Kenali Tips Cara Perawatan Tanaman Hias Paling Mudah Di Rumah

Ketertarikan orang – orang akan pembelian produk tanaman hias, umumnya tidak serta dilakukan untuk sekadar kesenangan semata saja. Sebab, penggunaan tanaman hias tersebut diklaim dapat membantu dalam menghias ruangan agar terlihat lebih estetik dan sejuk. Meski demikian, bagi Anda yang berkeinginan untuk membeli produk tersebut di pasaran penting untuk tahu bagaimana cara perawatan tanaman hias di rumah. Sehingga, hal inilah yang menjadikan tanaman hias tersebut dapat bertahan lama dan tidak gampang layu.

Tips cara perawatan tanaman hias paling mudah di rumah

Sekarang ini, banyak sekali kita temukan para pelaku usaha budidaya tanaman hias yang menawarkan produknya dengan berbagai jenis, harga dan lain – lain sesuai kebutuhan konsumen. Meski produk tanaman hias terbilang bervariasi, namun yang terpenting disini adalah pastikan Anda tahu bagaimana cara merawat tanaman hias tersebut agar tidak gampang layu. Untuk merawat tanaman hias sendiri, umumnya terbilang cukup mudah dilakukan di rumah dengan beberapa langkah seperti berikut ini.

1. Berikan pupuk secara berkala

Ketika akan merawat tanaman hias, Anda pastikan untuk memberikan pupuk secara berkala dengan takaran yang sesuai. Mengenai pupuk yang diberikan pada tanaman hias sendiri, biasanya sangat bergantung pada tingkat pertumbuhan sekaligus usia tanaman. Selain itu, kondisi tanaman dan media tanamnya juga menjadi pertimbangan penting bagi pemilik tanaman hias dalam pemberian pupuk nantinya. Akan tetapi, tetap pastikan Anda mengikuti petunjuk yang ada di kemasan untuk mengetahui berapa banyak takaran pemberiannya.

2. Bersihkan debu di tanaman

Selanjutnya, Anda juga perlu membersihkan debu yang menempel di tanaman hias tersebut. Dalam membersihkan debu di tanaman hias, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa peralatan pendukung seperti kain lap, sikat lembut, ember dan juga air. Jika sudah, tinggal celupkan saja kain lap ke ember berisikan air dan peras kain lap tersebut agar kandungan airnya berkurang. Setelah itu, tinggal Anda seka saja debu yang terkumpul di daun tanaman hias secara perlahan.

3. Jangan lupa siram tanaman secara teratur

Dalam merawat tanaman hias di rumah, Anda juga perlu menyiram tanaman tersebut secara teratur. Namun, pastikan bahwa Anda mengetahui berapa banyak kebutuhan penyiraman dari masing – masing tanaman hias tersebut. Sebab, biasanya kebutuhan penyiraman air sangat bergantung dari kondisi tanahnya. Jadi dalam hal ini, Anda cukup memasukkan saja jari sedalam 2 – 3 cm, dan jika tanahnya sedang dalam kondisi kering perlu disiram dan begitupun sebaliknya.

4. Perawatan tanaman hias dengan memangkas tanaman yang tidak diperlukan

Tidak kalah penting, Anda juga perlu memangkas tanaman yang dirasa tidak diperlukan. Hal ini bukan tanpa alasan dilakukan, yaitu untuk menjadikan tanaman terlihat lebih cantik dan ukurannya tidak terlalu besar. Di samping manfaat memangkas tanaman yang tidak diperlukan juga dapat menjadikannya terlihat semakin sehat dan tumbuh subur.

Itulah tadi informasi penting bagi Anda mengenai beberapa tips cara perawatan tanaman hias yang paling mudah untuk dilakukan sendiri di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *