tanaman hias yang kuat melawan hama

Tanaman Hias Tahan Hama Serangga hingga Siput

Hama menjadi musuh dari tanaman. Tidak saja petani dan pemilik perkebunan saja yang kerepotan karena serangan hama dan penyakit di tanaman, tapi pemilik tanaman hias juga bisa cukup kesulitan untuk mengatasi kerusakan yang ada. Namun ternyata, ada beberapa tanaman hias tahan hama yang mempunyai kemampuan alami untuk mengusir hama serangga dan jenis lainnya. Selain efektif untuk mencegah dan mengusir hama, bentuk daun hingga bunganya pun sangat cantik.

Beberapa Jenis Tanaman Hias yang Kuat Melawan Hama

Adanya tanaman yang bisa mengatasi dan mengusir hama serangga tentu akan berguna. Selain anda tidak akan lagi takut kalau tanaman bakal rusak atau mati karena serangan beragam jenis hama serangga, anda bakal juga bisa memadukan tanaman yang ada di pekarangan anda agar tanamn lain lebih aman dari hama dan kecantikan taman anda tambah bagus karena variasinya. Lalu, apa saja tanaman yang bsia tahan terhadap serangan hama serangga

  1. Mint

Anda tentu tidak asing dengan tanaman hias tahan hama bernama mint. Daunnya sering menjadi hiasan di makanan dan bahkan menjadi bahan tambahan di beberapa jenis masakan. Tumbuhannya termasuk cukup kecil sehingga anda bisa menanamnya di pot dan anda tempatkan di meja kerja. Aroma khas dari mint memang sangat menyegarkan. Kalau anda senang menyeduh teh pun, tambahan daun mint bakal membuat aroma yang lebih sedap. Walau aromanya anda sukai, ternyata hama dan serangga tidak menyukainya. Nyamuk, semut, tikut, dan bahkan siput tidak menyukainya sehingga mint memang aman dari hama dan bisa mengusirnya juga.

  1. Petunia

Petunia adalah opsi lain untuk tanaman hias tahan hama. Tumbuhan dengan bunga yang cantik dan berwarna memukau ini memang sangat cocok untuk anda tanam di pot ataupun di pekarangan, apalagi di area yang cukup teduh. Namun siapa sangka, kecantikan yang ada dari petunia tidak disukai oleh  hama serangga. Kutu daun, kumbang, dan bahkan wereng sekalipun akan menghindari bunga petunia. Karenanya, anda bisa juga memadukannya di pekarangan agar hama tidak menyerang tumbuhan lain. Namun, anda wajib mengatur jarak sekitar 30 cm agar nantinya petunia tumbuh dengan baik dan tidak mengganggu tanaman lain.

  1. Krisan

Bunga lain yang sering menjadi hiasan dan dekorasi adalah krisan. Ini pun bisa menjadi opsi tanaman hias tahan hama. Berbeda dengan petunia yang perlu tempat teduh, krisan justru sangat perlu sinar matahari sehingga akan cocok ditempatkan di area yang tidak terlalu tertutupi oleh pohpn besar dan penghalang lainnya. selain bunga yang cantik dan banyak pilihan warnanya, krisan bakal sangat efektif untuk mengatasi hama serangga seperti laba-laba, semut, tungau, dan juga kutu.

  1. Basil

Basil merupakan tanaman hias tahan hama yang mirip dengan mint. Daunnya sangat khas dan mempunyai aroma yang sedap. Karenanya, basil cukup sering menjadi tambahan bahan masakan. Tanamannya relatif gampang untuk tumbuh. Aroma yang ada pun juga bisa mengusir hama serangga. Terutama kalau banyak lalat dan nyamuk, basil bakal efektif untuk mengusirnya.

  1. Calendula

Calendula adalah jenis tanaman hias tahan hama yang juga menyukai sinar matahari seperti krisan. Bentuk bunganya pun terkadang dianggap mirip seperti krisan walau tentu ada keunikan tersendiri dari warna dan bentuk kelopak dari calendula. Kalau anda mempunyai tanaman buah di pekarangan, calendula bisa mengusir hama cacing gelang yang sering menyerang buah saat sudah mulai masak. Lalu, kumbang dan kutu daun pun bisa hilang kalau ada calendula ini. Saat sudah mulai berbunga, andajuga bakal menemukan warna dan bentuk yang sangat cantik.

Opsi Tanaman Lain yang Efektif Mengatasi Siput

Hama yang muncul dan menyerang tanaman tidak saja berasal dari kategori serangga. Ada siput dan binatang melata lain yang sering merusak daun. Kalau itu pun sering menjadi masalah di pekarangan andal, ada beberapa tanaman yang cocok untuk mengatasinya.

  1. Euphorbia

Euphorbia adalah tanaman hias tahan hama yang bisa mengusir siput. Sebagai tumbuhan hias, anda akan bisa menikmati keindahan bunga yang khas dari euphorbia. Namun sebagai pengusir siput, tumbuhan ini bisa mengeluarkan atau memproduksi getah putih dengan rasa yang sangat efektif untuk mengusir siput dan hewan Mollusca lainnya. Lebih lagi, euphorbia merupakan jenis tanaman hias yang sangat tangguh dan bisa tumbuh di berbagai cuaca.

  1. Lavender

Bunga yang sangat cantik dengan warna keunguan ini meurupakan tanaman hias tahan hama siput. Bekicot dan sejenisnya tidak akan menyerang dan merusak tanaman-tanaman anda kalau ada lavender yang tumbuh di pekarangan anda. Aroma khas lavender yang sangt menenangkan dan begitu populer justru menjadi bau yang bisa mengusir siput dan bekicot. Selain itu, nyamuk dan serangga lainnya pun juga tidak senang dengan wangi dari lavender.

  1. Hortensia

Tanaman hias tahan hama siput lainnya adalah hortensia. Tumbuhan yang dikenal dengan bungan yang lebat, rimbun, dan cantik ini memang super memukau. Namun ternyata, hewan sejenis siput sangat membencinya. Hortensia pun sangat cocok untuk tumbuh di lingkungan yang lembap. Area itu tentu sering menjadi tempat bersembunyinya siput. Dengan anda menanam hortensia, tumbuhan bakal subur dan justru siput akan kabur sehingga taman anda akan aman dari serangan hama yang merepotkan tersebut.

Jenis tanaman hias tahan hama memang beragam. Anda pun tidak akan lagi perlu khawatir dengan serangan beragam serangga hingga siput kalau anda sudah menanam beberapa rekomendasi tumbuhan tersebut. Pastinya, masing-masing tanaman tidak saja cocok untuk menangkal hama, tapi ada daun hingga bunga yang sangat cantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *