Teknik Budidaya Tanaman Hias

Berbagai Teknik Budidaya Tanaman Hias Untuk Pemula

Membudidayakan tanaman hias adalah kegiatan yang sangat bermanfaat baik ketika dilakukan sebagai sekadar hobi, maupun sebagai bisnis. Jika Anda tertarik dengan kegiatan ini dan ingin memulai budidaya tanaman hias sebagai hobi, berikut berbagai teknik budidaya tanaman hias yang perlu diketahui oleh pemula.

Mengolah Tanah

Hal paling penting sebelum memulai menanam tanaman hias tentu saja adalah mempersiapkan tanahnya. Anda perlu memastikan bahwa unsur tanah yang akan dipakai sudah gembur dan memiliki unsur hara yang cukup untuk menumbuhkan tanaman hias dengan baik. Sesuaikan juga wadah yang digunakan seperti kaleng dan drum bekas untuk luar ruangan dan pot untuk dalam ruangan.

Proses Pembibitan dan Penyemaian

Bibit untuk tanaman hias tidak jauh berbeda dengan bibit untuk tanaman lain sehingga pastikan saja Anda mendapatkan bibit yang sesuai dengan tanaman yang hendak Anda tumbuhkan. Selanjutnya, Anda bisa melakukan proses penyemaian dengan menanam bibit pada lahan atau tanah yang sudah disediakan sebelumnya.

Namun ketika menyemai, pastikan Anda memberikan jarak yang cukup antar benih, ini sangat perlu dilakukan ketika Anda menyemai tidak pada pot melainkan pada lahan tanah. Sesuaikan jarak antar benih dengan ukuran dewasa tanaman tersebut, semakin besar ukuran tanaman ketika dewasa, semakin jauh jarak yang diperlukan.

Penanaman dan Perawatan

Ketika berbicara tentang teknik budidaya tanaman hias, tentu saja tidak lepas dari proses penanaman dan perawatan. Ketika menanam benih ke dalam tanah, pastikan Anda melakukannya dengan kedalaman yang cukup yaitu tidak terlalu dalam maupun tidak terlalu dangkal. Hal ini tergantung pada jenis tanaman yang ditanam, sehingga pastikan kedalamannya sesuai. Pastikan juga Anda langsung menyiram ketika benih sudah dimasukkan ke dalam tanah.

Setelah itu, Anda perlu melakukan perawatan secara teratur untuk memastikan bahwa tanaman tersebut akan tumbuh secara sehat dan sempurna. Hal pertama yang perlu dilakukan dalam merawat tanaman hias adalah melakukan penyiraman secara teratur. Namun ini perlu disesuaikan dengan jenis tanaman itu sendiri. Contohnya, tanaman hias berjenis kaktus tidak perlu disiram secara rutin, tidak seperti jenis tanaman lainnya.

Sebaliknya, terdapat beberapa jenis tanaman hias yang jauh lebih sensitif. Sehingga penyiraman harus dilakukan dengan jadwal yang tepat, air yang berkualitas, juga takaran yang akurat. Selain penyiraman, bentuk perawatan lain yang perlu dilakukan adalah pencegahan hama supaya pertumbuhan tanaman hias tidak terganggu.

Itulah berbagai teknik budidaya tanaman hias untuk pemula yang baru memulai membudidayakan tanaman hias. Pastikan Anda mengetahui sebanyak mungkin tentang jenis tanaman hias yang akan Anda tanam dan tumbuhkan karena tanaman hias dengan jenis berbeda juga butuh perawatan yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *