Tanaman Hias Daun dan Alat yang Diperlukan untuk Merawatnya

Tanaman hias daun merupakan variasi tumbuhan yang umum dijumpai di rumah dan beragam bagunan. Hal menarik atau sisi estetik dari tumbuhan hias tersebut ada di bagian daunnya, baik itu berupa bentuk, warna, atau pola yang ada. Sudah pasti, ada cukup banyak pilihan tumbuhan yang bagus dan cantik untuk membuat dekorasi rumah tambah atraktif. Anda juga bisa cek apa saja peralatan penting bakal diperlukan untu merawat tanaman hiasnya.

Jenis Tanaman Hias Daun yang Populer

Ada banyak opsi tumbuhan hias dengan daun yang atraktif. Bentuk daun, warna yang ada, hingga pola-pola yang muncul menjadi hal yang pastinya sangat menarik perhatian orang-orang. Kalau anda penasaran dengan apa saja tumbuhan yang bisa memperindah rumah anda, berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Lidah mertua

Tanaman hias daun yang paling populer dan bahkan sangat banyak disukai adalah lidah mertua. Bahasa ilmiahnya adalah sansevieria. Karakteristik tumbuhan sangat mudah dikenali dengan bentuk daun yang tegak memanjang ke atas dan runcing di bagian ujungnya. Tekstur daun pun cukup keras dan tidak terlalu tebal. Untuk warnanya, hijau cukup dominan dan ada beberapa variasi dengan tambahan warna putih kekuningan. Jenis dari lidah mertua cukup banyak. Secara umum, ada  ukuran yang besar dan mini. Untuk lidah mertua mini, daunnya cenderung lebih membulat dan pendek. Di bagian warna, tanaman yang paling populer adalah sansevieria yang mempunyai corak putih kekuningan. Kalau untuk perihak perawatan, anda tak perlu khawatir karena lidah mertua tidak perlu perhatian ekstra dan bahkan anda tidak harus terlalu sering menyiramnya.

  1. Monstera

Tanaman hias daun lain yang tak kalah populer adalah monstera. Sama halnya dengan lidah mertua, ada hal yang membuat orang bisa mengenalinya dengan cukup mudah, yaitu pola lubang yang ada di bagian-bagian daun. Di penampang monstera, ada lubang-lubang atau bolongan yang terbentuk secara alami sehingga bukan karena ulat atau kualitas tanaman yang buruk. Justru adanya pola lubang tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Perawatan untuk monstera juga tidak sulit. Anda justru harus menempatkannya di tempat yang tidak terlalu lama terkena sinar matahari. Intensitas cahaya matahari yang tinggi malah bisa membuat daunnya cepat rusak.

  1. Lili paris

Tanaman hias daun yang tak kalah cantik adalah lili paris. Walau namanya demikian, sebenarnya asal dari tumbuhan tersebut adalah Afrika Selatan. Beberapa orang menyebutnya juga sebagai tanaman bulu ayam karena bentuk daunnya yang panjang dan melengkung seperti ekor ayam. Tanaman akan sangat mudah dikenali karena daun yang rimbun dan bentuknya pipih serta memanjang. Lalu, warnanya juga membuat orang mengenalinya dengan mudah. Warna terang dengan gradasi putih di tengah berpadu dengan sisi tepi yang berwarna hijau agak gelap. Hal itu membuat tanamannya terlihat cantik dan juga menyegarkan.

  1. Philodendron

Seperti yang sudah disebutkan, warna dan bentuk dari tanaman hias daun memang menjadi daya tarik. Kalau beberapa tumbuhan hias mempunyai warna hijau sebagai hal yang sangat dominan, anda ternyata juga bisa mencari tanaman dengan warna yang unik. Philodendron adalah salah satunya. Warna hijau masih tetap tampak dengan gradasi gelap. Namun, ada sisi unik dari warna merah muda yang tersebar dan berkombinasi secara acak dengan warna hijau yang ada. Bentuk daunnya juga menarik karena menyerupai hati. Kalau anda bosan dengan hijau yang terlalu banyak, philodendron bisa menjadi opsi yang tepat. Untuk perawatannya, tanaman akan tumbuh dengan baik selama tidak mendapatkan sinar matahari yang terlalu lama.

  1. Aglonema

Opsi tanaman hias daun lain yang juga unik serta cantik adalah aglonema. Selain philodendron, aglonema juga menawarkan warna yang unik. Bahkan, pola warnanya sangat acak dan tidak hanya terdiri dari dua gradasi saja. Secara umum, ada merah, hijau, hingga putih kekuningan yang bakal anda temukan di satu daun saja. Aglonema sebenarnya termasuk golongan umbi-umbian, tapi daunnya memang cantik tumbuhannya tidak perlu perawatan yang sulit. Selama anda menempatkannya di tempat yang teduh dan tanahnya juga tidak sampai sangat basah, aglonema akan tumbuh dengan baik.

Alat yang Diperlukan untuk Merawat Tanaman

Anda tentu tidak sekedar mempunyai tanaman dan membiarkannya tumbuh begitu saja.Perawatan tetap sangat penting untuk memastikan tiap tumbuhan bisa berkembang dengan baik dan bahkan tidak layu hingga kemudian mati. Menyirami tanaman adalah salah satu hal dasar yang sangat umum. Untuk peralatannya, berikut adalah hal yang perlu kamu tahu.

  1. Alat semprot tanaman

Tanaman hias daun perlu disemprot secara berkala agar daun tidak kering. Penyemprotan juga meliputi area tanah. Dengan cara ini, banyak area yang bisa mendapatkan air, dan anda sekaligus bisa mencegah agar air tidak menggenang di pot. Sebisa mungkin memang tanahnya cukup basah saja, tanpa harus menggenang.

  1. Pot dan rak

Pot pastinya akan sangat penting untuk menanam tanaman hias daun. Lalu, ada opsi tambahan untuk penempatannya. Anda bisa menggunakan tatakan atau rak. Lalu, menggantungnya juga menjadi salah satu ide. Anda tinggal menyesuaikan saja dengan keperluan dan selera anda.

  1. Gunting dahan dan daun

Ada kalanya daun dari tanaman hias daun  anda sudah menjadi layu atau rusak. Karenanya, anda harus memotongnya. Menggunakan pisau bisa saja menjadi opsi, tapi akan lebih bagus kalau anda mempunyai alat potong khusus yang nantinya bisa membuat pekerjaan anda lebih gampang.

  1. Pupuk

Tanaman tidak hanya butuh air. Pupuk pun akan menjadi hal yang penting untuk membantu pertumbuhan tanaman hias daun. Karenanya, anda perlu mempunyai stok pupuk yang memadai agar anda bisa mencukupi kebutuhan unsur hara untuk tanaman anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *