Tanaman Hias Kaktus yang Mempesona dan Tips Merawatnya

Kaktus adalah suatu tanaman yang menarik. Bentuk batang hingga daunnya sangat berbeda dengan tumbuhan kebanyakan. Hal tersebut membuat orang tertarik untuk menanam kaktus dan merawatnya. Sekarang pun ada cukup banyak opsi untuk tanaman hias kaktus. Ukuran hingga bentuk dan warna pun bervariasi yang bakal sangat cocok untuk mempercantik rumah.

Beberapa Tanaman Hias Kaktus yang Populer

Ada beragam jenis kaktus. Bentuknya pun berbeda walau secara umum daun dan karakter lainnya mempunyai kesamaan, apalagi di bentuk serta  ukuran daun yang menyerupai duri. Ada banyak daya tarik yang membuat kaktus bisa menjadi tumbuhan hias yang cantik. Lalu, apa saja jenis kaktus yang bagus.

  1. Kaktus koboi

Tanaman hias kaktus yang paling populer adalah jenis Cereus peruvianus. Bentuk dari kaktus koboi cukup umum dan ukurannya bisa menjadi cukup besar. Ketinggiannya pun bisa mencapai dua meter. Bentuk badan atau batang utamanya cukup lurus dengan duri yang khas seperti duri. Bentuk dan karakter kaktus koboi membuatnya cocok untuk indoor dan outdoor. Bahkan kalaupun menanamnya langsung di tanah, tidak akan ada masalah sama sekali dan kaktusnya bisa tumbuh dengan baik. Pertumbuhannya mengikuti arah sinar matahari. Agar tidak membelok atau bengkok, anda tinggal menggeser atau mengubah posisi kaktus agar menyesuaikan arah matahari.

  1. Astrophytum

Kalau kaktus koboi sangat populer dengan pertumbuhan yang bisa cukup besar, astrophytum adalah opsi tumbuhan yang ukurannya tidak begitu besar. Bahkan kalau anda ingin mencari tanaman hias kaktus yang cocok untuk menghias meja kerja atau di sisi jendela, astrophytum adalah pilihan yang pas. Bentuk tanamannya cukup unik karena menyerupai buah belimbing. Lalu, jumlah daunnya tidak terlalu banyak dan tidak panjang pula. Bahkan, kadang justru anda tidak akan bisa melihat daunnya dengan jelas.

  1. Kaktus medusa

Tanaman hias kaktus lainnya mempunyai nama yang cukup mencengangkan dan bahkan menakutkan. Sebutan yang ada tidak terlepas dari bentuk kaktus medusa ini. Kalau jenis kaktus sebelumnya mempunyai bentuk yang cukup besar dan lebar dengan badan yang tumbuh ke atas, kaktus medusa cukup berbeda. Pertumbuhannya menjulur seperti ular di kepala medusa. Ukurannya tak terlalu besar dengan daun berbentuk duri yang cukup panjang dan lebat. Karena karakter pertumbuhannya, kaktus medusa lebih cocok untuk anda menggantungnya agar nantinya batangnya bisa tumbuh ke bawah dan menjuntai dengan indah.

  1. Kaktus pagoda

Opsi lain yang tak kalah keren dan menarik adalah kaktus pagoda. Bentuk pertumbuhannya mirip dengan kaktus koboi yang bisa lurus dan menjadi cukup tinggi. Namun, tanaman hias kaktus ini mempunyai perbedaan di bentuk batangnya. Permukaannya lebih bergelombang. Bentuk sisi-sisinya pun terlihat lebih acak dibandingkan kaktus koboi yang lebih lurus dan teratur di penampangnya. Ditambah lagi, cabang bisa muncul sehingga kaktus pagoda tampak lebih ramai dan rapat dengan banyak bagian yang ada.

  1. Kaktus zebra

Dari contoh tanaman hias kaktus yang sudah disebutkan, kaktus zebra menjadi yang paling berbeda. Sekilas, orang mungkin malah bakal mengira kalau ini adalah jenis dari lidah buaya karena bentuknya sangat mirip. Hanya saja, ukuran daunnya lebih ramping dengan ujung yang lebih tajam. Lalu, ada pola warna yang menarik seperti badan zebra. Warna hijau berpadu dengan garis horizontal berwarna putih. Selain unik, perawatannnya rrelatif gampang.

Tips Perawatan yang Tepat untuk Kaktus

Kaktus memang unik dan sangat cocok untuk menjadi pilihan tanaman hias. Secara umum, merawat tumbuhan ini memang gampang. Namun tetap saja ada hal yang wajib menjadi perhatian anda. Beberapa poin berikut bisa jadi referensi tambahan kalau anda ingin mempunyai kaktus.

  1. Pencahayaan yang cukup

Di habit dan ekosistem aslinya, kaktus memang hidup di kondisi tanah yang cukup kering dengan suhu yang lumayan tinggi sehingga daunnya pun menjadi lebih kecil untuk memperkecil pemuaian air. Karenanya, cahaya matahari sangat diperlukan agar tanaman hias kaktus bisa tumbuh dengan baik. Justru kalau ditempatkan di area yang teduh dan bahkan tidak terkena sinar matahari, kaktus tidak bisa tumbuh dengan baik.

  1. Penyiraman air yang tepat

Seperti yang sudah disebutkan, kaktus biasa tumbuh di area dengan air yang cukup terbatas. Hal itu pun juga menjadi karakteristik dari tanaman hias kaktus. Oleh karenanya, tingkat penyiraman air menjadi hal yang wajib diperhatikan. Sebisa mungkin tanah atau media tanam tidak menjadi basah atau menggenang. Penyiraman bisa anda lakukan saat tanahnya memang sudah agak kering saja.

  1. Tersedianya lubang di pot

Kalau anda menggunakan pot untuk merawat tanaman hias kaktus, anda wajib memastikan kalau ada lubang di sisi bawahnya. Dengan begitu, air yang berlebihan akan bisa keluar dari pot dari lubang di sisi bawah. Ini bakal mencegah batang membusuk karena terlalu banyak air di tanah atau media tanam.

  1. Pemberian pupuk

Hal yang tak kalah penting adalah untuk memberikan pupuk. Tetap saja tanaman kaktus bakal membutuhkan nutrisi di tanah untuk bisa tumbuh. Kalau media tanamnya tidak pernah anda ganti dan anda pun jarang memberikan pupuk, kaktus bisa kekurangan nutrisi di tanah dan pertumbuhannya kurang efektif.

Jenis untuk tanaman hias kaktus memang sangat banyak. Ukuran dan detail-detaill yang ada hingga warna pun menjadi hal yang menambah daya tarik dari kaktus. Agar tumbuhannya bisa tumbuh dengan baik, anda perlu perhatikan juga beberapa tip perawatan yang sudah ada. Dengan begitu, kaktus bakal bisa tumbuh dengan baik dan bahkan nantinya bisa menampakkan bunga yang cantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *