Tanaman Hias yang Mudah Dirawat di Rumah dan Apartemen

Tanaman hias yang mudah dirawat tentu menjadi hal yang banyak dicari. Untuk membuat rumah terlihat lebih indah dan asri, beragam tumbuhan hias memang bisa menjadi opsi. Namun, beberapa di antaranya membutuhkan perawatan ekstra yang bahkan bisa menyita cukup banyak waktu. Kalau tidak mendapatkan perhatian pun, tumbuhan bisa rusak atau bahkan mati. Karenanya, tak heran bila anda pun mencari tumbuhan hias yang praktis dan tidak perlu banyak perhatian.   

Beberapa Pilihan Tanaman Hias yang Mudah Dirawat

Ternyata, ada cukup banyak opsi untuk tumbuhan hias yang perawatannya tidak ribet. Anda tidak perlu bingung dan bisa langsung cek saja beberapa info berikut. Nantinya, anda tinggal memilih saja tanaman yang memang pas atau cocok dengan selera anda atau konsep dekorasi yang ada di rumah.

  1. Cuban cigar

Tanaman hias yang mudah dirawat pertama adalah  Cuban cigar. Nama ilmiahnya adalah Calathea lutea. Hal yang akan langsung menarik perhatian adalah daunnya. Bentuknya lebar dan teksturnya mirip dengan daun dari pohon pisang. Ukuran, bentuk, hingga warnanya serasa membawa nuansa tropis di rumah anda. Cuban cigar menjadi tumbuhan yang bisa tumbuh dengan gampang, baik di pekarangan rumah ataupun juga di dalam ruangan. Karakteristiknya tidak perlu terlalu banyak sinar matahari, dan bahkan menyiramnya pun tak harus setiap hari sehingga anda memang tidak akan mengalami kendala untuk perawatannya.

  1. Peace lily

Tanaman hias yang mudah dirawat dengan bentuk yang cantik adalah peace lily. Bunga dengan warna putih bersih memang menjadi ikon dari peace lily. Tumbuhan tersebut benar-benar bisa tumbuh dengan gampang dan perawatannya juga sangat praktis.  Anda cukup memastikan saja kalau tanah di potnya tidak kering. Lalu, anda tidak perlu mencari lokasi dengan sinar matahari yang bagus karena tumbuhan peace lily tidak memerlukan intensitas yang tinggi. Tak hanya menarik karena bunga dan bentuk daunnya yang cantik, peace lily pun ternyata terbukti mampu menyaring udara sehingga ruangan bakal tambah sehat tanpa risiko polusi yang berlebihan.

  1. Sirih gading marble queen

Opsi lain untuk tanaman hias yang mudah dirawat adalah jenis sirih gading. Namun, ada yang unik pada pola dan warna daunnya. Sesuai nama unik marble queen, pola warna yang ada di penampang daunnya menyerupai batu marmer. Pola acak dengan kombinasi antara putih kekuningan dan hijau terlihat sangat eksotis. Apalagi kalau anda merasa  cukup bosan dengan tanaman hijau, marble queen adalah opsi yang pas. Walau warnanya cantik, ternyata perawatannya tidak akan sulit. Walau ruangan anda mempunyai intensitas cahaya matahari yang minim, tanaman akan tetap bisa tumbuh dengan baik. Lalu, tanaman bisa tumbuh dengan pot tanah ataupun pot air.

  1. Spider plant

Rekomendasi lain untuk tanaman hias yang mudah dirawat adalah spider plant. Walau namanya demikian, anda tidak perlu takut kalau bentuknya aneh. Sebutan tersebut ada karena bentuk daun yang melengkung ke bawah dan bilah daunnya cukup panjang dan ramping seperti kaki laba-laba. Padahal kalau anda melihat tanamannya, ini justru sangat cantik. Daunnya pun tidak sekedar hijau, tapi ada garis putih di pinggirannya. Tanpa perawatan ekstra, spider plant bisa tumbuh dengan gampang. Fungsinya pun tak hanya mempercantik rumah, tapi juga membantu menyaring polusi udara.

  1. Lidah mertua

Sansevieria atau lidah mertua menjadi opsi tanaman hias yang mudah dirawat lain yang bakal sangat bagus di rumah. Daun dengan bentuk menyerupai lidah yang panjang menjadi karakteristik dari tanaman ini. Tekstur keras dan padat membuat daun bisa menjulang tinggi dan terlihat sangat bagus di beragam lokasi dan sudut ruangan. Tak hanya bentuk, warna daun pun menarik karena ada perpaduan loreng antara hijau dan kuning. Di bagian tepinya juga ada garis kuning yang cantik. Lidah mertua tidak perlu perawatan ekstra dan bahkan anda tak harus sering menyiramnya. Lalu, sansevieria pun sangat efektif untuk menyerap beberapa polutan atau zat berbahaya di udara sehingga ruangan akan tambah sehat.

Memilih Tanaman Hias yang Mudah Dirawat yang Cocok untuk Anda

Setelah mengetahui ragam tanaman hias yang mudah dirawat, anda tentu semakin tertarik untuk mempunyainya di rumah. Namun kalau anda bingung untuk memilih tumbuhan yang tepat, anda bisa cek beberapa tips berikut.

  1. Perhatikan jenis tanamannya

Berbagai tanaman hias yang mudah dirawat hadir dengan jenis yang berbeda-beda. Ada tanaman hias akar, bunga, gantung, batang, dan lain sebagainya. Masing-masing mempunyai karakteristik dan daya tarik tersendiri. Anda bisa cari saja tumbuhan yang dirasa paling cocok dengan selera anda.

  1. Memilih tanaman hias sesuai lokasi penempatan

Lokasi penempatan juga bisa berpengaruh pada pilihan tanaman yang akan anda rawat. Ada tanaman hias yang mudah dirawat yang cocok untuk ditempatkan di outdoor dan sekaligus indoor. Namun, ada juga tumbuhan yang perlu tempat tumbuh yang cukup luas atau perlu intensitas cahaya yang banyak. Kalau pun anda ingin mencari tumbuhan yang dengan perawatan yang praktis untuk di rumah atau di kamar tanpa perlu tempat yang luas, variasi kaktus dan succulent bisa menjadi pilihan yang cocok.

  1. Mempertimbangkan frekuensi penyiraman

Tiap tumbuhan selalu perlu air. Namun, tingkat kebutuhannya berbeda-beda. Kaktus dan succulent justru tidak perlu terlalu banyak air. Peace lily juga bisa tumbuh dengan baik asalkan tanahnya tidak kering. Kalau anda cukup sibuk dan tidak punya banyak waktu, anda bisa mencari tanaman hias yang mudah dirawat yang memang tidak perlu penyiramamn air yang terlalu sering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *