Simak! Ini Tips Mudah Budidaya Tanaman Hias Aglonema

Budidaya tanaman hias menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk memperindah tampilan rumah. Salah satu jenis budidaya tanaman hias yang paling diminati adalah aglonema. Jika Anda juga sedang mempertimbangkan untuk melakukan budidaya tanaman hias aglonema, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

Pilih Media Tanam Yang Sesuai

Tips yang pertama, pilihlah media tanam yang sesuai. Umumnya, media tanam untuk aglonema menggunakan campuran tanah, sekam bakar dan sekam padi. Namun, Anda juga bisa menambahkan campuran media tanam lainnya jika diperlukan.

Perhatikan Cara Penanaman Aglonema

Cara penamanan tanaman aglonema juga perlu Anda perhatikan. Tanam aglonema ke media tanam pada bagian bonggolnya, yaitu bagian atas dari sela-sela akar tanaman. Di samping itu, jangan pernah menanam algonema terlalu dalam hingga ke mencapai bagian pucuk. Sebab, menanam aglonema terlalu dalam bisa memperlambat proses pertumbuhannya.

Bila perlu, masukkan juga pecahan batu bata ke dalam pot dengan ketinggan 2 cm. Memasukkan lapisan pecahan batu bata ini bertujuan untuk meniriskan genangan air berlebih yang bisa mengakibatkan pembusukan batang dan akar tanaman aglonema. Selain batu bata, Anda juga bisa menggunakan batu kerikil untuk menjaga kelembaban tanaman aglonema.

Hindari Memberi Pupuk Setelah Penanaman

Tips budidaya tanaman hias aglonema yang selanjutnya adalah menghindari memberi pupuk setelah proses penanaman. Alasannya karena pemberian pupuk setelah penanaman justru akan mengganggu pertumbuhan tanaman aglonema. Meski begitu, Anda tetap diperbolehkan untuk menggunakan pupuk dekastar atau vitamin B1.

Gunakan Pembersih Hama

Dalam teknik budidaya tanaman hias jenis apa pun, Anda membutuhkan pembersih hama. Termasuk pada budiaya tanaman aglonema. Penggunaan pembersih hama yang tepat dapat mencegah aglonema dari berbagai jenis penyakit tanaman. Hama tanaman yang biasanya menghambat pertumbuhan algonema yaitu, laba-laba kecil, ulat bulu, kutu hingga tungau.

Anda bisa mencari informasi mengenai obat pembersih hama tanaman terbaik yang ada di internet. Ikuti petunjuk dosis yang diberikan dan semprotkan secara merata ke tanaman aglonema.

Letakkan Tanaman Aglonema Di Tempat Teduh

Tips yang terakhir adalah Anda perlu meletakkan tanaman aglonema di tempat teduh dan jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini untuk meminimalkan risiko warna daun aglonema menguning dan menjadi layu.

Akan tetapi, tidak semua varietas aglonema memiliki karakteristik yang sama. Ada beberapa jenis aglonema yang bisa diletakkan di tempat terang untuk mempercantik warna daunnya.

Demikianlah sejumlah tips melakukan budidaya tanaman hias aglonema yang perlu Anda ketahui. Agar tanaman hias aglonema tumbuh subur, pastikan untuk tidak menyiramnya terlalu sering. Anda hanya perlu menyiram tanaman aglonema sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *