5 Proses Budidaya Tanaman Hias Yang Harus Dipahami Pemula

Para pemula yang ingin mendalami hobi tanaman hias, harus mulai dari tahapan yang kecil dulu. Untuk membantu mulai, mair bahas tentang proses budidaya tanaman hias bagi pemula pada artikel ini. Berikut bahasannya!

1. Memilih Tanaman Hias yang Ingin Menjadi Fokus Budidaya

Tahapan pertama pada proses budidaya ini cukup mudah. Pertama adalah memilih tanaman hias yang akan menjadi fokus. Para pemula lebih baik memilih satu jenis tanaman hias dulu untuk memudahkan fokus belajar dan persiapannya.

Tanaman yang baik untuk pemula adalah yang tidak terlalu sulit dipelihara. Contoh saja tanaman Melati, Amarilis dan Lidah Mertua.

2. Mempersiapkan Berbagai Kebutuhan Budidaya Tanaman Hias Tersebut

Proses berikutnya adalah persiapan. Dalam tahapan ini, Anda perlu mempersiapkan peralatan, fasilitas dan juga akses ke tanaman hias pilihan. Persiapan ini akan lebih mudah jika di domisili Anda ada pedagang tanaman besar.

Bagi yang tidak punya akses ke pelaku budidaya tanaman hias besar di daerah Anda, silahkan beli perlengkapan secara online. Pastikan Anda siap lahan juga untuk melakukan budidaya. Tanpa persiapan matang, Anda akan kesulitan melakukan budidaya dengan lancar.

3. Belajar Teknik Menanam dan Perawatannya

Proses berikutnya adalah belajar teknik menanam dan pemeliharaan. Pada proses budidaya tanaman hias, tahapan ini adalah yang paling krusial karena memerlukan pemahaman dan pelatihan tersendiri.

Belajar bercocok tanam tentu tidak mudah. Banyak orang gagal merawat tanaman walaupun sudah ikuti tutorial di internet. Anda harus siap melakukan uji coba dan berlatih berkali-kali sebagai persiapan budidaya tanaman nantinya.

4. Melakukan Proses Perawatan Skala Kecil

Setelah mempersiapkan segala kebutuhan budidaya, sekarang waktunya mulai proses perawatan. Tanam bibit dan lakukan sesuai apa yang sudah dipelajari. Gunakan alat yang tepat untuk menanam dan sesuaikan dengan jenis tanaman hias.

Pemeliharaan tidak harus langsung banyak tanaman. Anda bisa coba dengan beberapa tanaman hias dulu. Nanti setelah mampu merawatnya dengan baik dan sukses, barulah mencoba ke lebih banyak jumlah tanaman.

5. Mengembangkan Skala Perawatan dan Budidaya

Bila sukses melakukan perawatan skala kecil hingga tumbuhan yang dirawat besar, para pemula dapat melakukan proses berikutnya. Tahapan ini adalah penambahan skala perawatan.

Coba produksi benih atau bibit dari tanaman yang sudah besar. Menggunakan benih atau bibit tersebut, kembangkan lagi mereka dan merawat seperti saat mulai skala kecil. Namun, dengan pengalaman yang sudah dimiliki, para pemula pasti lebih lancar melakukannya.

Penghalang pengembangan skala ini terletak pada modal. Persiapan beli media tanam, pupuk, bayar air lebih banyak dan juga tempat menanam harus dipikirkan. Jika tidak mampu, ada baiknya batasi pengembangan skala sekuatnya saja.

Sekarang apakah Anda sudah paham proses budidaya tanaman hias? Bagi para pemula yang ingin mulai budidaya, lebih baik pelajari tiap tahapan ini dengan baik. Cari info tutorial di internet yang lebih detail jika perlu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *