Mengetahui Alat Dan Bahan Untuk Budidaya Tanaman Hias

Apakah Anda berencana melakukan budidaya tanaman hias dalam waktu dekat? Jika iya, Anda perlu mengetahui apa saja alat dan bahan untuk budidaya tanaman hias. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa alat dan bahan budidaya tanaman hias yang perlu Anda persiapkan.

Media Tanam

Pertama, Anda membutuhkan media tanam yang cocok untuk tanaman hias. Media tanam memiliki fungsi yang sangat penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman hias. Mulai dari menyediakan nutrisi, aerasi hingga drainase.

Media tanam yang sering digunakan untuk tanaman hias diantaranya tanah subur, kompos, humus, sekam hitam, serbuk gergaji dan lain sebagainya. Anda bisa memilih media tanam yang paling sesuai dengan jenis tanaman hias yang ingin dibudidayakan.

Pupuk Organik Maupun Anorganik

Anda juga membutuhkan pupur organik maupun anorganik untuk membantu perkembangan tanaman hias. Mengingat, pupuk adalah sumber nutrisi yang sangat diperlukan oleh tanaman. Agar mendapatkan pupuk yang tepat, Anda bisa meminta rekomendasi dari distributor pupuk yang terpercaya dan berpengalaman.

Peralatan Budidaya Tanaman Hias

Selanjutnya, Anda perlu mempersiapkan peralatan budidaya tanaman hias, meliputi:

  1. Sekop Kecil

Sekop kecil memiliki banyak kegunaan dalam budidaya tanaman hias. Selain bisa digunakan untuk menggali tanah pada media tanam, sekop kecil juga bisa dipakai untuk meratakan dan memadatkan permukaan media tanam. Sebagian orang juga ada yang menggunakan sekop kecil untuk mengambil dan memasukkan media tanam ke dalam pot.

  1. Garukan Tanaman

Alat dan bahan untuk budidaya tanaman hias terus berinovasi guna mempermudah penggunanya. Agar tidak mengotori kuku, Anda bisa menggunakan garukan tanaman untuk memisahkan tanah dan akar tanaman.

  1. Gunting Tanaman

Anda membutuhkan gunting untuk memotong bagian daun dan akar pada tanaman hias. Pastikan untuk menggunakan gunting tanaman yang berkualitas agar tanaman hias kesayangan Anda memiliki potongan yang rapi.

  1. Penyiram Tanaman

Anda tidak boleh asal-asalan dalam memilih penyiram tanaman hias. Pilihlah penyiram tanaman berbentuk teko yang memiliki leher panjang dan mulut kecil. Penyiram tanaman dengan bentuk seperti ini dinilai bisa mengalirkan air ke pusatnya secara maksimal.

Perlindungan Tanaman Hias

Apa pun teknik budidaya tanaman hias yang digunakan, Anda akan membutuhkan perlindungan tambahan. Misalnya dengan memberikan pestisida yang mampu menjaga tanaman dari serangan penyakit dan organisme pengganggu.

Jika ingin menghindari penggunaan pestisida yang memiliki kandungan zat kimia, Anda bisa memilih pestisida yang terbuat dari bahan organik. Anda juga bisa memanfaatkan beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membasmi hama pada tanaman hias.

Itu dia informasi seputar alat dan bahan untuk budidaya tanaman hias yang harus Anda persiapkan.  Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang ingin memulai berbagai jenis budidaya tanaman hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *