Tutorial Membuat Jajanan Anak Untuk Bekal Sekolah

Categories :

Tutorial Membuat Jajanan Anak untuk Bekal Sekolah

Berjumpa lagi dengan Sahabat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jajanan anak untuk bekal sekolah. Membuat bekal sekolah yang sehat dan enak memang bukan perkara mudah, apalagi jika si kecil sangat memilih-milih dalam hal makanan. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa resep jajanan anak yang mudah dan praktis untuk dibuat.

1. Bolu Pisang

Bolu pisang adalah salah satu kue yang cukup populer di kalangan anak-anak. Selain rasanya yang enak, bolu pisang juga mudah dibuat. Siapkan tepung terigu, pisang matang yang sudah dihaluskan, telur, gula pasir, dan margarin. Campur semua bahan tersebut dan aduk hingga rata. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles dengan margarin dan taburan tepung terigu. Panggang dalam oven selama kurang lebih 30 menit. Bolu pisang siap dijadikan bekal untuk anak Anda.

2. Risoles

Risoles merupakan jajanan yang cukup populer di kalangan anak-anak. Isian risoles dapat bervariasi, tergantung selera anak. Anda bisa membuat isian daging ayam atau sayuran. Siapkan kulit lumpia yang sudah dibeli, bahan isian sesuai selera, telur untuk melapisi kulit risoles, tepung panir, dan minyak untuk menggoreng. Goreng risoles hingga kecoklatan dan tiriskan. Risoles siap dijadikan bekal untuk anak Anda.

3. Bola-Bola Ayam

Bola-bola ayam merupakan makanan yang enak dan praktis untuk dijadikan bekal anak. Siapkan daging ayam yang sudah dihaluskan, tepung roti, telur, bawang putih, bawang merah, merica, garam, dan minyak goreng. Campur semua bahan kecuali tepung roti dan minyak goreng. Ambil adonan sebesar bola pingpong dan gulingkan ke dalam tepung roti hingga terbalur rata. Goreng bola-bola ayam hingga kecoklatan dan tiriskan. Bola-bola ayam siap dijadikan bekal untuk anak Anda.

4. Kue Lumpur

Kue lumpur merupakan jajanan khas Indonesia yang cukup populer di kalangan anak-anak. Siapkan tepung terigu, susu, gula pasir, telur, dan margarin. Campur semua bahan hingga rata. Tuang adonan ke dalam cetakan dan panggang dalam oven selama kurang lebih 20-30 menit. Kue lumpur siap dijadikan bekal untuk anak Anda.

5. Salad Buah

Salad buah merupakan makanan sehat yang bisa dijadikan bekal untuk anak. Siapkan berbagai macam buah sesuai selera, seperti apel, jeruk, mangga, kiwi, dan sebagainya. Potong potong buah-buahan tersebut menjadi dadu kecil-kecil. Campurkan buah-buahan tersebut dalam mangkuk. Tambahkan yogurt dan madu sebagai dressing. Salad buah siap dijadikan bekal untuk anak Anda.

6. Kentang Goreng

Kentang goreng memang menjadi salah satu makanan favorit anak-anak. Siapkan kentang yang sudah dikupas dan dipotong sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Goreng kentang hingga kecoklatan dan tiriskan. Kentang goreng siap dijadikan bekal untuk anak Anda.

7. Nugget Ayam

Nugget ayam merupakan salah satu jajanan anak yang cukup populer. Siapkan daging ayam yang sudah dihaluskan, tepung roti, telur, bawang putih, bawang merah, merica, garam, dan minyak goreng. Campur semua bahan kecuali tepung roti dan minyak goreng. Bentuk adonan sesuai selera dan gulingkan ke dalam tepung roti hingga terbalur rata. Goreng nugget hingga kecoklatan dan tiriskan. Nugget ayam siap dijadikan bekal untuk anak Anda.

8. Pudding

Pudding merupakan salah satu makanan penutup yang disukai oleh anak-anak. Siapkan pudding instan yang sudah dibeli, susu, dan air. Campurkan semua bahan dan aduk hingga rata. Masak campuran tersebut hingga mendidih. Tuang campuran tersebut ke dalam cetakan dan dinginkan dalam lemari es selama beberapa jam. Pudding siap dijadikan bekal untuk anak Anda.

9. Pancake

Pancake merupakan makanan yang praktis dan mudah dibuat. Siapkan tepung terigu, telur, susu, gula pasir, dan mentega. Campur semua bahan hingga rata. Panaskan teflon dan oleskan mentega. Tuang adonan ke dalam teflon dan panggang hingga kecoklatan. Pancake siap dijadikan bekal untuk anak Anda.

10. Es Buah

Es buah merupakan minuman sehat yang bisa dijadikan bekal untuk anak. Siapkan berbagai macam buah sesuai selera, seperti semangka, melon, nangka, dan sebagainya. Potong buah-buahan tersebut menjadi dadu kecil-kecil. Tambahkan air kelapa dan es batu. Es buah siap dijadikan bekal untuk anak Anda.

11. Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan makanan yang praktis dan mudah dibuat. Siapkan nasi yang sudah matang, bawang merah, bawang putih, telur, kecap manis, garam, dan minyak goreng. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan telur dan aduk hingga matang. Masukkan nasi dan aduk rata. Tambahkan kecap manis dan garam secukupnya.
Tumis nasi hingga matang dan tercampur dengan bumbu. Nasi goreng siap dijadikan bekal untuk anak Anda.

12. Bakso Goreng

Bakso goreng merupakan jajanan anak yang cukup populer. Siapkan bakso yang sudah dibeli, tepung terigu, telur, tepung roti, dan minyak goreng. Kocok telur dan siapkan tepung roti di dalam mangkuk. Gulingkan bakso ke dalam tepung terigu, celupkan ke dalam telur, dan gulingkan kembali ke dalam tepung roti hingga terbalut rata. Goreng bakso hingga kecoklatan dan tiriskan. Bakso goreng siap dijadikan bekal untuk anak Anda.

13. Kue Cubit

Kue cubit merupakan kue yang praktis dan mudah dibuat. Siapkan tepung terigu, gula pasir, telur, susu cair, baking powder, vanili, dan mentega. Campur semua bahan hingga rata. Panaskan cetakan kue cubit dan olesi dengan mentega. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga penuh. Tunggu hingga kue matang dan balikkan hingga kecoklatan di kedua sisinya. Kue cubit siap dijadikan bekal untuk anak Anda.

14. Bakpao

Bakpao merupakan salah satu jajanan anak yang disukai. Siapkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, air, minyak goreng, dan isian sesuai selera, seperti daging ayam atau sayuran. Campur semua bahan kecuali isian. Aduk hingga kalis dan bulatkan adonan. Istirahatkan adonan selama beberapa menit. Ambil adonan dan pipihkan dengan rolling pin. Beri isian di tengah dan rapatkan. Letakkan bakpao di dalam kukusan dan kukus hingga matang. Bakpao siap dijadikan bekal untuk anak Anda.

15. Bolu Panggang

Bolu panggang merupakan makanan yang praktis dan mudah dibuat. Siapkan tepung terigu, gula pasir, telur, baking powder, susu cair, dan mentega. Campur semua bahan hingga rata. Olesi loyang dengan mentega dan tuang adonan ke dalam loyang. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan hingga matang. Bolu panggang siap dijadikan bekal untuk anak Anda.

16. Tempe Goreng

Tempe goreng merupakan makanan yang sehat dan bergizi. Siapkan tempe yang sudah dipotong sesuai selera. Goreng tempe hingga kecoklatan dan tiriskan. Tempe goreng siap dijadikan bekal untuk anak Anda.

17. Risoles

Risoles merupakan jajanan anak yang cukup populer. Siapkan kulit lumpia, tepung terigu, susu cair, bawang putih, bawang merah, kaldu ayam, dan isian sesuai selera, seperti wortel daging dll.

Tentunya membuat jajanan anak untuk bekal sekolah membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tapi Anda dapat melakukannya bersama dengan anak Anda di waktu luang. Selain bisa menambah keakraban, membuat jajanan bersama-sama juga bisa menjadi peluang edukasi bagi anak Anda untuk memahami jenis makanan yang sehat dan bergizi.

Nah, itulah beberapa ide jajanan untuk bekal sekolah anak Anda. Anda bisa menyesuaikannya dengan selera dan kebutuhan anak. Pastikan jajanan yang dibuat tidak hanya enak, tetapi juga sehat dan bergizi agar anak dapat tetap fokus dan aktif selama di sekolah.

Sekian tutorial membuat jajanan anak untuk bekal sekolah kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda dan keluarga. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel menarik berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *