Tanaman Hias Indoor yang Tepat untuk Mempercantik Rumah Anda

Tanaman hias indoor tidak akan gagal untuk mempercantik rumah anda. Keindahan daun dan bunganya bakal membuat suasana ruangan menjadi lebih positif. Pilihan tumbuhannya pun sangat banyak, dan anda tidak akan pernah kehabisan ide untuk tanaman yang ingin anda rawat dan tumbuhkan di dalam rumah.  Bahkan, beberapa tumbuhan hias juga tidak sekedar bagus, tapi bisa menyehatkan udara di ruangan anda.  Kalau anda penasaran dengan apa saja tanaman yang bagus, anda bisa cek info berikut.

Pilihan Tanaman Hias Indoor Terbaik

Ada banyak pilihan untuk tanaman hias yang cocok untuk di dalam rumah anda. Mulai dari tumbuhan yang mempunyai daun cantik hingga bunga yang indah, anda bisa cek langsung saja rekomendasi ini.

  1. Lili paris

Lili paris adalah salah satu tanaman hias indoor dengan peminat yang sangat banyak. Mulai dari rumah, apartemen, hingga gedung perkantoran, tumbuhan ini tak akan gagal untuk menghias ruangan tersebut. Bentuk tanamannya sebenarnya sederhana dan tidak terlalu besar. Bentuk daunnya memanjang serta melengkung dengan ujung yang runcing. Teksturnya tipis dan tidak kaku. Untuk warna, anda bakal melihat kombinasi hijau dan putih kekuningan. Selain bentuk, orang menyukai lili paris karena perawatannya sangat mudah. Apalagi, ternyata ada manfaat spesial, yaitu untuk menyaring udara sehingga polutan bakal terserap oleh tumbuhannya.

  1. Peace lily

Tanaman hias indoor lain yang cantik tapi sederhana perawatannya adalah peace lily. Tumbuhannya memang atraktif dengan bentuk daunnya yang hijau pekat. Lalu, daya tariknya bakal meningkat ketika bunganya sudah mulai muncul dan mekar. Warna putih yang bersih dan bentuk yang ada memang bakal membuat orang jatuh hati. Perawatan yang diperlukan untuk menanam peace lily memang tidak ribet. Ditambah lagi, ada manfaat menarik dari adanya tumbuhan ini. Saat ditempatkan di suatu ruangan, kelembapan udara akan lebih terkontrol. Karenanya, jamur akan jarang muncul dan merusak dinding atau perabotan selama ada peace lily di ruangan tersebut.

  1. Sirih gading

Sirih gading adalah tanaman hias indoor lain yang juga sudah sangat populer dan banyak dijumpai di rumah-rumah. Daunnya jelas cantik dengan bentuk hati. Warna hijau dengan campuran kuning keemasan pun membuatnya tambah menawan. Lalu, anda bisa menempatkan dan menumbuhkannya di pot bening yang berisi air karena sirih gading tidak harus tumbuh di tanah. Cara paling cocok untuk menanamnya adalah dengan menggantung karena tanamannya tumbuh dengan merambat dan mempunyai batang yang memanjang. Selain cantik dan perawatannya super gampang, ternyata sirih gading bisa menyerap racun di udara, terutama untuk asap rokok dan asap kendaraan.

  1. Sansevieria

Bagi sebagian orang, nama sansevieria akan terdengar asing. Namun kalau yang disebutkan adalah lidah mertua, tentu banyak orang yang tahu. Tanaman hias indoor ini memang menjadi pilihan tepat bagi orang-orang yang ingin mempunyai tumbuhan hias di rumah tapi tidak ingin repot merawatnya. Cukup dengan menanam dan memastikan tanahnya tidak kering, lidah mertua bakal tumbuh dengan baik. Walau perawatannya gampang, sansevieria mempunyai daun yang cantik. Bentuknya yang tegak berdiri dan keras diperindah dengan corak loreng dengan gradasi hijau dan pinggiran kuning cerah. Selain bagus untuk dekorasi, manfaat yang ada juga sangat banyak. Misalkan saja, sansevieria mampu menyerap polutan udara dengan optimal.

  1. Succulent haworthia attenuata

Nama tanaman hias indoor ini memang panjang dan terasa sulit dieja. Karenanya, orang membuat sebutan yang lebih gampang, yaitu tanaman zebra. Jenisnya adalah succulent sehingga tentu perawatannya akan lebih praktis. Tumbuhan ini juga cocok kalau anda mencari tanaman dengan ukuran yang kecil. Bahkan, ukurannya tidak sampai satu meter dan anda bisa menanamnya di pot kecil untuk kemudian menaruhnya di meja kerja. Untuk perawatan, anda tidak boleh terlalu sering menjemur dan menyiramnya. Dengan begitu, succulent akan tetap subur dan warna corak harimaunya akan tetap bagus.

Tips Memilih Tanaman Hias Indoor yang Cocok

Ada lebih banyak pilihan tanaman hias yang bisa anda temukan untuk dirawat di dalam rumah. Walau begitu, variasi yang banyak justru bisa membuat anda bingung. Karenanya, anda bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut.

  1. Fungsinya

Tanaman hias indoor sebenarnya tidak sekedar untuk mempercantik ruangan saja. Seperti yang sudah dijelaskan, beberapa tumbuhan bahkan bisa berfungsi sebagai air purifier sehingga udara di dalam rumah bakal tambah sehat. Karenanya, anda bisa mempertimbangkan apakah hanya sekedar mencari keindahannya saja atau sekaligus mencari fungsinya.

  1. Perawatannya

Hal yang tak kalah penting untuk anda pertimbangkan adalah tingkat perawatannya. Beberapa tanaman hias indoor tidak perlu perhatian ekstra  dan bahkan tidak harus menyiramnya tiap hari. Namun, ada beberapa tanaman hias yang bahkan harus diperhatikan secara ekstra dan tingkat intensitas cahaya mataharinya pun harus dijaga dengan baik. Kalau anda terbilang sibuk dan tidak mempunyai banyak waktu, anda bisa mencari tanaman yang gampang tumbuh seperti succulent atau lidah mertua. Namun kalau anda tidak masalah dengan perawatan ekstra selama tumbuhannya bagus, ada banyak opsi tumbuhan hias daun hingga bunga yang cocok.

  1. Ukuran tanaman

Ukuran menjadi hal lain yang wajib anda perhatikan. Tanaman seperti lili paris dan succulent mempunyai bentuk yang tidak terlalu besar. Lidah mertua pun memiliki jenis yang berukuran kecil. Namun tanaman lain seperti monstera hingga sirih gading akan memerlukan tempat yang cukup besar. Apalagi kalau anda hanya mempunyai space yang terbatas, anda perlu memerhatikan ukuran tanaman sebaik mungkin agar suasana tidak terasa penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *