Tanaman Hias dalam Ruangan dan Tips Perawatannya

Tanaman hias dalam ruangan bisa menjadi salah satu solusi tepat untuk memperindah rumah.  Tak hanya mempercantik ruangan, udara di dalam rumah pun bisa lebih sehat karena proses biologis yang terjadi di tanaman. Lalu, apa saja opsi untuk tanaman hias yang cocok dan bagaimana perawatannya?

Beberapa Opsi Tanaman Hias dalam Ruangan

Ada cukup banyak opsi tanaman hias. Baik itu tanaman bunga, succulent, hingga tanaman buah pun bisa menjadi opsi yang tepat. Untuk penempatan di dalam rumah, beberapa tanaman berikut bisa menjadi pilihan.

  1. Lidah mertua

Opsi tanaman hias dalam ruangan pertama adalah lidah mertua. Nama ilmiahnya adalah Sansevieria. Tentu banyak orang sudah cukup mengenalnya dan sering melihat tanaman dengan daun yang memanjang ini.  Bentuknya memang sederhana seperti suatu lidah dengan bentuk ujungnya yang runcing. Teksturnya cukup keras dan tebal. Warnanya pun beragam, mulai dari hijua hingga campuran antara gradasi hijau dan kuning. Selain bentuk yang sederhana dan rapi untuk ditempatkan di rumah, manfaatnya pun cukup banyak. Selain menyuplai oksigen, ternyata lidah mertua juga menyerap gas-gas berbahaya seperti karbon monoksida dan lain sebagainya.

  1. Lidah buaya

Tanaman hias dalam ruangan lainnya adalah lidah buaya. Selain nama yang mirip, bentuk lidah buaya dan lidah mertua memang hampir sama. Perbedaan utamanya ada di tepian daun yang berduri dan juga tekstur yang lebih tebal dan empuk. Lidah buaya atau aloe vera sangat cocok di dalam ruangan karena tidak perlu intensitas sinar matahari yang tinggi untuk tumbuh. Pastinya, warnanya yang hijau tersebut sangat menyegarkan ruangan. Untuk manfaat, salah satu yang  paling populer adalah untuk perawatan rambut hingga membantu penyembuhan luka bakar dan iritasi. Bahkan, penelitian membuktikan kalau aloe vera kaya akan antioksidan dan bisa dikonsumsi untuk meredakan masalah pencernaan.

  1. Peace lily

Setelah daun-daunan, opsi tanaman hias dalam ruangan ketiga berupa tanaman bunga. Peace lily merupakan salah satu jenis tanaman lily dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Bunganya berwarna putih dan cantik. Perawatannya pun sangat mudah. Peace lily sangat cocok untuk di dalam ruangan karena pertumbuhannya tidak perlu terlalu banyak sinar matahari. Selain membuat ruangan tambah cantik dengan bunganya yang indah, daun peace lily bisa menyerap polutan di udara sehingga ruangan bisa lebih segar dan sehat.

  1. Spider plant

Namanya terlihat unik tapi bentuknya tidaklah seseram laba-laba. Nama tersebut diberikan karena bentuk daun yang panjang dan pilih serta melengkung ke bawah layaknya bentuk kaki laba-laba.  Padahal, bentuknya indah dengan lembaran daun yang terlihat ramai dan menarik. Warnanya pun mempunyai gradasi hijau dan kuning sehingga terlihat segar. Perawatannya ternyata sangat mudah karena bahkan anda hanya perlu menyiramnya sekitar dua hari sekali saja agar akar tidak terlalu basah. Sama halnya dengan tanaman lain, udara di ruangan akan dibuat lebih segar oleh spider plant ini.

  1. Bromeliad

Tanaman hias dalam ruangan lain yang menarik adalah bromeliad. Namanya mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Padahal, bentuknya ikonik dengan daun yang berwarna hijau seperti lidah dan tangkai berwarna merah di bagian tengah yang menjulang tinggi. Gradasi warnanya memang estetik. Selain indah, tanaman bromeliad terbukti mampu menetralisir sekitar 80% polutan di udara sehingga kesehatan di dalam rumah akan semakin terjaga.

  1. Monstera

Siapa yang tidak tahu monstera? Tanaman hias dalam ruangan dengan daun yang lebar dan unik ini sempat mencuri perhatian dan terkenal di kalangan kolektor dan pecinta tanaman. Daunnya memang tidak biasa karena adanya celah seperti sobekan. Warnanya pun sederhana karena hanya berupa hijau saja. Namun, warna dan bentuknya bisa membuat mata segar, dan begitu juga udara di ruangan anda.

Tips Perawatan Tanaman Hias dalam Ruangan

Selain yang sudah disebutkan tersebut, masih ada puluhan tanaman hias dalam ruangan lainnya. Selain memperindah dekorasi interior, tanaman  hias dalam ruangan juga turut membantu menyegarkan dan membersihkan udara di ruangan. Lalu, apakah perawatannya sulit? Anda bisa cek saja beberapa poin berikut.

  1. Penyiraman

Secara umum, tanaman hias dalam ruangan tidak terlalu perlu perawatan yang ekstra. Salah satu hal utama yang perlu dilakukan adalah menyiram tanaman. Biasanya, penyiraman dua atau tiga kali sehari saja sudah cukup untuk beberapa tanaman. Setidaknya, anda perlu pastikan kalau daun dan tanahnya tidak terlalu kering.

  1. Sinar matahari

Hal lainnya adalah intensitas sinar matahari. Sebagian besar tanaman hias dalam ruangan memang tumbuh tanpa perlu sinar matahari dengan intensitas yang terlalu tinggi. Dengan kata lain, penempatannya justru jangan sampai terpapar langsung oleh cahaya matahari.

  1. Penggantian media

Ada kalanya perlu dilakukan penggantian media tanam. Hal tersebut karena kondisi media di pot akan berbeda dengan kondisi di tanah pada umumnya. Dengan tanah yang terbatasi oleh lingkup pot, nutrisi akan terus berkurang. Oleh sebabnya, penggantian media perlu dilakukan. Ketika tanaman hias dalam ruangan sudah bertambah besar, penggantian pot pun sebaiknya dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *