Tanaman Hias Depan Rumah untuk Menyegarkan Pekarangan

Mempunyai halaman atau taman di depan rumah tentu merupakan suatu keuntungan. Daripada hanya dibiarkan begitu saja, akan lebih baik bila area digunakan untuk merawat tanaman hias depan rumah. Halaman akan terlihat lebih menarik dengan adanya tumbuhan yang bagus. Lalu, udara akan lebih segar. Opsi tanaman yang cocok untuk di halaman pun cukup banyak, mulai dari tumbuhan yang kecil hingga besar dan tinggi.

Tanaman Hias Depan Rumah dengan Ukuran Kecil

Kalau pekarangan atau halaman tidak terlalu besar, tanaman hias dengan ukuran yang kecil dirasa lebih cocok. Dengan begitu, pekarangan tidak akan terasa penuh. Opsi tumbuhan yang ada pun cukup banyak, dan beberapa bahkan tidak perlu perawatan yang rumit. Berikut adalah opsi yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

  1. Lidah mertua

Tanaman hias depan rumah pertama adalah lidah mertua. Tumbuhan dengan daun yang berdiri tegak ini memang sudah sangat populer. Lokasi tanamnya pun fleksibel, mulai dari indoor  hingga outdoor. Variasi jenisnya pun cukup banyak, mulai dari yang ukuran biasa hingga lidah mertua mini. Untuk area halaman, lidah mertua yang cocok adalah sansevieria trifasciata. Ukurannya cukup besar dengan daun yang berdiri tegak dan runcing. Warnanya menarik karena mempunyai pola loreng di bagian tengah daun dan garis kuning cerah di bagian tepi. Tumbuhnya bisa cukup mudah walau tanpa harus mendapatkan perawatan ekstra. Warnanya pun sangat cantik dan cerah untuk di depan rumah. Apalagi, lidah mertua terbukti ampuh untuk menyerap polutan udara.

  1. Bunga anggrek

Salah satu bunga terbaik dan paling cocok untuk tanaman hias depan rumah adalah anggrek. Tumbuhan ini memang sudah sangat populer dan orang selalu menyukai bunga yang muncul dan mekar. Anggrek mempunyai jenis yang beragam, dan masing-masing sangat unik dengan warna, bentuk kelopak, serta pola masing-masing. Kecantikan anggrek memang sudah mendapatkan pengakuan banyak orang. Perawatannya pun cukup mudah karena bunganya cocok untuk area tropis. Anda cukup memastikan media tanamnya tidak terlalu kering dan memperoleh cahaya matahari yang cukup. Untuk menanamnya, menggantungnya adalah opsi yang tepat dan depan rumah jelas akan sangat tampak cantik.

  1. Bougenville

Bunga kertas atau bougenville adalah opsi lain yang tak akan mengecewakan untuk tanaman hias depan rumah. Banyak rumah yang mempunyai tanaman ini karena bunga yang cantik dan perawatan yang cukup gampang. Warna yang ada memang variatif dan bahkan bisa dibuat agar satu tanaman mempunyai lebih dari satu warna. Tekstur bunganya pun sangat khas karena memang seperti suatu kapas. Bougenville bisa tumbuh dengan lebat dan cantik sehingga cocok untuk berada di halaman depan rumah.

  1. Melati

Kalau anda ingin membuat halaman depan rumah terlihat cantik dan sekaligus wangi, anda bisa memilih melati. Bunga yang putih dengan aroma yang sangat khas memang menjadi kekhasan dari melati. Tanaman hias depan rumah ini pun bisa tumbuh dengan baik, apalagi kalau halaman tidak terlalu kering dan ada area yang teduh. Selain mempercantik halaman, bunga melati pun bisa memberikan aroma yang membuat anda lebih tenang. Bahkan, bunganya bisa menjadi tambahan saat anda meminum teh.

  1. Mawar

Kalau anda memang menyukai bunga, tak ada salahnya bila anda mempertimbangkan mawar. Tak ada yang salah untuk menanam mawar di halaman. Bunga yang sangat khas ini memang sangat cantik dan bakalan sangat pas untuk menjadi tanaman hias depan rumah. Bentuk yang khas dan warna yang cantik selalu membuat orang menyukainya.

Tanaman Hias Depan Rumah yang Besar dan Tinggi

Selain bunga dan tanaman dengan bentuk yang tidak terlalu besar, ada beberapa pohon yang bisa menjadi opsi. Tujuan utamanya tentu masih untuk membuat halaman tetap cantik, tapi sekaligus membuat depan rumah menjadi lebih teduh. Beberapa opsinya adalah:

  1. Tabebuya

Belakangan ini, tabebuya menjadi semakin populer. Bunganya sangat cantik dan bahkan terlihat seperti sakura yang ada di Jepang. Namun berbeda dengan sakura, tabebuya bisa tumbuh dengan baik dan subur di area tropis seperti Indonesia. Ketika sedang tidak musim berbunga, tanaman bakal terasa teduh. Saat sudah mulai musim berbunga, tanaman hias depan rumah ini akan menunjukkan kecantikan yang luar biasa.

  1. Ketapang kencana

Tanaman hias depan rumah yang bisa memberikan suasana teduh dan estetik adalah ketapang kencana. Pohon bisa tumbuh cukup tinggi dengan cabang yang panjang dan bakal membuat tumbuhan terlihat lebar dan cantik. Tanaman sudah terlihat bagus walau ukurannya masih cukup kecil, dan bakal semakin menawan saat sudah mulai tinggi dan rimbun. Tumbuhnya pun cukup lurus ke atas sehingga tak akan sulit untuk diatur pertumbuhannya.

  1. Buah-buahan

Kalau anda ingin tanaman hias depan rumah yang teduh dan sekaligus bermanfaat, anda bisa memilih beberapa pohon buah. Dengan begitu, anda bisa panen buah dan menikmati hasilnya. Beberapa pilihan yang cocok dan teduh adalah pohon mangga, rambutan, dan juga pohon jambu.

  1. Cemara

Kalau halaman cukup luas, anda bisa mempertimbangkan cemara. Ada banyak jenis cemara yang bisa menjadi opsi. Beberapa pun bisa anda rawat secara khusus agar tidak tumbuh terlalu tinggi. Karena karakter tanamannya, anda tak akan mengalami kendala untuk mengatur pertumbuhannnya. Cemara selalu tumbuh lurus ke atas dan tidak akan terlalu melebar karena karakteristik bentuk cabangnya.

Tanaman hias depan rumah memang hadir dengan banyak variasi. Anda tidak akan kesulitan untuk mencari tanaman yang bagus untuk mempercantik tanaman. Tak hanya segi estetik, bahkan rumah akan terasa lebih teduh dan lebih sehat karena udara tersaring dengan baik oleh tanaman yang  ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *