Materi Budidaya Tanaman Hias, Apa Saja yang Diperlukan?

Budidaya tanaman hias adalah salah satu jenis kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan di waktu senggang. Misalnya dilakukan untuk para lansia yang sudah pensiun. Kegiatan ini menawarkan kepuasan tersendiri ketika tanaman bisa tumbuh dengan baik, dan kegiatan fisik ringan yang dibutuhkan ketika melakukannya membuat tubuh sehat. Jika Anda tertarik, mari mengetahui materi budidaya tanaman hias, alat-alat yang diperlukan.

Sekop atau Cangkul

Kedua alat ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menggali tanah untuk menimbun bibit atau untuk memindahkan tanaman. Yang membedakan keduanya adalah ukuran, sekop digunakan untuk tanaman hias berukuran kecil, sedangkan cangkul untuk yang berukuran besar.

Ketika Anda hendak membeli sekop atau cangkul atau keduanya tergantung kebutuhan Anda, pastikan Anda memilih yang memiliki ujung tajam karena ini akan sangat memudahkan Anda dalam menggali tanah. Tidak hanya itu, terkadang Anda juga perlu memotong akar sehingga sekop atau cangkul yang tajam bisa melakukan dua tugas sekaligus dan lebih praktis.

Sarung Tangan

Alat selanjutnya yang sering dilupakan adalah sarung tangan. Banyak orang berpikir bahwa sarung tangan tidak penting karena ketika tangan kotor tinggal dicuci saja. Padahal kotoran yang masuk sampai ke kuku akan sangat sulit dibersihkan sehingga bisa menimbulkan risiko kesehatan apalagi ketika Anda menggunakan tangan Anda untuk makan.

Tugas sarung tangan sebagai materi budidaya tanaman hias tidak hanya untuk menjaga tangan tetap bersih, tapi juga menghindari cidera. Ketika Anda sedang mengurus tanaman hias, Anda akan menggunakan sekop atau gunting yang tajam, juga duri yang terdapat pada tanaman hias tertentu. Dengan sarung tangan, risiko tangan Anda sampai terluka akan berkurang drastis.

Pot

Hal lain yang perlu disiapkan adalah pot yang akan menjadi tempat Anda menanam tanaman hias. Terutama jika tanaman tersebut akan ditaruh di bagian dalam rumah. Namun sebelum memilih pot, pastikan Anda tahu ukuran tanaman hias ketika dewasa sehingga Anda bisa memilih pot dengan ukuran yang tepat.

Pastikan juga pot Anda memiliki lubang drainase untuk memudahkan air yang berlebih keluar dengan baik. Dalam penggunaan pot untuk memindahkan tanaman, Anda disarankan untuk mengisi pot terlebih dahulu dengan tanah kira-kira 1/3 dari ukuran pot. Kemudian baru masukkan tanaman terlebih dahulu dan baru kemudian mengisi sisa pot dengan tanah sampai penuh.

pH Meter

Jika Anda ingin meningkatkan level materi budidaya tanaman hias Anda, pH meter adalah alat pelengkap yang bisa sangat membantu. Tanah memiliki level keasaman atau pH yang bisa menjadi indikator kesuburan. Level terbaik untuk menanam adalah pH 7, dengan alat ini, Anda bisa dengan tepat mengukur tingkat kesuburan tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *