semaian untuk tanaman hias

Bibit Tanaman Hias yang Gampang Dirawat serta Tips Memilihnya

Menanam tumbuhan hias bakal mempercantik rumah anda. Baik di area pekarangan atau di dalam ruangan, anda bakal mendapatkan efek positif dari adanya tanaman di sana. Untuk mendapatkan tumbuhan yang tepat, ada orang yang memilih untuk membeli yang sudah dalam bentuk pot. Namun, ada juga yang membeli bibit tanaman hias karena dirasa lebih murah. Lalu, apa saja bibit yang cocok untuk tanaman di rumah anda?

Bibit Tanaman Hias yang Gampang Tumbuh

Pilihan untuk bibit dari tanaman hias memang sangat banyak.  Walau begitu, anda yang tidak terlalu mahir dengan bercocok tanam dan tidak punya banyak waktu lebih baik membeli bibit yang gampang untuk tumbuh tanpa perawatan ekstra. Kalau anda ingin tahu apa saja bibit yang cocok, berikut adalah rekomendasinya.

  1. Marigold

Bibit tanaman hias pertama yang bisa masuk di rekomendasi adalah marigold. Tumbuhan dengan bentuk bunga dan aroma yang khas ini termasuk salah satu jenis tanaman yang bibitnya gampang tumbuh. Bunga yang biasa disebut juga bunga tahi ayam ini memang bisa berkembang di beragam jenis tanah. Bahkan, anda tidak perlu komposisi media tertentu bila ingin  menanam bibitnya di pot. Selama peyiraman cukup teratur dan tanahnya pun mempunyai persediaan unsur hara yang cukup, marigold bakal bisa tumbuh dengan baik.

  1. Sansevieria

Opsi untuk bibit tanaman hias lain yang gampang perawatannya adalah sensevieria atau lidah mertua. Ada banyak jenis yang populer sekarang, mulai dari yang warnanya hijau gelap hingga daun yang mempunyai corak yang lebih cerah dengan garis kuning di tepinya. Ukurannya pun beragam. Walau sangat variatif, ada satu kesamaan yaitu perawatan yang sederhana. Lidah mertua bisa tumbuh dengan baik dengan atau tanpa sinar matahari. Anda bahkan tidak harus menyiramnya setiap hari. Walau begitu, pertumbuhannya bakal cukup cepat sehingga daunnya bakal bisa cukup tinggi dengan tempo yang lumayan singkat.

  1. Lucky bamboo

Lucky bamboo adalah opsi lain untuk bibit tanaman hias yang gampang tumbuh tanpa perawatan ekstra. Sesuai namanya, tumbuhan diyakini bisa membawa keberuntungan bagi yang menanamnya. Walau terlihat seperti bambu dan namanya juga demikian, ini sebenarnya bukan masuk di jenis bambu tertentu. Hanya tampilan dan bentuknya yang beruas saja yang mirip.  Untuk menumbuhkan lucky bamboo, anda bahkan bisa menggunakan tempat transparan dan diisi dengan air. Media tanam berupa air saja memang sudah sangat cukup agar lucky bamboo bisa tumbuh.

  1. Bunga tasbih

Bibit tanaman hias lain dengan bunga yang indah adalah bunga tasbih. Nama aslinya adalah canna. Daun dari bunga tasbih sangat khas dengan ukuran yang cukup besar dan terlihat seperti daun pisang dengan permukaan yang halus ketika anda sentuh. Bunganya pun cantik dengan variasi warna yang sangat beragam. Agar bibit canna bisa tumbuh dengan baik, anda hanya perlu menyiramnya satu kali sehari. Selama tumbuhnya di area dengan sinar matahari dengan durasi yang cukup lama, bunga dan tanamannya bakal tumbuh dengan baik.

  1. Bunga tabebuya

Kalau anda ingin bibit tanaman hias untuk nantinya tumbuh dengan ukuran besar dan cantik, tabebuya adalah opsi yang menarik. Bunganya terlihat seperti sakura kalau dari kejauhan. Bahkan, bunga bakal berguguran dan tampak sangat indah saat memang sedang musim berbunga. Ukurannya memang besar dan bisa cukup rindang. Nantinya saat sudah mulai berbunga, semua cabang bakal serasa ditumbuhi kelopak yang indah. Walau begitu, perawatan yang ada justru sangat mudah selama tanahnya tidak terlalu kering.

Tips Memilih Bibit yang Tepat

Ada banyak jenis bibit untuk tanaman yang cocok untuk menghias rumah anda. Ukurannya pun beragam dengan karakteristik daun hingga bunga yang serba unik. Kalau kemudian anda memang ingin merawat tanaman hias sejak dari bibit Tentu saja, anda juga perlu tahu cara memilih bibit yang cocok dan tepat.

  1. Pertimbangkan jenis tanaman

Pertama-tama, anda tentu perlu tahu jenis bibit tanaman hias yang anda inginkan. Kalau pun anda bingung, anda bisa persempit pencarian dari kategori tertentu. Misalkan, anda cari tanaman dengan bunga atau daun yang menarik. Masing-masing bakal mempunyai karakteristik tersendiri, termasuk bila anda mencari tanaman hias gantung hingga tumbuhan untuk di area indoor.

  1. Memperhatikan tempat pertumbuhannya

Tiap bibit tanaman hias pun mempunyai kondisi berbeda-beda agar tumbuh. Ada tanaman yang harus tumbuh dengan intensitas sinar matahari tinggi. Di sisi lain, ada tumbuhan yang justru lebih cocok untuk tempat yang teduh. Dengan begitu, anda sekaligus bisa mencari tanaman indoor atau outdoor yang cocok.

  1. Memastikan asal bibitnya

Anda bisa meminta hingga membeli beragam bibit tanaman hias. Namun kalau anda ingin serta tartaric untuk beli, ada baiknya bila anda pastikan dulu penjualnya memang kredibel dan terpercaya. Apalagi untuk tanaman dengan harga yang cukup mahal, kualitas dan kredibilitas dari penjual tanamannya patut menjadi catatan penting agar nantinya anda tidak membuang duit anda secara percuma. Selama penyedia bibitnya sudah profesional, tentu anda bakal mendapatkan tanaman yang nantinya bisa tumbuh dengan baik.

  1. Mencari tahu info dan referensi

Hal yang tak kalah penting adalah untuk mencari tahu informasi dari berbagai sumber. Cara termudah adalah untuk mencari referensi terkait bibit tanaman hias secara online. Anda bisa menemukan info tentang karakteristik tanaman hingga gambar ketika nantinya bibit sudah menjadi tanaman yang besar. Ini sekaligus menjadi cara untuk menghindari penipuan, terutama kalau anda memang berniat membeli bibit tanaman tertentu yang mahal. Dengan sudah tahu info tertentu, anda tidak akan mudah dibohongi dan lebih paham untuk mencari bibit yang bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *