Cara Budidaya Tanaman Hias Yang Baik

Dengan adanya tanaman hias di pekarangan maupun di dalam rumah akan membuat suasana menjadi lebih asri dan enak dilihat. Namun ada banyak jenis tanaman hias yang bisa Anda pilih untuk memperindah suasana rumah atau pekarangan. Jika Anda tertarik untuk memiliki dan merawat tanaman hias, berikut cara budidaya tanaman hias yang baik.

Memilih Jenis yang Disukai

Cara pertama budidaya tanaman hias adalah memilih jenis tanaman hias yang Anda sukai baik dari bentuk maupun aromanya, juga berdasarkan apakah tanaman tersebut akan sesuai dengan suasana rumah atau pekarangan Anda. Terdapat beberapa jenis tanaman hias yang bisa Anda pilih mulai dari bonsai, begonia, bougenville sampai dengan tanaman kaktus.

Menyiapkan Peralatan dan Media Tanam

Selanjutnya dalam menyiapkan peralatan yang diperlukan beserta tempat untuk menanamnya. Hal ini penting karena jenis tanaman hias yang berbeda juga bisa memiliki media tanam yang berbeda. Tergantung pada jenis tanamannya, Anda bisa memerlukan tanah gembur biasa atau tanah yang sudah dicampur sekam atau kompos.

Selanjutnya, Anda juga perlu mempersiapkan peralatan tanam yang diperlukan. Alat-alat ini biasanya mencakup pot dalam berbagai ukuran tergantung ukuran tanamannya sendiri, sekop, sarung tangan, dan selang atau penyiram tanaman. Pastikan kelembapan tanah selalu dijaga dan kondisi tanah juga selalu stabil.

Penyiraman Rutin dan Terukur

Cara budidaya tanaman hias selanjutnya adalah penyiraman yang rutin. Tanaman hias adalah tanaman yang cukup rapuh sehingga kesalahan sedikit saja bisa mengganggu pertumbuhannya. Pastikan Anda melakukan penyiraman secara rutin untuk memastikan tanaman hias Anda tumbuh dengan baik dan sempurna. Tidak hanya rutin, penyiraman harus dilakukan secara terukur karena berbagai jenis tanaman hias memiliki kemampuan dan kebutuhan serapan air yang berbeda.

Pemberian Pupuk

Ada tanaman yang bisa tumbuh dengan baik hanya dengan tanah gembur, namun ada juga jenis tanaman hias yang membutuhkan bantuan pupuk untuk memastikan pertumbuhan yang sempurna. Pastikan Anda mengetahui dengan pasti kebutuhan tanaman hias yang Anda pilih, dan pastikan juga pupuk yang diberikan juga sesuai takaran sehingga tidak terlalu sedikit maupun tidak terlalu banyak.

Jagalah Tanaman Tetap Bersih

Tahap selanjutnya adalah memastikan tanaman hias Anda selalu bersih. Hal ini penting karena tanaman hias bertujuan untuk memperindah pekarangan atau ruangan, sehingga jika kotor, tanaman hias tidak akan enak dipandang lagi. Selain itu, menyingkirkan kotoran juga akan menurunkan risiko munculnya hama yang akan merusak tanaman hias Anda.

Berikut beberapa cara budidaya tanaman hias yang baik supaya tanaman hias yang Anda pilih bisa tumbuh dengan sehat dan baik juga mampu memenuhi tujuan tanaman hias yaitu memperindah dan mempercantik rumah atau pekarangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *