Tanaman Hias Tahan Panas Hujan yang Atraktif

Salah satu tantangan untuk merawat tanaman hias adalah cuaca. Ada beragam jenis tumbuhan, dan masing-masing mempunyai karakteristik ternsendiri. Beberapa di antaranya cukup tangguh dan tahan panas sehingga sangat cocok walau anda tempatkan di luar ruangan. Namun, ada tumbuhan yang justru tidak tahan dengan panas dan situasi cuaca lainnya. Karena hal itu, perawatan pun menjadi lebih sulit. Kalau anda tidak ingin repot, anda bisa mencari tahu tentang tanaman hias tahan panas hujan. Ada beberapa opsi yang tepat, dan anda bisa sekaligus cek informasinya di pembahasan berikut.

Jenis Tanaman yang Tahan Panas Hujan

Tanaman memang mempunyai karakteristik unik masing-masing. Terkadang, hal tersebut juga malah menjadi hambatan atau kesulitan dalam proses perawatannya. Namun kalau anda ingin mencari tanaman yang tangguh di berbagai situasi cuaca, anda bisa cek beberapa opsi ini.

  1. Euphorbia

Tanaman hias tahan panas hujan pertama yang bisa anda pilih adalah euphorbia. Tumbuhan dengan batang yang berduri ini memang tangguh dan bisa bertahan walau di area yang panas hingga tempat dengan curah hujan tinggi.  Bunganya pun menarik dan mempunyai banyak variasi warna. Euphorbia bakal berbunga dan mekar dengan bergerombol. Untuk penanaman, anda bisa melakukannya langsung di pekarangan atau menempatkannya di pot.

  1. Palem

Palem bisa menjadi pilihan untuk tanaman hias tahan panas hujan. Ada banyak jenis palem dengan struktur daun hingga ukuran yang berbeda-beda.  Palem bisa bertahan hdup dengan baik dan bahkan bisa menjadi suatu tumbuhan yang mandiri. Dengan kata lain, anda tinggal menanamnya saja, dan nantinya bakal tumbuh dengan sendirinya walau tanpa harus anda siram dan pupuk. Anda mungkin hanya perlu sesekali memangkas daunnya agar tumbuhnya menjadi lebih cantik.

  1. Kaktus

Tanaman hias tahan panas hujan lain adalah kaktus. Ketangguhan kaktus di cuaca yang panas dan area yang gersang memang sudah tidak perlu diragukan. Bahkan bentuk daunnya pun disesuaikan agar bisa mengurangi tingkat penguapan air. Namun apakah kaktus bisa tumbuh di area dengan curah hujan tinggi? Ternyata tetap bisa, dengan catatan anda menanamnya di pekarangan, dan bukan pot. Kalau di pot, kemungkinan tumbhan untuk mati akan cukup tinggi. Sedangkan kalau di pekarangan, air akan langsung terserap ke tanah sehingga kaktus tidak akan terlalu mendapatkan dampak dari tingkat air yang tinggi.

  1. Bunga kertas

Bougenville adalah opsi lain untuk tanaman hias tahan panas hujan. Sebutan lainnya adalah bunga kertas karena bentuk kelopak bunga dan teksturnya yang benar-benar seperti kertas. Tanaman ini memang tangguh dengan segala situasi cuaca. Panas dan hujan tidak akan menjadi masalah. Ketika tanaman sudah cukup besar pun, anda bahkan tidak perlu sering menyiramnya walau di musim kemarau. Ketika suhu sangat panas pun, terkadang tanaman bisa merontokkan daunnya sebagai upaya bertahan hidup sehingga bunga kertas memang sangat tangguh.

  1. Beringin

Beringin yang tumbuh bebas dan luar mungkin bakal menjadi tanaman perdu yang memberikan keteduhan.; Namun kalau anda atur pertumbuhannya, ini bisa menjadi tanaman hias yang indah karena bahkan bisa anda bonsai juga.  Pastinya, beringin termasuk salah satu tanaman hias tahan panas hujan. Dengan teknik bonsai, pertumbuhannya bisa lebih menarik karena tidak terlalu besar dan bahkan akarnya menjadi sangat indah. Walau begitu, ketahanannya terhadap panas dan hujan tidak akan berkurang.

  1. Kamboja

Kamboja bisa pula menjadi opsi lainnya dari tanaman hias tahan panas hujan. Walau seringkali menjadi tumbuhan di pemakaman, sebenarnya kamboja bisa menjadi tumbuhan yang cantik untuk menghias pekarangan anda. Apalagi, kamboja sangat tangguh walau di cuaca yang kering atau justru yang basah dengan curah hujan tinggi. Saat sudah berbunga, tentu anda bakal bisa lihat keindahan yang tak kalah dengan tanaman bunga lain.

Tips Memilih Tanaman yang Tangguh di Berbagai Cuaca

Opsi untuk tumbuhan yang tangguh di berbagai cuaca memang sangat banyak. Tiap tanaman mempunyai daya tarik dan karakter masing-masing. Kalau anda malah bingung untuk memilihnya karena jumlah yang banyak, anda bisa coba beberapa tips berikut.

  1. Ukuran

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah ukurannya. Opsi untuk tanaman hias tahan panas hujan hadir dengan ketinggian yang berbeda-beda. Ada tumbuhan yang bahkan cukup kecil dan tidak sampai satu meter, tapi ada tumbuhan yang bisa cukup tinggi dan besar. Ukuran bisa juga menyesuaikan kondisi pekarangan anda. Dengan begitu, pekarangan atau halamn anda bakal tetap terlihat rapi tanpa adanya tanaman yang terlihat terlalu besar atau terlalu rimbun yang justru merusak estetika yang ada.

  1. Jenis tanaman

Selanjutnya, anda perlu juga memperhatikan jenisnya. Ada tanaman hias tahan panas hujan yang mempunyai bunga, tapi ada pula tumbuhan yang hanya mengandalkan bentuk daun atau batangnya yang menarik. Ini tentu lebih berkaitan dengan selera. Namun kalau pekarangan atau tempatnya memungkinkan dan anda ingin mempunyai  dua kategori sekaligus, itu pun tidak menjadi masalah.

  1. Perawatan

Tanaman hias tahan panas hujan bukan berarti bahwa anda tidak perlu merawatnya. Walau memang sebagian besar tumbuhan tersebut tangguh dan bahkan cukup mandiri, ada beberapa tanaman yang tetap perlu perhatian anda. Misalkan saja, anda perlu memangkas daun dan dahan yang ada agar tumbuhan tetap rapi dan cantik. Lalu, ada juga tanaman seperti bougenvile hingga beringin yang bisa anda bonsai agar ukurannya tidak terlalu besar. kalau anda tidak ingin kerepotan dengan beragam hal itu, anda bisa cari tanaman yang memang gampang dan mandiri. Kaktus adalah salah satunya. Lalu, bunga kamboja serta euphorbia pun bis tumbuh dengan baik dan tidak perlu perawatan ekstra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *