Ragam tanaman buah untuk menghias rumah

Tanaman Hias Buah yang Tepat untuk Mempercantik Rumah Anda

Tanaman hias buah menjadi salah satu pilihan yang bisa menjadi bagian dekorasi rumah anda. Tanpa harus mengeluarkan uang lebih untuk beragam ornamen mahal, tanaman buah bisa menjadi solusi yang menarik dan bahkan unik.  Biasanya, tanaman hias memang lebih condong pada bunga hingga beragam jenis succulent. Namun ternyata, ada juga tanaman hias yang berbuah dan bahkan buahnya bisa dikonsumsi. Untuk tahu lebih jauh, anda bisa cek info berikut.

Beberapa Opsi Tanaman Buah yang Estetis

Tanaman hias memang bervariasi. Namun ternyata opsinya tidak sebatas pada variasi tanaman bunga yang indah atau jenis succulent yang sudah banyak di pasaran. Ada pula beberapa tanaman hias buah yang bisa menjadi pilihan, seperti:

  1. Tanaman jeruk

Jeruk merupakan buah yang sangat umum. Jenisnya pun banyak. Namun ternyata, tanaman jeruk tidak saja bisa tumbuh di lahan yang luas. Ada tanaman jeruk yang bisa tumbuh di pot dan menjadi tanaman hias. Contohnya adalah jeruk kalamansi dan juga jeruk nipis. Kebanyakan memang jenis buah dengan ukuran yang kecil. Rumah tentu akan terlihat lebih menarik dengan tanaman hias buah jeruk, dan nantinya hasilnya pun bisa dikonsumsi.

  1. Pohon zaitun

Zaitun adalah buah yang memang tidak asing lagi. Walau bukan berasal dari Indonesia dan orang pun cukup sulit menemukan pohonnya, ternyata sekarang banyak juga opsi tanaman hias buah zaitun. Tanamannya cocok dan memang bisa tumbuh dengan baik di pot, sehingga cocok untuk menambah dekorasi rumah. Pastinya, tanaman akan tetap bisa berbuah. Anda nantinya bisa mengonsumsi zaitun secara langsung atau emngolahnya dulu.

  1. Nanas

Siapa sangka kalau nanas pun bisa menjadi salah satu opsi tanaman buah. Tanaman yang buahnya tumbuh di dalam tanah tersebut memang mempunyai bentuk yang unik dan daun yang khas. Ternyata, buah yang manis tersebut pun bisa menjadi opsi untuk tanaman hias. Walau tujuan utamanya untuk mempercantik rumah, nantinya buah tetap bisa tumbuh. Hanya saja, perawatan harus ekstra, terutama untuk ukuran pot dan juga untuk penerimaan sinar mataharinya. Nanas memang  perlu area yang cukup luas dan dalam dengan paparan matahari yang cukup.

  1. Lilly pilly

Tumbuhan dengan nama latin Syzygium Panicatum biasa juga disebut sebagai lilly pilly. Namanya memang terasa lucu, dan buahnya pun demikian. Bentuk buahnya menyerupai jambu dengan ukuran mini. Itu pun bisa dikonsumsi sehingga tidak sebatas menjadi tanaman hias buah saja. Bahkan, buah tersebut sering dibuat menjadi selai dan salad.

  1. Murbei mini

Tanaman hias buah lainnya adalah mulberry atau yang biasa disebut murbei. Tanaman aslinya cukup besar dan tinggi. Namun sekarang, sudah ada cukup banyak orang yang menjadikannya bonsai dan masih tetap bisa tumbuh serta berbuah dengan baik.

  1. Apel bonsai

Tanaman hias buah lain dengan bentuk bonsai adalah apel. Walau berukuran lebih kecil dari tanaman aslinya, ternyata buah masih tetap bisa muncul asalkan perawatannya tepat, terutama untuk penyiraman dan penyediaan sinar matahari.

  1. Kelapa bonsai

Opsi lain yang tak kalah menarik adalah kelapa bonsai. Pohon kelapa biasanya tumbuh hingga lebih dari tiga meter dengan batang pohon yang besar. Namun ternyata, pohon tersebut bisa menjadi tanaman hias yang bagus untuk di rumah, baik indoor ataupun outdoor. Bentuknya pun unik dengan batok atau buah kelapa yang masih tampak di permukaan dan kemudian ada tunas yang mencuat. Biasanya, jenis tanaman kelapa yang menjadi bonsai adalah kelapa gading merah serta kelapa gading susu.

Itulah beberapa pilihan untuk tanaman buah yang bisa menjadi hiasan. Sebagian tanaman bahkan masih tetap bisa berbuah dengan baik dan anda tetap bisa menikmati hasilnya.

Kenapa Harus Memperindah Rumah dengan Tanaman Buah?

Tentu saja, ada manfaat yang didapatkan dari menggunakan tanaman buah sebagai hiasan di dekorasi rumah anda. Bahkan, hasilnya pun tak kalah dari tanaman hias seperti bunga dan beragam jenis succulent. Lalu, apa saja keuntungan dari pemilihan jenis tanaman ini untuk mempercantik rumah?

  1. Menyegarkan ruangan

Sama halnya dengan tanaman hias pada umumnya, tentu saja manfaat utamanya adalah untuk menyegarkan ruangan. Tanaman hias buah tetap bisa menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen di dalam ruangan.

  1. Memperindah rumah

Dari segi estetika, tanaman hias buah juga akan terlihat menarik dan tak kalah dari beragam jenis bunga. Bahkan, bentuknya bisa lebih menarik perhatian, apalagi ketika sedang berbunga dan kemudian berbuah.

  1. Menghasilkan buah

Beberapa tanaman buah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya masih tetap bisa menyediakan buah. Tak hanya sebagai hiasan, anda bisa memakan atau mengolah buah yang ada saat sudah waktunya panen. Dengan begitu, tanaman hias tak hanya mempercantik ruangan saja, tapi juga bakal memberikan manfaat tambahan ketika sudah waktunya untuk berbuah.

Itulah beragam hal menarik tentang tanaman hias buah. Ada banyak opsi tanaman yang bisa menjadi pilihan. Tak hanya membuat rumah tambah cantik dan sejuk, anda juga bisa menikmati buah yang muncul dari tanaman yang ada.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *