Agar Tumbuh Subur, Gunakan 4 Bahan Untuk Budidaya Tanaman Hias Berikut Ini

Keberadaan tanaman hias kerap dimanfaatkan sebagai media untuk membersihkan udara sekaligus penghilang stres. Agar tanaman hias tumbuh dengan subur, penting sekali memilih bahan untuk budidaya tanaman hias terbaik. Sebagai referensi untuk Anda, di bawah ini adalah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman hias.

Kulit Pisang

Kulit pisang memiliki kandungan fosfor dan potasium yang tinggi. Kedua kandungan zat ini sangat dibutuhkan oleh tanaman hias. Tidak hanya bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan, kulit pisang juga bisa memperkuat tanaman hias dan melindunginya dari segala penyakit.

Caranya, potong-potong kulit pisang hingga memiliki ukuran yang kecil. Kemudian taburkan potongan kulit pisang tersebut ke dalam tanah hingga mendekati akar. Anda juga bisa mengekstrak nutrisi kulit pisang dengan merendamnya menggunakan air tawar selama kurang lebih 3 hari. Setelah itu, semprotkan cairan yang berisi kulit pisang ke tanaman hias.

Kulit Bawang Merah

Saat memasak, jangan langsung membuang kulit bawang merah. Sebab, kulit bawang merah bisa diolah sebagai bahan penyubur tanaman hias. Kulit bawang mengandung kalsium, zat besi, potasium, tembaga dan zat besi yang mampu menghambat pertumbuhan gulma pada tanaman hias.

Cara menggunakan kulit bawang merah untuk menyuburkan tanaman hias cukup mudah. Pertama, siapkan 2 sampai 3 genggam kulit bawang merah dan rendam selama 24 jam di dalam 1 liter air. Setelah itu, siram tanaman hias menggunakan rendaman kulit bawang merah sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sebulan.

Cangkang Telur

Cangkang telur yang kaya akan kalsium sering kali digunakan sebagai bahan untuk budidaya tanaman hias agar bisa tumbuh subur. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tanaman yang kekurangan kalsium rentan mengalami pembusukan. Cangkang telur berperan dalam membangun dan memperkuat struktur sel tanaman hias sehingga bisa menggantikan fungsi pupuk.

Cangkang telur yang digunakan untuk menyuburkan tanaman hias harus dalam keadaan bersih dan kering. Selanjutnya, hancurkan cangkang telur hingga halus dan taburkan secara merata ke permukaan tanah.

Ampas Kopi Atau Teh

Terakhir, Anda bisa menggunakan ampas kopi atau teh. Dalam teknik budidaya tanaman hias, ampas kopi atau teh bisa dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan kadar oksigen, mengurangi konsentrasi logam berat serta mengusir berbagai hama tanaman.

Anda hanya perlu menaburkan ampas kopi atau teh ke permukaan tanah secara merata. Zat-zat yang terkandung di dalam ampas kopi atau teh nantinya akan diserap oleh tanah.

Itulah beberapa bahan untuk budidaya tanaman hias agar bisa tumbuh dengan subur. Semua bahan di atas bisa Anda dapatkan dengan mudah di rumah. Anda juga bisa menghemat lebih banyak biaya serta mengurangi penggunaan pupuk berbahan kimia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *