tanaman hias yang cocok untuk anak

Tanaman Hias Untuk Anak-Anak dan Mudah Dirawat

Anak-anak sangat senang mengekplorasi hal baru. Sebagai orang tua, anda perlu memberikan dukungan. Bahkan akan lebih baik bila anak aktif daripada hanya sibuk di depan layar gawai. Salah satu hal yang menyenangkan dan bisa anda ajarkan ke anak adalah untuk menanam dan merawat tumbuhan hias. Ada banyak tanaman hias untuk anak-anak. Kalau anda perlu beberapa rekomendasi, anda langsung cek saja beberapa pembahasan berikut.

Aoa Saja Tanaman Hias yang Cocok untuk Buah Hati?

Mengenalkan anak dengan beragam tanaman hias memang sangat bagus. Mereka akan lebih bisa menghargai tumbuhan dan juga anak bisa belajar untuk bertanggung jawab. Sang buah hati pun bisa lebih aktif sehingga tidak sekedar memainkan gawai saja. Lalu, apa tanaman yang cocok untuk buah hati anda?

  1. Lidah mertua

Tanaman hias untuk anak-anak yang pertama adalah lidah mertua. Ada banyak jenis untuk tanaman sansevieria ini. Yang paling umum adalah daun yang panjang dan berdiri tegak dengan ujung yang runcing. Ada pula lidah mertua mini dengan bentuk daun yang lebih membulat. Anda bisa. Warna pun cukup beragam. Hal yang membuat lidah mertua cocok untuk anak-anak adalah ketangguhan tanamannya. Selain tidak mudah mati, perawatannya pun sangat gampang. Kalaupun sang buah hati lupa menyiramnya, lidah mertua tidak akan langsung mati atau layu begitu saja. Apalagi, daun lidah mertua sangat efektif untuk menyaring polusi udara.

  1. Pakis boston

Sebagian tanaman pakis memang tidak cocok untuk dirawat anak karena bisa beracun, bahkan juga untuk hewan peliharaan. Namun, ada juga pakis yang bisa menjadi tanaman hias untuk anak-anak dan salah satunya adalah pakis boston. Pakis pun relatif mirip dengan lidah mertua yang sangat tangguh dan tidak mudah mati. Walau anda jarang atau lupa menyiramnya, pakis masih akan tetap tumbuh dengan baik. pakis pedang dan pakis gadis pun bisa menjadi alternatif. Bentuk daunnya juga sangat cantik.

  1. Christmas cactus

Tanaman kaktus sebenarnya kurang cocok untuk anak-anak karena daunnya yang menyerupai duri dan bisa menusuk di tangan kalau buah hati anda sembarang menyentuh badan kaktus. Namun Christmas cactus atau schlumbergera cukup berbeda karena tanaman ini justru tidak mempunyai daun yang berdiri di sepanjang badannya. Anak-anak pun akan senang saat sudah waktunya bagi tanaman hias untuk anak-anak ini berbunga. Bentuk yang unik dan warna yang cantik tentu akan menjadi hiburan tersendiri dan sekaligus menjadi hadiah atas usaha sang anak selama merawat Christmas cactus.

  1. African violet

Tanaman cantik lainnya adalah african violet. Sesuai namanya, tempat atau ekosistem asli dari tanaman hias untuk anak-anak ini ada di Afrik Timur yang mempunyai iklim tropis sehingga tetap bisa tumbuh dengan baik di Indonesia. Bunga yang sangat cantik dengan warna violet memang menjadi daya tarik utama dari tumbuhan ini. Perawatannya juga mudah dan merupakan tumbuhan yang cocokĀ  untuk anda rawat di dalam rumah. Lebih lagi, daun dan daunnya tidak beracun sehingga aman walau ada balita yang secara tidak sengaja memakannya.

  1. Baby tears

Walau namanya demikian, tanaman hias untuk anak-anak berikut tidak akan membuat sang buah hati menangis. Tanaman dengan ukuran cukup kecil dan berdaun mini ini bakla berubah menjadi tumbuhan yang cantik saat sudah mulai berbunga. Warna putih kecil dan mengelompok akan muncul saat sudah waktunya untuk berbunga dan mekar. Baby tears bukan tumbuhan yang berasal dari Indonesia tapi dari wilayah Mediterania sisi utara. Namun, tumbuhan tetap bakal bisa berkembang dengan baik dan perawatannya tidak susah.

Tips Memilih Tanaman yang Cocok untuk Anak

Pilihan tanaman hias yang cocok untuk buah hati anda memang cukup banyak. Beberapa contoh yang ada hanyalah beberapa rekomendasinya saja. Lalu, bagaimana kalau anda ingin memiih tanaman lain? Apa yang harus anda perhatikan?

  1. Perawatan

Tanaman hias untuk anak-anak sebaiknya tidak memerlukan perawatan yang rumit. Dengan begitu, anda bisa mengajari anak untuk memperhatikan tanaman cukup dengan mengingat waktu penyiraman saja. Apalagi anak seringkali lupa menyiram. Kalau tanamannya cukup sensitif, tentu daun bisa layu dan tumbuhan bisa saja mati.

  1. Bentuk yang indah

Tanaman hias untuk anak-anak juga sebaiknya mempunyai bentuk yang indah atau menarik. Baik dari segi daun atau bunganya, setidaknya ada hal yang membuat anak merasa senang dan berminat untuk merawatnya. Apalagi kalau tanamannya bisa berbunga dan tidak perlu waktu lama untuk itu, anak akan lebih senang. Saat sudah mekar, itu serasa seperti hadiah karena sang buah hati sudah merawatnya dengan baik.

  1. Aman untuk anak

Keamanan anak pun juga perlu menjadi perhatian,. Misalkan saja kalau anda memilih kaktus sebagai tanaman hias untuk anak-anak, itu tentu bukan keputusan yang tepat karena kebanyakan kaktus mempuyai daun yang berduri dan bisa menyakiti anak anda. Lalu, ada tanaman yang baik bunga atau daunnya bisa berbahaya dan beracun. Kalaupun anak ternyata mempunyai alergi pada serbuk sari, anda harus mencarikan tanaman yang tidak mempunyai bunga.

Beberapa informasi yang ada bakal membantu anda untuk memilihkan tanaman hias untuk anak-anak. Ada banyak opsi yang bisa anda temukan dan anda bisa juga mengajak buah hati anda agar memilih sendiri tumbuhan yang ingin dia rawat. Nantinya, anda juga perlu memperhatikan karakteristik tumbuhan agar tidak berbahaya. Setelahnya, anda cukup mendampingi dan mengajari anak saja untuk merawat tumbuhan yang ada. Dengan begitu, buah hati anda tidak akan terlalu banyak menghabiskan waktu di gawai dan justru mempunyai kegiatan yang positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *