5 Tips Menyusun Makalah Budidaya Tanaman Hias

Tugas makalah budidaya tanaman hias terkadang terlihat sulit untuk melakukannya. Namun, jika tahu tips-tips membuatnya lebih baik, kesulitan ini akan terasa ringan. Mari bahas tips membuat makalah dengan topik budidaya tanaman indah ini pada artikel berikut!

1. Tentukan Topik dengan Skala Kecil Untuk Permudah Pembuatan Makalah

Makalah tidak sama dengan skripsi atau tesis. Anda tidak perlu membahas topik berat dengan skala besar untuk tugas ini. Cukup fokus pada topik yang berukuran kecil. Misal saja membandingkan tanaman hias untuk pemeliharaan dalam ruangan dan luar ruangan.

Topik sederhana ini sudah cukup untuk digunakan sebagai makalah. Anda lebih mudah melakukannya jika skala kecil bukan? Jika tidak merepotkan dan menjadi beban, hasil makalah umumnya jauh lebih baik hasilnya.

2. Lebih Mudah Menggunakan Metode Observasi

Saat membuat makalah budidaya tanaman, lebih baik menggunakan metode observasi. Daripada menggunakan metode penelitian teknis, observasi tidak membutuhkan keterlibatan secara aktif.

Coba saja pengamatan tanaman hias dengan parameter tertentu dan melakukan observasi dengan durasi yang telah ditentukan. Menunggu dan mengamati jauh lebih mudah daripada aktif melakukan penelitian langsung pada tanaman.

3. Cari Referensi yang Berhubungan dengan Topik Lewat Internet

Untuk memudahkan mengumpulkan referensi, coba cari banyak lewat internet. Banyak sumber makalah budidaya tanaman hias berbasis artikel research, video presentasi akademik, jurnal dan juga ebook dari internet.

Pastikan kumpulkan banyak referensi dan menambahkannya pada makalah Anda. Semakin banyak sumber yang memperkuat hasil temuan makalah, makin tinggi nilai makalah itu di mata penilainya.

Selain itu, pastikan referensi di internet dicatat secara detail. Anda tidak perlu memakai semua materi dari referensi, cukup yang berhubungan dengan bahasan makalah Anda saja. Namun, tetap harus ditulis detail agar penilai makalah lebih mudah cek ulang sumber yang Anda gunakan.

4. Selalu Konsultasi dengan Narasumber yang Ahli Budidaya Tanaman Hias

Walaupun sudah menggunakan referensi yang baik dan melakukan uji coba sendiri, pastikan tetap konsultasi pada pihak yang ahli. Coba hubungi para veteran budidaya tanaman yang ada di sekitar Anda. Ceritakan soal tujuan dan metode dari makalah yang Anda buat dan minta pencerahan tentangnya.

Narasumber pasti dengan senang hati membantu menjelaskan seputar topik cocok tanam ini. Selama topik tanaman hias yang dibahas pernah mereka tangani, Anda akan mendapatkan informasi yang bantu membuat makalah lebih solid.

5. Fokus Menggunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti

Saat membuat makalah dengan bahasan budidaya tanaman hias, hindari penggunaan bahasa teknis berlebihan. Gunakan perspektif pembaca awam untuk makalah Anda. Jadi, menggunakan jargon dan istilah ilmiah harus ditekan secara minimal.

Para penilai makalah akan menilai seberapa mudah informasi kita dapatkan dari makalah yang Anda buat. Jika menggunakan bahasa yang sulit kita pahami dan terlalu banyak menggunakan jargon, penilaian bisa negatif nantinya.

Sekian bahasan tips membuat makalah budidaya tanaman hias yang akan membantu tugas Anda. Semoga tips di atas mudah Anda gunakan dan membantu Anda mendapatkan nilai yang baik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *