Tanaman Hias untuk Terrarium yang Bisa Mempercantik Ruangan

By | Mei 16, 2024

Ada banyak cara untuk menanam tumbuhan. Kalau anda senang dengan tanaman hias tapi ingin sesuatu yang unik, terrarium dalah pilihan yang tepat. Ini merupakan suatu cara atau metode menanam tumbuhan yang cukup berbeda. Anda bisa mengeksplorasi kreativitas untuk merancang terrarium agar sesuai dengan selera. Tentu saja, ada cukup banyak opsi tanaman hias untuk terrarium yang bisa anda pilih, dan infonya bisa anda temukan juga di beberapa pembahasan berikut.

Opsi Tanaman Hias untuk Terrarium

Banyak yang mengatakan kalau terrarium merupakan seni menamam tumbuhan layaknya di akuarium. Lebih tepatnya, anda akan memelihara tumbuhan di tempat berbahan kaca bening sehingga anda bakal bisa menikmati keindahan tanaman yang ada. Untuk jenis tumbuhannya, ada banyak pilihan yang bisa anda coba, dan berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Pilea microphylla

Salah satu tanaman hias untuk terrarium yang populer Pilea microphylla. Sebutan lainnya adalah artillery ferns. Walau tumbuhannya terlihat seperti kategori pakis, sebenarnya ini bukan merupakan bagian dari pakis. Lalu, nama artillery muncul karena karakteristik unik dari pilea microphylla. Tanaman akan secara alami melepaskan biji dengan proses seolah sedang menembakkan peluru. Jaraknya pun cukup jauh dan ini menjadi suatu keunikan yang menambah daya tariknya. Bentuk daunnya pun unik sehingga orang senang untuk menjadikannya tumbuhan di terrarium.

  1. Pilea cadierei

Tanaman hias untuk terrarium lainnya adalah pilea cadierei. Tumbuhan ini masih satu kerabat dengan artillery fern walau karakteristiknya berbeda jauh. Tidak ada biji yang akan meluncur tapi ada warna yang cantik dari daunnya. Semburat putih berpadu dengan warna-warna cantik lain yang membuat tumbuhan tambah unik. Perkembangbiakan dan pertumbuhannya pun cukup mudah dan bahkan sangat cepat. Karenanya, anda perlu sering memangkas daunnya ketika sudah ada di terrarium. Kalaupun anda suka dengan tumbuhan ini, mengembangbiakkannya bakal mudah karena anda tinggal memotong sebagian akarnya untuk anda tanam di tanah atau media yang subur.

  1. Sirih gading

Dua tanaman hias untuk terrarium sebelumnya mungkin terasa asing. Di rekomendasi ketiga, anda bisa menemukan tumbuhan yang sudah cukup populer. Sirih gading cukup sering anda jumpai di banyak rumah, dan bahkan ada juga yang tumbuh secara liar. Pertumbuhan sirih gading memang gampang. Tumbuhannya pun terkenal tangguh dan bisa beradaptasi dengan beragam cuaca dan temperature. Karenanya, menanam sirih gading di terrarium bukan menjadi persoalan. Namun karena pertumbuhan yang cukup cepat, anda perlu sering memangkas tanamannya agar tidak membuat terrarium terlalu penuh.

  1. Peperomia

Tanaman hias untuk terrarium yang bisa menjadi opsi lain adalah peperomia. Tumbuhan dengan daun yang unik karena gradasi warnanya ini memang sangat pas untuk tumbuh di dalam kaca. Keindahan dan keunikan daunnya bisa anda nikmati dengan leluasa. Kalaupun anda ingin menanam peperomia, ada baiknya bila anda memilih jenis caperata. Peperomia caperata bisa tumbuh dengan baik dan nantinya akan memunculkan bunga dengan warna yang cantik. Dengan begitu, terrarium anda pun tentu akan lebih atraktif.

  1. Baby tears

Tanaman hias untuk terrarium yang mempunyai banyak penggemar adalah baby tears. Daun yang berbentuk bulat dengan ukuran kecil dan rimbun membuatnya terasa menyenangkan ketika dilihat. Perawatannya pun cukup mudah. Selain karena estetis, baby tears juga menjadi idola di terrarium karena tingkat pertumbuhannya yang cukup lambat. Dengan begitu, anda tidak perlu harus sering memangkas daun.

Tips untuk Merawat Terrarium Anda

Terrarium memang berbeda dengan menanam di pot atau pekarangan. Perawatan menjadi lebih penting agar tanaman tetap tampak indah dan ukurannya pun tidak terlalu besar. Lalu, apa saja hal penting yang harus dilakukan untuk merawat tanaman di wadah kaca?

  1. Kebersihan kaca

Berbeda dengan pot, anda perlu memperhatikan kebersihan wadah yang anda gunakan. Kalau kaca sudah kotor dan menjadi buram, tentu keindahan tanaman hias untuk terrarium akan menjadi berkurang. Karenanya, anda perlu membersihkan bagian dalam dan luar dari kacanya agar nantinya tumbuhan yang ada di dalamnya tetap bisa anda kagumi.

  1. Penyiraman

Tanaman hias untuk terrarium sangat perlu perhatian terkait penyiraman air. Karena wadahnya kaca dan kemungkinan tidak ada saluran pembuangan air di bagian bawah, air harus cukup sesuai kebutuhan tiap jenis tanaman. Kalau terlalu banyak hingga menggenang, tentu beberapa tumbuhan malah bisa mati. Anda perlu tahu tingkat kebutuhan air di masing-masing tanaman sehingga frekuensi penyiraman bisa anda atur dengan baik.

  1. Pengaturan cahaya

Pengaturan cahaya, terutama sinar matahari pun sangat penting.  Beberapa tanaman hias untuk terrarium tetap perlu intensitas cahaya yang tinggi sedangkan lainnya bisa saja justru lebih cocok di tempat yang redup dan teduh.

  1. Pemangkasan daun

Hal yang tak boleh anda lupakan adalah untuk memangkas daun dari tanaman di terrarium. Karena ukuran wadah kaca yang tidak terlalu besar, pemangkasan akan sangat penting agar tumbuhan tidak terlalu rimbun dan malah merusak keindahan yang ada. Tentu saja, tiap tumbuhan mempunyai tingkat pertumbuhan yang berbeda-beda. Kalau anda cukup sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk sering merawat tanaman, anda sebaiknya mencari opsi dengan tingkat pertumbuhan yang lambat.

Tanaman hias untuk terrarium memang menjadi suatu hiburan tersendiri. Merawat hingga melihat keindahan tumbuhan yang ada selalu memberikan kepuasan dan kesenangan. Namun tentu saja, anda tidak boleh lupa untuk selalu merawat dan memperhatikan kondisi terrarium anda. Bahkan kalau perlu, pupuk bisa  anda tambahkan agar tanah serta media tanamn yang anda gunakan tetap bisa menyediakan unsur hara yang bakal diperlukan oleh tumbuhan untuk berkembang dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *