Tanaman Hias Batang yang Bisa Mempercantik Rumah Anda

Tanaman hias batang bisa menjadi salah satu pilihan tepat kalau anda mencari elemen dekorasi rumah yang alami. Sesuai namanya, area batang memang menjadi perhatian utama dari sisi estetik tanaman tersebut. Namun, itu tidak berarti bahwa tumbuhannya hanya terdiri dari batang saja. Untuk lebih jelasnya, anda bisa cek beberapa info berikut.

Opsi Tanaman Hias yang Mudah Dirawat

Kalaupun istilah tentang tanaman hias tersebut masih terasa asing, anda bisa langsung saja mengecek beberapa nama-nama berikut. Pastinya, anda tidak akan lagi merasa asing karena sebagian besar sudah sering dijumpai di beragam rumah dan bangunan.

  1. Kaktus

Kaktus memang merupakan salah satu tanaman hias batang. Tumbuhan yang satu ini memang  unik dan area batang memang menjadi perhatian utamanya. Daunnya pun bahkan berbentuk duri sehingga menonjolkan sekali daya tarik dari badan atau batangnya. Ada beragam jenis dan bentuk kaktus yang sudah tidak terlalu asing. Bahkan bila anda mencari di toko tanaman hias, anda bakal melihat banyak kaktus dengan ukuran kecil dengan bentuk dan warna yang unik. Perawatan kaktus pun relatif gampang dan praktis karena bahkan anda tak harus menyiramnya terlalu sering. Justru kalau intensitas air terlalu banyak, tumbuhan kaktus bisa rusak dan bahkan tak bisa bertahan lama.

  1. Bambu air

Bambu juga termasuk sebagai salah satu tanaman hias batang. Namun, ini bukanlah bambu hitam yang umum menjadi bahan untuk konstruksi dan kebutuhan lainnya.  Tanaman yang dimaksud adalah bambu air. Sudah pasti, bambu juga mempunyai daya tarik di bagian batangnya. Bambu air juga bisa menjadi hiasan yang menarik karena ukurannya yang kecil dan tumbuh mengelompok sehingga terlihat keren ketika di tempatkan di sudut ruangan. Di ruas atau sendi batangnya pun akan tumbuh daun berukuran kecil yang membuatnya lebih menarik. Sesuai namanya, tumbuhan ini tumbuh di area yang berair sehingga sangat berlawanan dengan kaktus.

  1. Bambu kuning

Masih dengan bambu, tanaman hias batang selanjutnya adalah bambu kuning. Anda tentu sudah asing lagi dengan tanaman ini karena warna yang begitu khas. Kuning cerah yang sering berpadu dengan gradasi hijau memang sangat memikat. Berbeda dengan bambu air yang berukuran kecil, bambu kuning mempunyai diameter yang lumayan besar. Karenanya, terkadang tanaman tak saja untuk mempercantik ruangan, tapi bisa dimanfaatkan sebagai pembatas area di rumah.

  1. Kamboja

Tanaman hias batang yang cantik dan pastinya tidak asing adalah kamboja. Biasanya, kamboja yang ditujukan untuk keperluan estetika memang tidak dibiarkan tumbuh besar dan lebat. Justru tanaman akan dibuat bonsai sehingga ukurannya kecil, dan bahkan batangnya menjadi terlihat unik dengan beragam bentuk. Selain bentuk yang menawan, keindahan lain akan tampak ketika bunga sudah mulai mekar. Ada banyak warna bunga kamboja, dan itu akan sangat cantik ketika dipajang di  luar ataupun dalam rumah.

  1. Palem bambu

Tanaman hias batang lain yang pastinya sudah sering dilihat adalah palem bambu. Bentuknya memang sederhana dengan batangnya terlihat seperti ruas bambu. Bentuk tumbuhannya relatif sederhana dan bisa tumbuh cukup besar. Daunnya yang hijau dan rimbun memang bisa menyegarkan pandangan dan bahkan udara. Ditambah lagi, daun palem tersebut efektif untuk menetralisir polutan di udara.

  1. Palem merah

Masih dari jenis palem, tanaman hias batang selanjutnya adalah palem merah. Sesuai namanya, bagian batang dari tumbuhan ini berwarna merah sehingga akan sangat orang bakal sangat mudah mengenalinya. Kontras warna merah di batang dan daun yang hijau menjadi sisi estetis tersendiri dari tumbuhan tersebut. Tumbuhnya pun berkelompok sehingga anda bakal lebih gampang melihat perbedaan antara dua warna yang ada.

Selain enam tumbuhan yang menjadi rekomendasi tersebut, masih ada opsi lain yang bisa masih daftar pertimbangan anda. Untuk jenis tanaman hias ini, bagian yang menjadi perhatian dan bisa berperan untuk menghias rumah anda memang ada di bagian batang. Baik dari segi warna atau bentuk, itu menjadi hal yang istimewa dan membuat rumah semakin atraktif.

Daya Tarik dari Tanaman Hias Batang

Sudah pasti, ada beberapa hal yang bisa menjadi daya tarik dari tumbuhan hias tersebut. Kalau anda masih menimbang-nimbang, anda bisa cek beberapa hal berikut.

  1. Bentuk yang unik

Lain dengan tumbuhan hias lain, anda bakal menemukan sisi unik dari tumbuhan, baik itu hadir dari warna dan bentuknya. Tanaman hias batang memang tidak fokus pada bagian bunganya, tapi justru pada karakteristik badan utama dari tumbuhan.

  1. Fungsi yang lengkap

Tanaman hias batang mempunyai fungsi yang lengkap. Sudah pasti, rumah dan dekorasi yang ada bakal tambah indah dan cantik dengan tumbuhan tersebut. Lalu, daun yang ada tetap berperan untuk menyediakan udara yang segar dan bahkan bisa membantu penyaringan polutan berbahaya di udara.

  1. Perawatan yang mudah

Tanaman hias jenis ini memang secara umum tidak perlu perhatian khusus untuk proses perawatan. Kalau di dengan tumbuhan yang fokus pada bunga atau buah, ada banyak hal yang harus menjadi perhatian. Sedangkan anda malah tidak harus terlalu sering menyiram dan memberikan pupuk tambahan pada tumbuhan hias ini.

Tanaman hias batang menjadi salah satu opsi menarik kalau anda ingin memperindah rumah anda dengan dekorasi yang alami. Pilihan tumbuhan yang ada pun beragam. Anda jelas tak perlu meragukan keindahan bentuknya, apalagi kalau yang menjadi pilihan anda adalah bonsai kamboja. Selain membuat rumah menjadi lebih menarik dan nyaman, anda juga tak perlu repot memberikan perhatian khusus untuk merawat tanaman yang ada. Selama kebutuhan air dan matahari tercukupi, tumbuhan bakal berkembang dengan baik dan indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *