Tanaman Hias Outdoor dengan Bunga dan Daun yang Memesona

Tanaman hias outdoor adalah solusi terbaik untuk memanfaatkan pekarangan. Dari pada halaman rumah terasa kosong apalagi gersang, tanaman bisa  memberikan manfaat luar biasa. Tidak saja membuat rumah menjadi lebih bangus dan nyaman, udara pun bisa lebih segar dan sehat dengan bantuan tumbuhan yang ada. Kalaupun anda bingung dengan apa yang harus anda tanam, berikut adalah opsi yang bisa anda pertimbangkan.

Tanaman Hias Outdoor dengan Bunga yang Cantik

Salah satu tanaman hias yang paling banyak populer adalah bunga. Keindahan dari bentuk dan warna yang ada memang tak pernah gagal untuk menarik perhatian banyak orang. Halaman rumah pun menjadi jauh lebih indah. Lalu, apa saja tanaman hias bunga yang cocok?

  1. Bunga pentas

Tanaman hias outdoor pertama yang bisa menjadi pilihan adalah bunga pentas. Nama ilmiahnya adalah lanceolata, dan bentuknya sangat mudah dikenali. Pola bintang dengan lima sudut menjadi tambah cantik dengan corak warna yang sangat menawan. Bunga pentas tidak hanya mempunyai satu warna saja. Beberapa yang populer adalah merah, putih, dan juga ungu. Bukan tumbuh satu persatu dan berjauhan, bunga pentas mekar secara berkelompok sehingga tampak membulat dan begitu cantik.

  1. Anggrek

Tanaman hias outdoor bunga lain yang cocok adalah anggrek. Cahaya matahari yang terik tidak akan menjadi masalah, dan justru malah sangat bagus untuk pertumbuhan anggrek. Untuk urusan kecantikannya, anda tidak perlu meragukannya. Warna yang begitu memesona dan bentuk kelopak dengan pola yang sangat unik. Jenisnya pun sangat banyak, dan masing-masing begitu khas. Waktu mekarnya juga begitu lama sehingga anda bisa menikmati keindahan yang ada berhari-hari.

  1. Petunia

Tanaman hias outdoor lain yang tak kalah cantik dari dua opsi sebelumnya adalah petunia. Sudah pasti, ada warna dengan penuh pesona yang memikat dan tak pernah membuat orang bosan melihatnya. Kecantikan yang ada bertambah dengan bentuk bunga yang menyerupai lonceng. Meski sangat cantik, perawatannya justru tidak merepotkan. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menyiram ataupun melakukan perawatan tambahan lainnya. Lalu, pertumbuhannya cukup cepat sehingga tak perlu menunggu lama untuk melihat bunganya. Kalau pun anda ingin variasi yang unik, ada petunia hibrida yang jelas lebih memukau.

  1. Kembang sepatu

Kembang sepatu pun bisa masuk daftar pertimbangan anda. Di wilayah perkotaan, tumbuhan ini memang tidak terlalu populer, dan bahkan sulit juga tanaman hias outdoor ini. Padahal kalau di pedesaan, bunga sepatu bisa tumbuh secara liar. Walau demikian, bunga sepatu tetap sangat cantik dengan  ukuran yang lumayan besar saat sudah mulai mekar. Warna yang umum ditemukan adalah merah, tapi ada juga kuning yang juga populer. Pertumbuhannya relatif cepat dan sangat perlu sinar matahari. Karenanya, halaman akan menjadi tempat yang tepat untuk menumbuhkannya.

  1. Cannas

Cannas menjadi pilihan lain yang bisa menjadi tanaman hias outdoor. Nama tersebut mungkin kurang populer karena orang lokal biasa menyebutnya sebagai bunga tasbih. Bunga dan daunnya mempunyai bentuk yang unik. Daunnya sekilas seperti di pohon pisang. Lalu, warna bunganya pun sangat cantik, mulai dari kuning hingga merah muda dan oranye. Tak hanya bunga, bahkan daun pun tidak sebatas pada hijau, tapi bisa pula muncul dengan variasi lainnya.

Tanaman Hias Outdoor dengan Daun yang Unik

Tak hanya bunga saja yang bisa menghias halaman atau pekarangan rumah anda. Opsi tanaman hias daun pun cukup banyak, dan beberapa mempunyai bentuk hingga warna yang unik. Kalau anda penasaran dengan apa saja contohnya, cek saja info berikut.

  1. Aglonema

Rekomendasi tanaman hias outdoor daun pertama adalah aglonema. Tumbuhan dengan daun cantik tersebut masuk di kategori talas atau araceae. Karena karakteristik tersebut, aglonema bisa tumbuh dengan baik walau tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup. Dengan begitu, pertumbuhannya memang sangat gampang. Untuk urusan kecantikannya, warna daun yang ada memang cantik. Tidak sekedar dengan warna hijau, tapi ada corak campuran seperti kuning hingga merah. Tidak heran bila banyak yang menyukai tumbuhan aglonema.

  1. Lidah mertua

Siapa yang tidak tahu nama tanaman ini? sansevieria atau lidah mertua sudah seperti tanaman hias outdoor sejuta umat. Walau populer dan bahkan pasaran, keindahannya tetap tidak bisa diremehkan. Bentuk daunnya tegak dan cukup keras dengan ujung yang runcing. Warnanya pun pun indah dengan hijau berpola acak. Beberapa jenis lidah mertua pun mempunyai pinggiran kuning yang membuat tumbuhannya tambah istimewa. Selain bentuk, perawatannya juga super mudah. Apalagi, manfaat luar biasa disediakan oleh sansevieria, dan salah satunya adalah fungsinya sebagai air purifier  dan sekaligus memasuk oksigen yang cukup banyak.

  1. Pakis jepang

Tanaman pakis sudah tidak asing lagi. Bahkan banyak djumpai pakis yang tumbuh liar. Bentuk daunnya memang menarik dan bahkan sering menjadi inspirasi untuk gambar hingga batik. Namun, tanaman hias outdoor dengan nama pakis jepang sangat istimewa. Hal yang membedakannya ada di warna. Perpaduan ungu dan putih sangat mencolok dan berbeda sekali dengan pakis yang berdaun hijau. Namun, pakis jepang lebih baik dipadukan dengan tumbuhan lainnya dan tidak berdiri sendiri. Untuk perawatannya, tanah harus tetap lembap karena warna akan mulai hilang ketika tanah semakin kering.

Beragam tanaman hias outdoor memang bisa menjadi opsi yang pas. Halaman tak akan lagi terlihat sepi dan gersang. Rumah justru bakal menjadi lebih memesona dengan bunga dan daun yang indah. Udara pun bakal lebih sehat dan bahkan dua kategori tumbuhan hias juga bisa dipadukan agar lebih atraktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *