Tanaman Hias Lidah Mertua dan Beragam Manfaatnya

Tanaman hias lidah mertua atau Sansevieria merupakan salah tumbuhan yang sangat populer. Lidah mertua sering kali menjadi bagian dari dekorasi rumah dan bangunan karena keindahan yang ada dari tumbuhan tersebut. Sansevieria pun sangat mudah dikenali dari bentuk daun yang tegak, panjang, dan meruncing dengan tekstur yang keras. Tekstur keras dengan bentuk yang runcing dan tajam tersebut yang membuat orang mengidentikkannya dengan lidah mertua yang seringkali dikenal dengan konatasi negatif. Terlepas dari hal itu, tanaman ini cantik dan ternyata mempunyai banyak manfaat.

Hal Menarik terkait Manfaat Tanaman Hias Lidah Mertua

Sebagian orang mungkin hanya tertarik dengan lidah mertua karena bentuknya yang bagus. Ternyata, ada banyak hal positif yang bisa didapatkan dari tanaman ini. Beberapa di antaranya bahkan bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan anda.

  1. Pembersih udara yang efektif

Tanaman hias lidah mertua dan beragam tumbuhan lainnya tentu melakukan proses alami untuk menyerap karbondioksida dan kemudian melepaskan oksigen. Dalam proses tersebut, ternyata lidah mertua tidak saja menyerap karbondioksida, tapi juga gas berbahaya lainnya dan polutan yang ada di udara seperti formaldehida dan benzene. Dengan begitu, udara akan menjadi lebih bersih. Manfaat ini tentu sangat penting, apalagi untuk tempat tinggal di perkotaan yang mempunyai kadar polusi yang lumayan tinggi. Lidah mertua pun bisa menjadi air purifier yang alami.

  1. Penyedia oksigen

Tumbuhan memang melepaskan oksigen dari proses fotosintesis. Namun, tanaman hias lidah mertua cukup berbeda dan istimewa karena pasokan gas yang penting untuk pernafasan tersebut lebih tinggi dari jenis  tumbuhan lain. Hal tersebut bukan sekedar klaim belaka karena ternyata sudah ada penelitian dari Universitas Harvard terkait tingkat pelepasan oksigen yang tinggi dari sansevieria ini. Dengan begitu, mempunyai tanaman ini di rumah dan di dalam kamar akan sangat berguna dan bahkan bisa membuat orang lebih sehat. Bahkan, kelembapan udara menjadi lebih baik dan risiko alergi karena zat yang ada di udara bisa jauh lebih kecil.

  1. Tanaman pencegah kanker

Kanker menjadi salah satu masalah kesehatan yang sangat berbahaya. Karena itu, pencegahan pun menjadi sangat penting agar orang tidak harus menderita karena sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh. Siapa sangka kalau ternyata tanaman hias lidah mertua bisa menjadi salah satu yang bisa mencegahnya? Seperti yang sudah disebutkan, zat dan racun berbahaya di udara bisa diserap oleh tumbuhan sansevieria. Sebagian di antaranya ternyata merupakan zat yang bisa memicu tumbuh dan berkembangnya sel kanker. Tidak heran bila lidah mertua disebut sebagai tumbuhan yang bisa mencegah kanker.

  1. Menyegarkan udara di malam hari

Proses fotosintesis yang menyerap karbondioksida memang terjadi di siang hari ketika tersedia sinar matahari. Namun ternyata, tanaman hias lidah mertua cukup unik karena masih tetap menyerap karbon dioksida di malam hari. Ini bukan karena proses fotosintesis yang masih berjalan, tapi karena adanya Crassulacean Acid Metabolism. Ini merupakan kemampuan unik beberapa tumbuhan tertentu yang tetap bisa menjalankan proses yang mirip fotosintesis tanpa bantuan cahaya matahari.  Karena metabolisme khusus tersebut, karbondioksida masih akan tetap diserap oleh lidah mertua di malam hari sehingga udara lebih bersih dan segar.

  1. Meringankan beberapa masalah kesehatan

Tak hanya hal terkait udara saja, ternyata tanaman hias lidah mertua bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan. Wasir adalah salah satunya. Lalu, membakar daun sansevieria pun bisa menjadi salah satu obat yang bisa meringankan sakit kepala. Bahkan, merebus lidah mertua dan kemudian meminum airnya bakal menurunkan kadar gula dalam darah. Dengan kata lain, air rebusan tersebut bisa mengurangi risiko diabetes.

Beberapa Jenis Tanaman Hias Lidah Mertua

Tak hanya banyak dari segi manfaat, ternyata lidah mertua juga mempunyai beberapa variasi. Agar anda lebih tahu tentang tumbuhan indah dengan beragam khasiat tersebut, beberapa info berikut bisa anda baca.

  1. Sansevieria Golden hahnii

Dari namanya saja, anda sudah bisa menebak warna yang bakal ada di tanaman hias lidah mertua jenis ini. Golden hahnii memang bisa dikenali dari warna kuning keemasan yang ada di bagian tepi daunnya. Bentuknya pun agak membulat dengan ujung yang runcing.

  1. Sansevieria silver hahnii

Kalau sebelumnya adalah golden hahnii, jenis kedua yang juga banyak dijumpai adalah silver hahnii. Walau namanya agak mirip, bentuk daun di jenis kedua ini lebih memanjang dengan warna utama hijua tua. Perak menjadi corak tambahan yang mempercantik tanaman hias lidah mertua ini.

  1. Sansevieria bird nest

Ketiga, ada tumbuhan lidah buaya dengan jenis bird nest atau sarang burung. Orang Indonesia lebih sering mengenalnya sebagai kodokan dan sudah lumayan populer. Gradasi hijau tua menjadi warna yang dominan dengan corak tambahan bernuansa putih sehingga terlihat lebih kontras dan cantik.

  1. Sansevieria pagoda

Tanaman hias lidah mertua ini hadir dengan bentuk mini yang juga sudah sangat populer. Daun hijau tua dengan garis putih kekuningan cerah di tepinya menjadi hal yang membuat orang mudah mengenalinya.

  1. Sansevieria trifasciata

Kalau lidah mertua pagoda mempunyai bentuk yang kecil atau mini dan daun yang membulat, sansevieria trifasciata adalah bentuk jumbonya dengan daun yang memanjang dan lebih besar. Namun, corak warna kuning cerahnya lebih kelihatan dan tidak sekedar di bagian tepian daun saja. Ini juga menjadi jenis lidah mertua yang paling populer.

Ada banyak pilihan tanaman hias lidah mertua lain yang bisa anda temukan. Masing-masing terlihat cantik dan unik dengan bentuk dan pola warnanya. Namun, satu hal yang pasti sama adalah manfaatnya yang ternyata sangat luar biasa, dan tidak sebatas untuk mempercantik rumah dan ruangan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *