Tutorial Membuat Mesin Tetas Otomatis dengan Bahan Mudah dan Murah

Categories :

Langkah – langkah membuat mesin tetas otomatis mudah dan murah

Pendahuluan

Halo Tutorers! Berjumpa lagi dengan kami pada artikel kali ini yang akan membahas tentang cara membuat mesin tetas otomatis mudah dan murah. Mesin tetas otomatis merupakan perangkat yang sangat berguna untuk peternak atau pecinta burung dalam memproduksi telur secara mandiri tanpa harus mengandalkan ayam betina. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah sederhana yang dapat diikuti oleh siapa saja untuk membuat mesin tetas otomatis dengan biaya terjangkau.

Langkah Pertama: Persiapan Bahan dan Alat

Langkah pertama dalam membuat mesin tetas otomatis adalah mempersiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan. Beberapa bahan yang dibutuhkan adalah kotak styrofoam, lampu pijar, kabel listrik, dan thermometer. Sedangkan alat yang diperlukan adalah cutter, gunting, penggaris, dan lem.

Langkah Kedua: Membuat Lubang untuk Tempat Telur

Langkah kedua adalah membuat lubang untuk tempat telur. Pertama, gambar lingkaran dengan diameter yang sama dengan ukuran telur di bagian tengah kotak styrofoam. Kemudian, gunakan cutter untuk memotong lubang tersebut. Pastikan bahwa lubang tidak terlalu besar atau kecil untuk menampung telur dengan baik.

Langkah Ketiga: Memasang Lampu Pijar dan Kabel Listrik

Langkah ketiga adalah memasang lampu pijar dan kabel listrik. Tempatkan lampu pijar di bagian bawah kotak styrofoam dan pasang kabel listrik dari lampu ke stopkontak. Pastikan bahwa kabel listrik tidak terlalu panjang atau pendek.

Langkah Keempat: Menambahkan Thermometer

Langkah keempat adalah menambahkan thermometer untuk mengukur suhu dalam kotak styrofoam. Tempatkan thermometer di dalam kotak styrofoam dan pastikan bahwa ia terbaca dengan jelas dari luar kotak. Suhu yang ideal untuk penetasan telur adalah antara 37-38 derajat Celsius.

Langkah Kelima: Menambahkan Wadah Air

Langkah kelima adalah menambahkan wadah air di dalam kotak styrofoam. Wadah air digunakan untuk menjaga kelembaban dalam kotak dan memastikan bahwa telur tetap basah. Pastikan bahwa wadah air terpisah dari lampu pijar agar air tidak terlalu cepat menguap.

Langkah Keenam: Menambahkan Pengatur Suhu

Langkah keenam adalah menambahkan pengatur suhu untuk memudahkan pengontrolan suhu dalam kotak styrofoam. Pengatur suhu dapat dibeli di toko elektronik atau dibuat sendiri dengan menggunakan potensiometer.

Langkah Ketujuh: Mengatur Suhu Ideal

Langkah ketujuh adalah mengatur suhu ideal pada mesin tetas otomatis. Gunakan pengatur suhu untuk menyesuaikan suhu dalam kotak styrofoam agar mencapai suhu ideal 37-38 derajat Celsius. Pastikan bahwa suhu tetap stabil selama proses penetasan.

Langkah Kedelapan: Menambahkan Putar Telur Otomatis

Langkah kedelapan adalah menambahkan putar telur otomatis agar telur tetap terjaga dari posisi yang sama dan merata dalam pemanasan. Anda dapat menggunakan motor dan timer untuk mengatur putaran telur secara otomatis.

Langkah Kesembilan: Membuat Penyaringan Air

Langkah kesembilan adalah membuat penyaringan air untuk menjaga agar air tetap bersih dan mengurangi risiko terkena penyakit pada telur. Anda dapat membuat penyaringan air dengan menggunakan kain atau spons.

Langkah Kesepuluh: Menyiapkan Telur yang Akan Ditetaskan

Langkah kesepuluh adalah menyiapkan telur yang akan diletakkan di mesin tetas otomatis. Pastikan bahwa telur yang akan diletakkan dalam kondisi baik dan segar, serta bebas dari kerusakan atau cacat.

Langkah Sebelas: Menempatkan Telur dalam Mesin Tetas Otomatis

Langkah sebelas adalah menempatkan telur dalam mesin tetas otomatis. Letakkan telur secara merata di dalam lubang yang telah disediakan sebelumnya. Pastikan bahwa telur tidak saling menumpuk dan memiliki jarak yang cukup agar dapat terpemanasan secara merata.

Langkah Duabelas: Memantau Proses Penetasan

Langkah duabelas adalah memantau proses penetasan telur dengan memeriksa suhu dan kelembaban dalam kotak styrofoam secara berkala. Pastikan bahwa suhu dan kelembaban tetap stabil selama proses penetasan.

Langkah Tigabelas: Menjaga Kebersihan Mesin Tetas Otomatis

Langkah tigabelas adalah menjaga kebersihan mesin tetas otomatis agar terhindar dari kuman atau bakteri yang dapat mempengaruhi kesehatan telur. Bersihkan mesin secara berkala dengan menggunakan sabun dan air bersih.

Langkah Empatbelas: Mengambil Telur yang Telah Menetas

Langkah empatbelas adalah mengambil telur yang telah menetas dari mesin tetas otomatis dan memindahkannya ke tempat yang aman. Jangan lupa untuk membersihkan tempat penetasan dan menyiapkan telur baru untuk proses penetasan selanjutnya.

Langkah Lima Belas: Menjaga Suhu dan Kelembaban untuk Telur yang Telah Menetas

Langkah lima belas adalah menjaga suhu dan kelembaban yang ideal untuk telur yang telah menetas agar dapat tumbuh dengan sehat dan kuat. Pastikan bahwa lingkungan tempat telur yang telah menetas memiliki suhu dan kelembaban yang ideal.

Langkah Enambelas: Menjaga Kondisi Mesin Tetas Otomatis

Langkah enambelas adalah menjaga kondisi mesin tetas otomatis agar dapat digunakan untuk penetasan telur berikutnya. Periksakan suhu dan kelembaban secara berkala dan lakukan perawatan mesin secara berkala agar mesin tetap berfungsi dengan baik.

Langkah Tujuhbelas: Memberikan Nutrisi yang Cukup untuk Telur yang Telah Menetas

Langkah tujuhbelas adalah memberikan nutrisi yang cukup untuk telur yang telah menetas. Anda dapat memberikan makanan seperti biji-bijian atau pelet untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ayam yang baru menetas.

Langkah Delapanbelas: Menjaga Kesehatan Ayam yang Telah Menetas

Langkah delapanbelas adalah menjaga kesehatan ayam yang telah menetas agar dapat tumbuh dengan sehat dan kuat. Pastikan bahwa lingkungan tempat ayam berada bersih dan sehat agar ayam tidak terkena penyakit.

Langkah Sembilanbelas: Mengenalkan Ayam pada Makanan dan Lingkungan Baru

Langkah sembilanbelas adalah mengenalkan ayam pada makanan dan lingkungan baru setelah ayam menetas. Pastikan bahwa makanan dan lingkungan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan ayam yang baru menetas.

Langkah Dua Puluh: Menikmati Hasil Jerih Payah Anda

Langkah terakhir adalah menikmati hasil jerih payah Anda dengan memiliki ayam yang sehat dan kuat. Anda dapat menggunakan telur dari ayam Anda sendiri sebagai bahan baku untuk masakan atau dapat menjualnya untuk keperluan lain.

Kesimpulan

Membuat mesin tetas otomatis mudah dan murah tidaklah sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, Anda dapat membuat mesin tetas otomatis dengan biaya yang terjangkau dan dapat digunakan untuk memproduksi ayam yang sehat dan kuat. Penting untuk memperhatikan suhu dan kelembaban selama proses penetasan serta menjaga kebersihan mesin tetas otomatis agar terhindar dari kuman atau bakteri yang dapat mempengaruhi kesehatan telur. Dengan menjaga kondisi ayam yang telah menetas dan memberikan nutrisi yang cukup, Anda dapat memiliki ayam yang sehat dan kuat. Selamat mencoba dan sampai jumpa pada artikel menarik berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *