Obat untuk Hama Tanaman Hias dari Bahan Alami

Tanaman hias memang menarik, baik dari segi daun, bunga, hingga batangnya. Rumah anda tentu bakal tampak sangat cantik dengan adanya beragam tumbuhan hias. Namun, hama bisa menjadi hal yang sangat merusak. Serangga hingga jamur bisa membuat pertumbuhan tanaman menjadi terganggu dan bahkan mati. Karenanya, anda tentu perlu pestisida atau obat untuk hama tanaman hias. Kalau anda ingin yang aman bagi lingkungan dan juga tanaman anda, akan lebih baik bila anda mencari penghilang hama dengan bahan organik.

Obat Untuk Hama Tanaman Hias yang Organik

Obat hama untuk tumbuhan memang beragam. Produknya bisa anda beli di toko tanaman atau pertanian. Namun, pestisida dengan bahan kimia bisa berbahaya bagi lingkungan dan bahkan juga anda. oleh karenanya, banyak orang yang mulai mempertimbangkan penggunaan pestisida alami. Proses pembuatannya pun tidak sulit. Kalau anda penasaran dengan apa saja contoh dari obat hama yang organik, ini adalah beberapa contohnya.

  1. Bawang putih

Tak hanya menjadi bahan untuk memasak, bawang putih pun bisa menjadi bahan  untuk obat untuk hama tanaman hias yang efektif. Hal ini karena bawang mengandung zat alami yang bersifat anti bakteri dan anti jamur. Serangga dan hama pun tidak menyukai aromanya yang kuat. Untuk cara membuat pestisidanya, anda hanya perlu mengupas dan menghancurkan lima umbi bawang. Setelahnya, anda bisa masukkan di air dengan volume 500 ml dan anda diamkan semalaman. Setelahnya, anda bisa saring air bawang tersebut di botol semprot. Anda tinggal semprotkan saja cairan ke tanaman hias dengan intensitas sekitar satu atau dua kali seminggu.

  1. Tembakau

Obat untuk hama tanaman hias berbahan alami lainnya menggunakan bahan dari tembakau. Nikotin yang ada di tembakau tidak saja bisa memberikan efek untuk tubuh manusia, tapi juga memberikan dampak buruk bagi serangga dan hama perusak tanaman hias. Anda tidak harus mencari daun tembakau yang masih segar karena itu justru tidak mudah. Anda bisa mencari tembakau yang ada di rokok atau membelinya di toko tembakau. Selanjutnya, anda bisa masukkan tembakau di kantong kain dan kemudian anda rendam di satu liter air selama sekitar 12 jam. Setelahnya, air bisa anda masukkan di botol untuk nantinya disemprotkan ke tanaman hias anda.

  1. Cabai

Obat untuk hama tanaman hias lainnya bisa anda buat dari cabai. Walau tanaman cabai juga tidak aman dari hama, buah cabai ternyata bisa menjadi obat alami yang menghalau hama, khususnya semut dan juga lalat putih. Anda hanya perlu segenggam cabai saja untuk kemudian anda keringkan. Setelahnya, anda bisa haluskan semua cabainya hingga menjadi bubuk yang cukup halus. Bubuk bisa anda tebarkan di sekitar tanaman  hias agar semut dan lalat putih tidak merusak lagi. Anda bisa pula mencampurkan setengah cangkir bubuk cabai dengan satu liter minyak holtikultura untuk nantinya anda semportkan ke tanaman hias.

  1. Lemon

Obat untuk hama tanaman hias bisa juga anda buat dari lemon. Zat kimia alami yang ada di kulit lemon bisa sangat efektif untuk menghalau dan membunuh serangga hama seperti kutu dan hewan lain yang bertubuh lunak dan seringkali menjadi perusak tanaman. Uniknya, yang anda butuhkan hanyalah bagian kulit saja. Kulit lemon bisa anda parut dan ditambahkan ke air mendidih. Setelahnya, anda biarkan saja campuran itu satu malam. Pagi harinya, anda tinggal saring dan masukkan cairan ke botol semprot. Dengan begitu, anda bisa menyemprotkannya ke bagian tanaman hias yang terkena hama. Sebisa mungkin, cairan harus mengenai tubuh hama secara langsung agar efektif.

  1. Kopi

Tak hanya sedap untuk diminum, kopi pun bisa menjadi opsi untuk obat untuk hama tanaman hias alami. yang anda perlukan hanyalah ampas kopi saja. Secara khusus, bahan alami ini bisa mengusir hama seperti siput hingga serangga lainnya. Di bubuk kopi terdapat zat yang bersifat abrasif sehingga bisa membunuh binatang atau hama bertubuh lunak. Penggunannya pun cukup mudah karena anda hanya perlu menaburkan ampas kopi di sekitar tanaman saja.

Manfaat dari Pestisida Organik

Tentu saja, ada manfaat dan bahkan kelebihan dari penggunaan pestisida alami di tanaman hias anda. Kalau anda penasaran dengan apa saja dampaknya, anda bisa cek beberapa hal berikut.

  1. Ramah lingkungan

Bahan organik dari obat untuk hama tanaman hias tidak memberikan efek atau dampak negatif bagi alam. Bahan kimia yang ada ramuan atau obat pestisida organik diproses dari daun atau sumber alami lainnya. Dengan begitu, alam akan bisa menyerapnya dengan baik tanpa efek samping. Residu yang berbahaya bagi tumbuhan hingga hewan dan manusia pun tidak akan anda temukan.

  1. Tidak berbahaya bagi kesehatan

Obat untuk hama tanaman hias yang organik pun tidak berbahaya bagi manusia. Kalaupun anda menghirup cairannya atau  melakukan kontak langsung dengan cairan organik tersebut, tidak ada efek samping yang berbahaya. Mungkin hanya baunya saja yang terasa sangat tajam. Selebihnya, tidak ada risiko seperti masalah pernafasan, keracunan, hingga kanker.

  1. Tidak menciptakan resistensi

Lalu, obat untuk hama tanaman hias dengan bahan organik bisa mencegah adanya resistensi dari hama. Kalau resistensi bisa muncul, hama tidak akan lagi takut dengan pestisida. Karena semua dibuat dari bahan alami, risiko adanya resistensi terbilang kecil.

  1. Hemat biaya

Pastinya, penggunaan obat untuk hama tanaman hias berbahan alami akan lebih hemat biaya. Sebagian besar pestisida organik yang disebutkan pun hanya menggunakan satu atau dua bahan saja yang bakal mudah anda temukan.  Harga juga tidak akan  mahal sehingga kantong anda akan tetap aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *