Tanaman Hias Tahan Panas dan Daya Tariknya

Tanaman hias tahan panas bakal membuat rumah anda tambah menarik dan bahkan sejuk. Area halaman tak akan terlihat gersang dan sepi dengan adanya tumbuhan di sana. Ditambah lagi, karakteristik yang tahan terhadap panas akan sangat cocok bagi anda yang tidak punya cukup banyak waktu untuk memperhatikan tanaman. Tak hanya untuk di luar rumah, tapi suasana di dalam ruang pun akan tambah menarik.

Beberapa Pilihan Tanaman Hias Tahan Panas

Tanaman memang perlu adanya air dan sinar matahari untuk tetap tumbuh. Namun, kebutuhan tiap pohon dan tumbuhan akan berbeda untuk dua hal tersebut. Di antara banyaknya pilihan yang ada, beberapa di antaranya bisa tumbuh dengan suasana yang panas dan tanah yang cukup kering. Kalau anda memang mencari tumbuhan yang tidak perlu terlalu sering disiram, berikut adalah beberapa pilihannya.

  1. Kaktus

Tanaman hias tahan panas pertama yang paling cocok adalah kaktus. Tumbuhan yang satu ini secara biologis dan habitatnya memang cocok untuk suhu yang tinggi. Bahkan,  kaktus bisa hidup di padang pasir. Bagian tumbuhnya digunakan untuk menyimpan air dan daunnya berbentuk duri untuk memperkecil penguapan air. Bentuk kaktus tentu sudah tidak perlu direagukan lagi, dan ada banyak variasinya. Baik anda ingin menanamnya di luar ruangan, di pekarangan, atau untuk menghias meja kerja anda, anda akan selalu bisa temukan kaktus yang cocok. Warna dan bentuknya pun unik-unik sehingga tentu suasana akan tambah bagus karena kaktus.

  1. Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya menjadi opsi tanaman hias tahan panas lainnya.  Walau lidah buaya mempunyai daun yang tebal dan serasa berisi cairan, ternyata lidah biaya tidak perlu intensitas air yang terlalu tinggi untuk bisa hidup. Mirip seperti kaktus, lidah buaya bisa tumbuh juga di wilayah yang panas. Lalu, tumbuhan ini bisa cocok untuk beragam lokasi penamaman. Baik itu di pekarangan ataupun di pot yang anda tempatkan di dalam ruangan, lidah buaya akan tetap  tampak cocok. Apalagi, manfaat dari aloe vera cukup banyak, dan salah satunya adalah untuk kesehatan rambut dan pengobatan luka di kulit.

  1. Lavender

Kalau kaktus dan lidah buaya dirasa terlalu umum, anda bisa mempertimbangkan lavender. Tanaman hias tahan panas yang satu ini juga bisa menjadi opsi yang jelas bakal sangat istimewa. Bentuk bunga dan warnanya pasti bakal memikat. Apalagi, ada aroma yang khas dari lavender yang pastinya bakal membuat suasana rumah menjadi lebih istimewa. Tumbuhannya cukup bisa beradaptasi dengan baik di wilayah yang panas. Anda pun tak hanya bisa menanamnya di pot, tapi juga bisa langsung di pekarangan. Namun, perawatannya memang lebih sulit daripada saat merawat kaktus dan lidah buaya. Meski begitu, upaya anda bakal membuahkan hal yang spesial saat lavender sudah mulai berbunga.

  1. Zinnia

Banyak orang mungkin belum mengenal nama tumbuhan ini.  Zinnia adalah tumbuhan dengan warna bunga yang cantik. Warna yang ada cukup beragam, seperti ungu dan merah. Tanamannya relatif gampang untuk tumbuh, baik di tanah pekarangan ataupun di pot. Karena merupakan tanaman hias tahan panas¸ anda tak perlu khawatir dengan temperature yang cukup tinggi atau paparan sinar matahari yang ada sepanjang hari. Tanaman akan tumbuh dengan baik dan bahkan bisa mulai berbunga sekitar tiga minggu usai anda menebar benihnya. Harga benihnya pun  relatif murah sehingga anda tak  akan menemukan kendala untuk menanamnya.

  1. Bougenville

Tanaman hias tahan panas bunga lainnya adalah bougenville. Anda tentu sudah tidak asing dengan tumbuhan ini karena banyak rumah juga yang mempunyai tumbuhannya. Saat sudah musim berbunga, anda bakal melihat banyak kelopak di berbagai bagian tanaman sehingga terlihat sangat cantik. Tekstur bunganya pun tipis seperti kertas sehingga banyak juga yang menyebutnya sebagai bunga kertas. Kalau anda ingin menempatkannya di dalam rumah, anda bisa membuatnya menjadi bonsai. Dengan begitu, ukurannya tidak akan terlalu besar, dan justru bentuknya akan tambah unik untuk menghias ruangan.

Apa Keunggulan Tanaman Hias Tahan Panas?

Ada cukup banyak opsi tanaman yang bisa beradaptasi dengan lingkungan yang panas dan cukup kering. Tentu saja, keuntungan dan keunggulan dari tanaman hias tahan panas pun cukup banyak. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Tumbuhan yang cantik

Karena merupakan tanaman hias tahan panas, tentu bentuk hingga warnanya pun bakal menarik. Kaktus hingga bunga zinnia dan bougenville mempunyai daya tarik masing-masing yang bakal memperindah rumah anda.

  1. Perawatan yang praktis

Keuntungan lain dari tanaman hias tahan panas adalah perawatannya yang tidak terlalu rumit. Dengan usaha yang minimal, tumbuhan bakal tetap bisa berkembang dengan baik. Karena juga mampu beradaptasi dengan suhu yang cukup panas, anda tidak harus menyiram tanamannya terlalu sering. Ini bakal cocok untuk anda yang cukup sibuk tapi tetap ingin mempunyai tanaman yang indah.

  1. Membuat rumah tambah sejuk

Tentu saja, tanaman akan selalu memberikan kesejukan. Baik dari segi pemandangan hijau yang ada ataupun karena pasokan oksigen, anda bakal bisa mendapatkan semuanya. Bahkan kaktus yang tampak hanya mempunyai daun kecil pun bakal tetap memberikan kesejukan di rumah anda.

Ada beragam hal menarik tentang tanaman hias tahan panas. Jenisnya jelas sangat variatif, mulai dari tanaman yang biasa ataupun yang mempunyai bunga cantik. Manfaatnya pun beragam, dan salah satunya adalah perawatan yang gampang serta kondisi tumbuhan yang tangguh di beragam situasi cuaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *