenis tanaman yang digunakan adalah tanaman yang mempunyai kesan unik sekaligus mampu memberikan keindahan tersendiri.

Adapun harga untuk tanaman hias sendiri biasanya sangat beragam mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah atau tergantung dengan jenis tanaman yang dibeli. Walaupun terdengar cukup mudah, tetapi proses budidaya ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Sampai disini, Anda pastinya tertarik untuk memulai budidaya tanaman ini bukan. Dibawah ini, kami sudah menyediakan ulasan lengkap mengenai materi budidaya tanaman hias. Dengan begitu dapat dijadikan sebagai referensi agar tidak sampai salah melangkah.

Pengertian Budidaya Tanaman Hias

Sebelum masuk ke pembahasan utama, maka Anda harus mengetahui dahulu pengertian budidaya tanaman hias. Sebab tidak sedikit dari Anda mungkin masih bingung untuk memahaminya lebih jauh. Jadi sederhananya ini adalah sebuah kegiatan menanam sekaligus merawat jenis tanaman yang mempunyai nilai dekoratif sekaligus estetika.

Adapun tanaman hias atau ornamental plant adalah jenis tanaman yang mempunyai bunga atau bentuk daun menarik serta warna cantik. Proses budidaya tanaman hias adalah dapat dilakukan secara generatif atau vegetatif. Sudah sejak lama keberadaan dari tanaman hias tersebut dianggap sebagai sesuatu yang mempunyai nilai.

Hal tersebut karena tanaman tersebut mempunyai bentuk bunga, tangkai, daun, cabang, akar atau bahkan aroma yang menarik. Permintaan akan tanaman hias ini pun juga semakin meningkat seiring berjalannya waktu baik di perkotaan ataupun pedesaan. Tidak hanya digunakan untuk hiasan di rumah saja, namun juga sudah banyak digunakan di kantor, hotel, rumah sakit dan lainnya.

Pada awalnya tujuan budidaya tanaman hias sendiri adalah untuk dinikmati keindahannya, tetapi seiring berjalannya waktu juga mempunyai nilai ekonomi. Di samping itu, budidaya ini juga membantu mengusir nyamuk karena beberapa jenis tanaman ternyata mempunyai kemampuan mengusir nyamuk.

Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Dibudidaya

Setelah memahami bagaimana pengertian sekilas mengenai budidaya ini, maka berikutnya adalah contoh budidaya tanaman hias ini. Ternyata ada beberapa jenis tanaman yang dapat dibudidayakan sebagai tanaman hias baik untuk kebutuhan indoor ataupun outdoor. Berikut ini sejumlah contoh jenis tanaman yang bisa Anda budidayakan dengan mudah.

  1. Tanaman Hias Indoor

Sesuai dengan namanya, jenis tanaman hias indoor satu ini biasanya sangat cocok untuk ditaruh di dalam ruangan. Ada banyak jenis tanaman yang bisa Anda budidayakan untuk keperluan indoor. Misalnya saja adalah Dracaena Bergaris, Pohon Naga, Bromelia, Papirus Payung, Cyclamen, Dieffentbachia dan lainnya.

  1. Tanaman Hias Outdoor

Berikutnya adalah jenis tanaman hias outdoor yang bisa membantu untuk menambahkan keindahan dan warna pada taman di rumah. Bukan hanya cantik saja, untuk tanaman outdoor jauh lebih mudah dirawat dibandingkan untuk jenis outdoor. Beberapa jenis tanaman outdoor yang bisa ditanam diantaranya adalah Pakis, Anyelir, Mawar, Begoniaceae, Maple Jepang, Lily hingga Tanaman Petunia.

  1. Tanaman Hias Yang Tahan Terhadap Matahari

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis tanaman hias tahan terhadap paparan sinar matahari secara langsung dan berlebihan. Ini tentu menjadi kendala tersendiri bagi Anda yang tinggal di kawasan dengan iklim panas tinggi. Namun jangan khawatir! Karena beberapa tanaman hias ada yang tahan terhadap suhu panas matahari.

Misalnya saja tanaman bambu, bunga transvaal, echeveria, aster, dahlia hingga violet. Dengan memilih tanaman hias yang tahan terhadap suhu panas matahari itulah akan memberikan kemudahan dalam proses perawatannya.

Teknik dan Tips Budidaya Untuk Tanaman Hias

Jika Anda sedang mencari sumber referensi untuk makalah budidaya tanaman hias, maka penjelasan pada artikel ini akan membantu. Perlu diketahui dalam proses budidaya tanaman ini sebaiknya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hal ini supaya hasilnya nanti lebih maksimal sehingga akan memberikan keuntungan tersendiri.

Ada sejumlah teknik dan tips yang wajib diketahui oleh Anda yang hendak melakukan budidaya ini. Mulai dari proses pengolahan tanah, pemilihan bibit hingga proses penyemaian. Untuk lebih jelasnya simak cara budidaya tanaman ini.

1. Memilih Jenis Tanaman Hias

Teknik budidaya tanaman hias yang pertama adalah pemilihan jenis tanaman tersebut. Pastikan Anda memilih jenis tanaman yang paling disukai serta cocok diletakkan di pekarangan atau taman di rumah. Beberapa jenis tanaman atau bunga yang dapat dipilih seperti tanaman bonsai, anggrek, bunga matahari, begonia, sri rejeki dan lainnya.

Sesudah mengetahui jenis tanaman yang akan ditanam, maka berikutnya adalah pemilihan bibit. Ada beberapa jenis bibit tanaman hias yang bisa dipilih diantaranya adalah stek, biji, semai, cangkok atau bahkan umbi. Pastikan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Siapkan Media Tanam

Selanjutnya, proses budidaya tanaman hias adalah dengan menyiapkan media tanamnya terlebih dahulu. Media tanam yang digunakan biasanya akan sesuai dengan jenis tanamannya. Misalnya saja dengan memanfaatkan sekam yang dicampur dengan tanah dan pupuk kompos.

Setelah menyiapkan media tanam, berikutnya Anda bisa menyiapkan peralatan seperti pot, selang air ataupun sekop. Pastikan kelembapan dari tanah juga selalu terjaga agar tanaman bisa tumbuh dengan optimal.

3. Berikan Pupuk Sesuai Kebutuhan

Setelah proses penanaman selesai, Anda juga perlu memberikan pupuk sesuai dengan kebutuhan. Pemberian pupuk sangat penting karena dapat membantu menjaga kesehatan sekaligus kesuburan dari tanaman. Namun jangan memberikan pupuk secara berlebihan karena hanya akan merusak tanaman saja.

4. Lakukan Penyiraman dan Perawatan Secara Rutin

Cara budidaya tanaman hias berikutnya adalah dengan melakukan penyiraman sekaligus perawatan secara rutin. Penyiraman perlu dilakukan untuk menjaga kelembapan tanah sekaligus kebutuhan cairan tanaman terjaga. Selain itu Anda juga perlu untuk merawat kebersihan dari tanaman tersebut.

Manfaat Yang Bisa Didapatkan Dari Budidaya

Tidak hanya sebagai hiasan saja, tetapi ternyata juga ada banyak manfaat budidaya tanaman hias lho.Ini mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat termasuk juga Anda. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari proses budidaya ini.

  • Dapat membantu meningkatkan jumlah oksigen di dalam sebuah ruangan. Sebab selama proses fotosintesis berlangsung, tanaman dapat menyerap CO2 dan melepaskan oksigen di lingkungan
  • Membantu untuk melembabkan udara
  • Sangat efektif untuk meningkatkan konsentrasi serta daya ingat dari seseorang
  • Bisa sebagai pereda stress secara alami. Sebab kehadiran dari tanaman hijau yang ada di lingkungan secara tidak langsung akan memberikan kesan menenangkan
  • Membantu untuk membasmi nyamuk sekaligus serangga.

Beberapa waktu belakangan ini, budidaya tanaman jenis ini memang semakin meningkat. Penggemarnya bukan hanya dari kalangan orangtua saja, tetapi juga anak muda. Namun sebelum itu, pastikan Anda mengetahui dengan baik bagaimana proses budidaya tanaman hias ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *