Inilah Rekomendasi Tanaman Hias Gantung yang Atraktif

By | Mei 6, 2024

Tanaman hias gantung bakal membuat rumah anda terlihat lebih cantik. Deretan pot bisa digantung dan ragam bunga atau daun bakal mempercantik dan bahkan menyejukkan pemandangan di rumah. Baik orang yang di rumah ataupun di luar ruangan akan senang  melihat keindahan dari pot gantung yang ada. Lalu, apa saja tanaman yang bisa menjadi pilihan untuk mempercantik rumah anda?

Jenis Tanaman hias gantung dengan Bunga

Secara umum, ada dua jenis tanaman gantung. Pertama dan paling banyak disukai adalah tumbuhan dengan bunga yang cantik dan warna-warni. Lalu, ada juga tanaman hias gantung tanpa bunga dengan  sumber kehindahannya di bentuk dan warna daunnya. Untuk rekomendasi pertama, anda bisa cek beberapa bunga menawan berikut.

  1. Petunia

Petunia adalah tanaman hias gantung yang sangat cantik. Bunga-bunga yang tumbuh dan mekar dengan rimbun memang selalu berhasil memikat perhatian orang. Ukuran bunganya memang tidak terlalu besar, tapi jumlahnya sangat banyak sehingga warna-warna yang cantik bakal menutupi bagian pot. Selain bentuk yang unik, petunia juga sangat populer dan banyak diminati karena aroma yang khas dan muncul di pagi hari. Segarnya udara yang anda hirup akan tambah istimewa dengan aroma sedap dari petunia. Selanjutnya, petunia juga tidak mempunyai musim khusus sehingga selama anda rutin merawat dan memupuknya, bunga bisa muncul sepanjang tahun.

  1. Million bells

Tanaman hias gantung bunga yang juga tak kalah cantik adalah million bells. Kalau melihat dari bentuk bunganya, anda bakal merasa kalau ini mirip dengan petunia. Kenyataannya memang million bells masih satu kerabat dengan petunia. Namun, million bells mempunyai lebih dari satu warna bunga di satu tumbuhan. Karenanya, tidak heran bila satu pot akan terlihat sangat ramai seperti suara bel yang berbunyi bersamaan. Warna-warni yang indah bakal terlihat walau dari satu pot yang sama. Perawatannya juga sangat mudah seperti petunia.

  1. Anggrek

Siapa yang tidak tahu anggrek? Tanaman hias gantung ini sudah sangat terkenal  dan banyak orang mengagumi kecantikan bentuk dan warna dari anggrek. Ada banyak jenis anggrek, dan masing-masing mempunyai keunikan mulai dari segi bentuk, warna, dan pola yang ada di bagian kelopak bunganya. Selain sangat cantik, perawatannya juga sebenarnya sangat mudah selama akarnya mendapatkan asupan air yang cukup dan tersedia lubang untuk sirkulasi udara di area akar. Walau menempatkannya di luar ruangan dan terkena panas pun, anggrek tidak mudah mati karena habitatnya memang di area tropis.

  1. Ekor kucing

Acalypha atau ekor kucing menjadi opsi tanaman hias gantung lain dengan bunga yang eksotis. Sesuai namanya, bentuk bunganya memang terlihat seperti ekor kucing. Bentuknya memanjang dan terlihat tebal sehingga orang bisa merasa gemas layaknya ketika melihat ekor kucing. Karakteristik tanaman dan bunganya memang menggantung ke bawah sehingga sangat pas untuk menanamnya di pot dan menggantungnya cukup tinggi agar ekor kucingnya lebih optimal. Selain cantik, ekor kucing juga mempunyai khasiat medis. Salah satunya adalah untuk mengatasi luka hingga cacingan.

  1. Geranium

Geranium pun adalah opsi yang tak akan gagal untuk mempercantik rumah anda.  Orang biasa menyebutnya juga sebagai crane’s bill. Geranium ditemukan dan bisa tumbuh di beragam lokasi sehingga tidak heran bila bunganya bisa tumbuh di banyak negara. Namun, tempat asalnya ada di Afrika Selatan sehingga iklim tropis tak akan menjadi masalah. Warna-warni yang indah memang menjadi salah satu alasan yang membuat orang senang menanam geranium. Lalu, bunga yang indah sekaligus menjadi pengusir nyamuk yang sangat efektif.

Opsi Tanaman Hias Gantung dengan Daun yang Cantik

Selain tanaman yang cantik dengan beragam bunga, ada juga tumbuhan yang cantik karena daunnya. Berikut adalah tumbuhan yang mempunyai daun eksotis dan bakal cocok untuk ditempatkan di pot gantung.

  1. Hoya carnosa

Tanaman hias gantung tanpa bunga yang sangat menawan adalah hoya carnosa. Beberapa orang menyebutnya sebagai tali hindu. Ini karena bentuk tanaman yang menjuntai panjang dengan pola daun seperti lilitan tali yang unik. Kelopak daunnya memang tidak melebar seperti tumbuhan pada umumnya. Tiap helainya melengkung dengan tekstur yang cukup tebal. Sebenarnya, bunga pun bisa muncul dengan aroma seperti coklat. Namun tanpa bunga saja, hoya carnosa sudah sangat cantik. Perawatannya juga cukup mudah selama mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

  1. Tradescantia

Tradescantia adalah tanaman hias gantung dengan daun yang sangat unik. Bentuknya cantik karena menyerupai hati. Lalu, warnanya tidak sebatas hijau saja, tapi bercampur dengan ungu yang menawan. Tidak heran kalau banyak orang yang menyebutnya sebagai hati ungu. Bunga pun bisa muncul dengan warna biru, putih dan pink. Namun saat sedang tidak berbunga sekalipun, keindahan tradescantia tidak akan berkurang karena warna dan bentuk daun yang begitu atraktif. Lalu, bunga ini bisa bertahan dengn temperature yang sangat rendah ataupun di area tropis. Tidak heran bila banyak yang menjadikan tradescantia sebagai simbol imortalitas.

  1. Lili paris

Lili paris menjadi tanaman yang cocok di beragam situasi. Anda bisa menanamnya di pot dan menaruhnya di lantai. Lalu, tanaman dengan nama ilmiah clorophpytum comosum bisa juga menjadi tanaman hias gantung. Daunnya memang terlihat rimbun dan cantik dengan bentuk memanjang serta melengkung ke bawah. Warna hijau dan putihnya pun selalu berhasil membuat orang menyukainya. Ditambah lagi, lili  paris bisa menjadi salah satu penyerap polutan di udara.

  1. Sirih belanda

Sirih belanda juga bisa menjadi tanaman hias gantung  yang mempercantik rumah anda. Apalagi, bentuk tumbuhannya memang memanjang dan bentuk daunnya menyerupai simbol hati. Dari segi warna, hijau dan kuning keemasan bakal terlihat berkilau kalau ada sinar matahari sehingga menambah kecantikannya. Ternyata, sirih belanda tak hanya indah, tapi juga bisa menjadi penyaring udara, terutama untuk asap rokok dan kendaraan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *