Tanaman Hias Mawar yang Sangat Cantik dan Harum

Mawar merupakan salah satu bunga yang paling populer di dunia. Bahkan, sebagian besar orang akan langsung memikirkan mawar ketika ada yang menanyakan atau membicarakan tentang bunga. Keindahan dari segi warna, bentuk, hingga aroma dari tanaman hias mawar memang sangat khas dan tidak pernah gagal untuk memikat orang. Bahkan, mawar sering menjadi simbol perasaan cinta dan kasih sayang. Namun, anda tentu perlu tahu apa saja jenis-jenis mawar yang sangat populer bila ingin menanamnya di rumah.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Mawar

Mawar memang mempunyai banyak jenis. Sebagian orang hanya tahu jenis bunga ini dari segi warnanya saja. Padahal, bentuk dan aspek lainnya membuat ada banyak variasi mawar. Kalau anda penasaran, berikut adalah beberapa tanaman mawar yang cukup umum.

  1. Mawar eden

Tanaman hias mawar eden pertama kali muncul di luar negeri. Tepatnya di tahun 1985, ada ajang  Meiland International dan mawar eden muncul dan mulai banyak mempunyai penggemar sejak saat itu. Bentuknya jelas cantik, namun hal yang sangat menarik adalah ukurannya. Diameternya bisa mencapai 10 cm dan kelopaknya pun bisa sangat banyak. Ukuran mawar eden yang besar bisa mempunyai sekitar 70 helai kelopak. Tanamannya juga bisa tumbuh cukup besar dan ukuran maksimal yang sering dijumpai adalah sekitar 3 meter. Warnanya pun unik dengan merah muda di bagian tengah dan semakin ke sisi luar, warnanya semakin putih cerah.

  1. Mawar kubis

Tanaman hias mawar kubis pun cukup populer. Namanya memang unik tapi ini bukan masuk kategori sayuran. Nama tersebut muncul karena bentuk dan susunan kelopaknya tampak seperti yang ada di kubis. Kelopaknya berukuran cukup besar dan tumbuh dngan susunan melingkar dan saling bertumpuk secara rapat. Berbeda dengan mawar eden, mawar kubis terbilang kecil dari segi tanaman. Biasanya, ukuran hanya sampai sekitar 50 cm saja sehingga akan cocok anda tanam di pot ataupun di pekarangan. Namun, mawar kubis perlu perhatian khusus karena karakteristik tanamannya cukup rentan terhadap serangan hama.

  1. Mawar double delight

Tanaman hias mawar double delight menjadi opsi lain yang sangat cantik. Bahkan, banyak orang sangat menyukainya karena warna yang ada. Kalau mawar eden mempunyai warna pink di sisi dalam dan memutih ke arah luar, double delight mempunyai sisi kelopak dalam yang putih dan membentuk gradasi berwarna merah di sisi luar. Kelopaknya tidak terlalu banyak dan hanya sekitar 30 helai saja. Namun, aromanya dikenal sangat kuat dan ini menjadi alasan kenapa orang menyukainya. Ditambah lagi, daunnya berwarna hijau tua sehingga menciptakan kontras yang menarik dengan kelopak bunga yang ada. Untuk menjadikannya tanaman hias, sinar matahari menjadi elemen penting karna semburat merah di double delight sangat dipengaruhi oleh sinar matahari.

  1. Mawar musk

Tanaman hias mawar musk bisa pula menjadi opsi yang tak kalah cantik dan mempesona. Musk tentu tidak asing karena merupakan salah satu wangi yang umum di beragam parfum. Hal ini ternyata juga berkaitan dengan mawar musk karena wangi yang ada di parfum tersebut bersumber dari jenis mawar ini.  Tanamannya merupakan jenis merambat dengan batang utama yang bahkan bisa mencapai 10 meter. Berbeda dengan mawar lainnya, kelopaknya bergelombang dan tidak mempunyai susunan yang banyak. Warna yang umum memang putih tapi ada juga pink dan kuning. Sudah pasti, daya tariknya memang ada di aroma musk yang sangat khas dan bahkan cukup kuat.

  1. Mawar sunsprite

Tanaman hias mawar sunsprite menawarkan warna yang berbeda dari empat opsi lainnya. Kuning yang cerah dan cantik menjadi karakteristik dari mawar sunsprite. Uniknya, warna kuningnya sangat pekat dan tidak akan  mudah memudar walau sudah anda petik dan simpan di vas sekalipun. Karenanya, orang memang senang dengan keindahan dan kecantikannya yang awet. Dari segi aroma, anda bisa menemukan kesan manis yang menyenangkan. Kalau anda juga mencari tanaman yang rimbun, mawar sunsprite pun sangat tepat karena jenis daunnya tumbuh dengan cukup lebat sehingga rumah bakal tampak lebih segar. Lebih lagi, karakteristik tanamannya ternyata justru kuat terhadap serangan hama.

Ciri Khas dari Tanaman Mawar

Variasi dan jenis mawar memang sangat banyak. Masing-masing mempunyai kecantikan dan daya tarik tersendiri. Walau begitu, ada beberapa hal yang menjadi persamaan dan merupakan ciri-ciri biologis dari bunga mawar.

  1. Akar

Tanaman hias mawar mempunyai akar yang khas. Bentuknya agak bulat dan memanjang. Pertumbuhannnya pun cenderung ke bawah dan tidak terlalu menyebar dengan warna coklat tua.

  1. Batang

Tanaman hias mawar mempunyai batang yang khas. Ukurannya memang tidak cukup besar dan mempunyai cabang yang cukup acak. Namun, hal yang paling umum adalah adanya duri. Sebenarnya, itu memang menjadi salah satu pertahanan diri yang dimiliki tanaman mawar. Karena batang yang tidak tebal dan rentan, adanya duri bisa mencegah adanya predator dan hama yang bisa merusak tanaman. Batang juga menjadi cara perkembangbiakan  karena  stek batang bisa dilakukan di tanaman mawar.

  1. Daun

Bentuk dan tingkat pertumbuhan daun di tiap jenis mawar bisa berbeda. Bahkan ada tanaman hias mawar yang tumbuh dengan lebat seperti mawar sunsprite. Namun, hal yang khas dari bentuk daunnya adalah tepian yang  berpola gerigi dan runcing.

  1. Bunga

Bagian terbaik dari tanaman hias mawar memang di bentuk bunga. Namun uniknya, mawar mempunyai bentuk yang beragam, termasuk di bentuk dan susunan kelopaknya. Kebanyakan, satu bunga mempunyai sekitar 30 kelopak. Warna bunga di tanaman mawar pun berbeda-beda, mulai dari putih, merah, hingga kuning.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *