Tanaman Hias Bunga untuk Anda yang Senang Keindahan

Tanaman hias bunga menjadi kategori tumbuhan yang cukup banyak dicari ketika orang ingin mempercantik rumahnya. Selain membuat dekorasi hingga tampilan rumah atau bangunan semakin indah, beberapa bunga mempunyai aroma yang menyenangkan sehingga suasana bakal menjadi lebih bagus. Pastinya, ada begitu banyak bunga yang bisa menjadi tumbuhan hias di rumah anda. Anda bisa langsung cek saja beberapa rekomendasi berikut.

Beberapa Tanaman Hias Bunga yang Populer

Sebagian orang memang menyukai bunga. Walau identik dengan wanita, tak sedikit juga laki-laki yang menyukai bunga. Pastinya, rumah dan dekorasi bakal lebih indah ketika ada tumbuhan dengan bunga yang mekar. Lalu, apa saja opsi yang sangat populer sekarang?

  1. Melati

Salah satu tanaman hias bunga yang paling populer favorit adalah melati. Bentuk bunganya memang kecil tapi sangat atraktif. Belum lagi, wanginya sangat istimewa. Walau aromanya cukup kuat, orang tidak pernah bosan menghirup wangi dari bunga melati. Namun kalau anda ingin mempunyai tumbuhan ini, anda harus menanamnya di ruang terbuka karena perkembangannya sangat memerlukan intensitas sinar matahari yang sangat tinggi. Selain karena indah dan wangi, ternyata bunga melati juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, dan salah satunya adalah untuk meringankan demam dan diare.

  1. Lavender

Tanaman hias bunga lanvender juga sangat populer. Kalau melati identik dengan warna putih, lavender pastinya mempunyai warna ungu yang khas. Bahkan, orang pun menyebut lavender sebagai salah satu jenis warna. Aromanya juga spesial. Bentuk bunganya kecil-kecil dengan satu rumpun tangkai. Daunnya pun memanjang sehingga perpaduannya terlihat sangat mempesona. Untuk urusan wanginya, lavender mempunyai efek yang menenangkan sehingga banyak yang menjadikan aromanya untuk terapi dan relaksasi. Walau indah dan bahkan wangi, namun perawatan untuk lavender tidak mudah. Bahkan kalau anda merasa kurang yakin dan tidak terlalu punya banyak waktu untuk merawat tanaman, sebaiknya anda mengurungkan niat untuk menanam dan merawat lavender.

  1. Bunga anthurium

Kalau dua tanaman hias bunga sebelumnya mempunyai aroma yang khas, opsi ketiga tidak lagi menawarkan wangi tertentu.  Anthurium memang bukan jenis bunga dengan aroma yang kuat atau menarik, namun bukan berarti bahwa tumbuhannya jelek. Justru bunganya sangat khas dan menawan. Warna merah di bagian kelopak bunganya berbentuk hati yang pastinya terasa sangat spesial. Lalu, ada semacam putik yang memanjang dengan warna kuning cerah. Kombinasi keduanya membuat orang bisa mengenali anthurium dengan cukup mudah. Uniknya, anda tidak harus repot untuk merawatnya. Berbeda dengan lavender, anthurium justru hanya perlu perawatan yang sederhana. Anda bisa juga menumbuhkannya di dalam wadah transparan yang diisi air karena anthurium tidak selau harus tumbuh di tanah.

  1. Bunga pentas

Tanaman hias bunga pentas bisa pula anda jadikan pilihan. Tumbuhan dengan bunga yang rimbun ini memang tidak akan mengecewakan. Bentuk bunganya memang kecil-kecil, tapi akan tumbuh dan mekar dalam satu kelompok sehingga membentuk rumpun yang cantik. Ditambah lagi, warnanya cukup variatif, mulai dari merah hingga putih bersih. Untuk opsi penanamannya, bunga pentas cukup fleksibel. Anda bisa menanamnya di area outdoor dengan lokasi yang cukup luas sehingga tanaman bakal lebih besar dan rimbun. Pot juga bisa menjadi opsi misalkan anda ingin menjadikannya tanaman hias indoor. Namun, cahaya matahari harus diperhatikan karena tumbuhannya perlu intensitas yang cukup banyak. Selebihnya, tanaman bunga pentas tidak perlu perawatan yang terlalu rumit dan merepotkan.

  1. Geranium

Tanaman hias bunga lain yang juga tumbuh dengan berkelompok adalah geranium. Banyak orang yang mengenalnya karena khasiatnya untuk mengusir nyamuk. Padahal, bentuknya pun tak kalah menawan dengan warna ungu dan putih di bagian tengahnya. Geranium mirip dengan bunga pentas yang mekar dalam suatu rumpun atau kelompok tangkai tertentu. Karenanya, bunga terlihat ramai dan indah. Warnanya pun tidak hanya ungu, dan masih banyak opsi lainnya. Selain untuk ditumbuhkan di pekarangan rumah, anda bisa juga menempatkannya di pot gantung. Kalau urusan perawatan, itu tak akan menjadi masalah karena geranium bisa tumbuh dengan baik tanpa perhatian yang berlebihan.

Cara Memilih Tanaman hias bunga yang Tepat

Tentu saja masih banyak tanaman hias bunga lain yang tak kalah cantik. Mawar, peace lily, kamboja serta variasi adenium, hingga kembang sepatu bisa menjadi alternatif. Namun tentu saja, anda harus memilih tumbuhan yang tepat. Kalau masih bingung, anda bisa gunakan beberapa pertimbangan berikut.

  1. Kesulitan dalam perawatan

Salah satu hal yang sangat penting adalah mengetahui tingkat kesulitan untuk merawat tanaman hias bunga. Beberapa tanaman bisa tumbuh dengan baik cukup dengan disiram secara berkala. Namun, ada tumbuhan lain yang justru akan perlu perhatian khusus hingga kelembapan dan kondisi tanah pun harus diatur.  Anda bisa cari jenis bunga yang cocok dengan kondisi kesibukan anda.

  1. Lokasi tanamnya

Ada tanaman hias bunga yang lebih cocok untuk tumbuh di pekarangan atau area outdoor. Namun, ada juga yang bisa saja berkembang dengan baik di dalam rumah. Misalkan anda mempunyai pekarangan luas, ada baiknya bila anda  memilih dua kategori sekaligus sehingga lebih banyak bunga baik di luar ataupu di dalam rumah.

  1. Pertimbangan lainnya

Hal lain yang juga tak kalah penting adalah harga dan tingkat kesulitan untuk mendapatkannya. Bunga seperti mawar dan melati bakal mudah dijumpai. Namun, bibit untuk lavender atau tulip tentu akan lebih mahal dan tidak mudah juga ditemukan serta dirawat. Ditambah lagi, beberapa tanaman hias bunga mempunyai masa mekar dan durasi yang berbeda-beda. Misalkan saja, ada wijaya kusuma yang istimewa karena hanya mekar di malam hari dan hanya bertahan beberapa jam saja. Walau begitu, bentuknya indah dan wanginya sangat spesial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *