Tanaman Hias Pembersih Udara yang Menyehatkan Rumah

Tanaman hias tidak saja menjadi tumbuhan yang mempercantik ruangan dan rumah anda. Karena merupakan jenis tumbuhan, daunnya tentu juga melakukan proses fotosintetis yang akan menyerap karbondioksida di udara dan mengeluarkan oksigen. Menariknya, ada beberapa tanaman hias pembersih udara yang tidak sekedar menyerap karbondioksida saja. Ada beberapa tumbuhan menarik yang bisa menjadi air purifier di rumah anda.

Beberapa Pilihan Tanaman Hias Pembersih Udara

Rumah memang menjadi serasa lebih asri dan natural dengan adanya tanaman hias. Daun yang hijau, bunga yang cantik, hingga bentuk batang yang menarik bisa membuat rumah lebih indah juga. Namun ternyata, ada beberapa tanaman yang bisa mempunyai fungsi menarik, yaitu sebagai pembersih udara. Di tengah situasi perkotaan yang tengah marak dengan polusi, beberapa tanaman ini tentu menjadi solusi yang menarik.

  1. English ivy

Tanaman hias pembersih udara pertama yang patut anda pertimbangkan adalah English ivy. Namanya memang unik dan mungkin kurang populer banyak banyak orang. Nama ilmiahnya merupakan Hedera helix dan merupakan jenis tanaman yang merambat. Untuk urusan fungsinya sebagai pembersih udara, ada cukup banyak zat kimia yang bakal bisa berkurang di rumah. tumbuhan hias ini bisa membersihkan benzena, formaldehida, hingga xilena dan karbonmonoksida. Selain itu, daunnya mempunyai aroma yang khas dan segar sehingga bisa menjadi pengharum ruangan. Kalau anda pun merasa rumah anda agak lembap, English ivy bisa menjadi solusi karena ini bisa menyerap kelembapan. Itulah kenapa banyak orang yang menempatkannya di kamar mandi untuk mencegah jamur. Namun, anda perlu perhatikan agar jangan sampai binatang peliharaan memakan daunnya karena ini termasuk beracun.

  1. Krisan

Tanaman hias pembersih udara lainnya adalah krisan. Nama ilmiahnya adalah chrysanthemum. Bunganya yang indah dan warna-warni membuat orang menyukainya. Tumbuhannya juga bisa anda tempatkan di dalam atau luar ruangan sehingga fleksibel. Dari penelitian yang dilakukan NASA, ada penemuan menarik terkait penyerapan udara dari krisan. Ternyata, tanaman hias ini bisa menyerap dan menyaring udara dengan baik. Bahkan, NASA menyebutnya sebagai salah satu tumbuhan filter polutan terbaik. Beberapa gas dan polutan yang bisa krisan saring adalah benzene, formalin, dan ammonia. Masalah pernafasan pun akan sangat jarang anda alami sambil anda menikmati keindahan bunganya.

  1. Lidah mertua

Tanaman hias pembersih udara bisa anda temukan juga di lidah mertua. Tumbuhan dengan daun yang memanjang dan berdiri tegak ini memang sudah sangat umum menjadi hiasan di banyak rumah dan bangunan. Warna dan jenis tumbuhannya pun beragam.Orang juga menyukainya karena perawatannya sangat mudah. Siapa sangka kalau ternyata lidah mertua pun sangat efektif untuk membersihkan udara. Bahkan, tumbuhan ini menjadi salah satu air purifier alami paling bagus yang bisa anda tanam di ruangan. Bahkan, pelepasan oksigen juga bisa tetap berlangsung  walau di malam hari karena metabolisme lidah mertua yang unik.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya atau Aloe vera pun menjadi opsi lain untuk tanaman hias pembersih udara. Tanaman yang dikenal sebagai penghasil nutrisi rambut dan penyembuh luka ini ternyata bisa juga membuat udara di rumah lebih sehat. Formaldehida dan benzene adalah dua senyawa gas berbahaya yang bakal berkurang kadarnya karena adanya lidah buaya di rumah anda. Pastinya, perawatan aloe vera juga super mudah karena hanya perlu memastikan tumbuhan mendapatkan air dan sinar matahari yang cukup.

  1. Spider plant

Beberapa tanaman hias pembersih udara yang sudah masuk rekomendasi mempunyai ukuran yang bisa cukup besar. Namun kalau anda mencari tanaman yang cukup kecil dan bisa ditempatkan di meja kerja, spider plant adalah pilihan yang tepat. Daunnya yang panjang dan melengkung tidak saja memuatnya estetis, tapi juga berfungsi untuk menyaring udara. Polusi udara hingga asap kendaraan atau dari rokok bakal terserap dengan baik dan ruangan bisa menjadi lebih sehat.

Tips Memilih Tanaman Pembersih Udara yang Tepat

Dengan adanya tanaman yang bisa memfilter udara, anda memang bisa memperoleh air purifier gratis. Kesehatan ruangan pun bakal terjamin. Namun, tentu anda perlu juga memilih tanaman yang tepat. Berikut adalah beberapa pertimbangannya.

  1. Ukuran

Anda perlu perhatikan ukuran tanaman anda inginkan.  Kalau ruangan anda memang tidak cukup besar, sebisa mungkin anda mencari tanaman hias pembersih udara yang cocok dan tidak akan membuat ruangan terlalu penuh. Sebaliknya, anda perlu memilih ukuran yang agak besar dan bahkan jumlah lebih banyak kalau ruangan anda lumayan luas.

  1. Keindahan

Karena yang dibicarakan adalah tanaman hias pembersih udara, tentu aspek estetika atau keindahan tumbuhan tetap anda perlu pertimbangkan. Apalagi kalau anda ingin tempatkan di ruang tamu atau area  dengan interaksi banyak orang, tumbuhan atau tanaman yang cantik bakal menjadi nilai plus. Karenanya, anda bisa memilih opsi seperti krisan atau lidah mertua.

  1. Perawatan

Pastinya, anda tetap perlu merawat tanaman hias pembersih udara. Dengan kemampuan untuk menyerap atau menyaring udara dan gas berbahaya, bukan berarti tanamannya bisa hidup sendiri tanpa perawatan. Anda tetap perlu memberikan perhatian. Kalau anda tidak ingin repot, anda bisa cari tanaman yang praktis seperti lidah mertua dan lidah buaya.

Anda bisa temukan banyak opsi tanaman hias pembersih udara. Selain yang sudah masuk rekomendasi, opsi lainnya bisa pula anda pertimbangkan. Pastinya, anda bakal bisa mendapatkan manfaat luar biasa, apalagi kalau anda tinggal di area perkotaan dengan tingkat polusi udara yang cukup parah. Tanpa air purifier, anda akan tetap bisa mendapatkan udara yang sehat di dalam rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *