Contoh Budidaya Tanaman Hias Yang Bisa Jadi Peluang Usaha

Seiring berkembangnya konsep urban farming pada masyarakat perkotaan yang memiliki lahan terbatas, budidaya tanaman hias terus menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Permintaan terhadap tanaman hias selalu ada baik dari penyuka tanaman maupun tempat-tempat komersial seperti hotel dan perkantoran. Jika Anda tertarik, berikut beberapa contoh budidaya tanaman hias.

Anthurium

Salah satu jenis tanaman hias yang paling populer adalah anthurium yang pasarnya berkembang cepat karena ketersedian bibit yang baik dan mudah ditemukan di berbagai daerah. Margin yang bisa Anda peroleh dari tanaman ini lumayan besar, bisa mencapai 30% ke atas. Namun kejelian dalam mengendus pasar, serta pemilihan timing dan jenis perlu dilakukan dengan tepat.

Adenium

Jenis tanaman hias lainnya yang juga sangat populer adalah adenium yang terkenal karena keindahan bunganya yang berwarna kemerahan. Yang menjadi daya tarik tersendiri dan unik dari adenium adalah keberadaan bonggol yang menjadi alasan mengapa tanaman ini kerap diburuh penggemar tanaman hias. Adenium adalah jenis tanaman hias yang tidak pernah sepi peminat sehingga memiliki prospek yang cerah.

Aglaonema

Jika Adenium diincar karena bunganya yang cantik juga bonggolnya, jenis selanjutnya sering diburu justru karena daunnya. Tanaman aglaonema adalah contoh budidaya tanaman hias yang sangat unik karena memilik daun yang berwarna merah dominan bercampur hitam. Karena tampilan daun yang sangat mengesankan ini, harga tanaman aglaonema tergolong cukup tinggi sehingga memiliki potensi penghasilan yang juga tinggi.

Euphorbia

Euphorbia adalah tanaman hias yang kerap diburu karena warna dan coraknya yang indah. Tidak hanya itu, varian baru yang selalu muncul hasil dari persilangan antar jenis membuat tanaman ini terus memiliki penggemar dan peminat yang bertambah. Euphorbia juga cukup mudah untuk diperbanyak dengan metode stek, sehingga tanaman ini cocok untuk dijadikan peluang bisnis.

Pachypodium

Tidak hanya bunga atau daun yang indah, tanaman hias ini juga menarik banyak perhatian, salah satu contohnya adalah pachypodium. Tanaman yang berasal dari Madagaskar ini punya bentuk yang berbeda yaitu menyerupai pohon palem dengan duri tajam yang menyelubungi tubuhnya ketika sudah tumbuh dewasa. Karena bentuk dan jenisnya yang langka dan unik, harga tanaman ini bisa membumbung tinggi apalagi jika memiliki kualitas yang sehat, baik dan sempurna.

Philodendron

Untuk contoh budidaya tanaman hias yang cocok digunakan sebagai pelengkap di taman, Anda patut memilih philodendron. Tanaman ini memiliki karakteristik utama yaitu daunnya yang berwarna hijau dan tumbuh panjang menjuntai membentuk huruf Y. Terdapat beberapa jenis berbeda dari tanaman ini seperti red congo, red emerald, black cardinal, marble, orange, dan red princes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *