Ini Dia Unsur Utama Budidaya Tanaman Hias Yang Perlu Diperhatikan

Teknik budidaya tanaman hias menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan, apalagi untuk para pemula. Dengan menggunakan teknik yang tepat, maka Anda bisa menghasilkan tanaman hias yang menarik dan bisa menjadi ladang bisnis. Namun perlu dipahami, bahwa unsur utama budidaya tanaman hias juga perlu diperhatikan.

Salah satu unsur utama budidaya tanaman hias yaitu kualitas penampilan tanaman. Tujuannya sendiri yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tanam untuk tanaman hias. Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang unsur utama budidaya tanaman hias beserta tekniknya.

Unsur Utama Budidaya Tanaman Hias

Berikut ini adalah unsur utama budidaya tanaman hias agar teknik budidaya tanaman hias bisa memberikan hasil yang maksimal:

1. Pengolahan Tanah

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat budidaya tanaman hias adalah proses pengolahan tanahnya. Umumnya, tanaman hias ini akan ditanam di halaman rumah ataupun pekarangan dan diletakkan di wadah seperti pot, drum, ataupun kaleng bekas. Sebelum ditanam, Anda perlu melakukan pengolahan tanah terlebih dulu.

Adapun tanah yang digunakan harus gembur dan juga mengandung unsur hara yang cukup. Inilah salah satu unsur utama budidaya tanaman hias yang perlu diperhatikan karena sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Anda harus mencampurkan tanah dengan pupuk kompos agar tanah tersebut mempunyai kandungan mineral serta nutrisi yang baik.

Pembuatan media tanah ini lebih baik dilakukan beberapa hari sebelum proses penanaman. Adapun untuk tujuannya yaitu agar kandungan yang ada di dalam pupuk kompos bisa terserap dengan sempurna.

2. Bibit Tanaman

Bibit tanaman hias tak jauh berbeda dengan jenis tanaman lain, yakni berupa biji, semai, stek, cangkok, okulasi, ataupun umbi. Anda harus memilih bibit tanaman hias yang berkualitas tinggi agar bisa tumbuh menjadi tanaman hias yang cantik dan indah.

3. Proses Semai

Proses semai ini dapat dilakukan dengan menyebarkan bibit di lahan yang sudah disediakan. Anda harus memperhatikan jarak dan juga jumlah bibit yang nantinya akan disemak. Untuk bibit yang berukuran kecil, bisa sebar 2 sampai 3 biji dalam satu area. Sementara untuk jaraknya, dapat disesuaikan dengan besaran tanaman. Semakin besar tanaman, semakin jauh jarak antar bibitnya.

4. Proses Tanam

Teknik yang harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil tanaman hias yang bagus adalah proses tanam atau proses pemindahan benih ke dalam media tanam utama. Anda bisa lakukan penanaman dengan kedalaman sesuai kebutuhan dan jangan lupa untuk menyiramnya secara rutin.

5. Perawatan

Untuk proses perawatan tanaman hias ini dapat dilakukan dengan rutin supaya tanaman tersebut tetap dalam kondisi yang segar. Terdapat tiga tahapan penting dalam merawatnya, yakni penyiraman, penyiangan, serta pengendalian hama.

Itulah beberapa unsur utama untuk membudidayakan tanaman hias yang perlu Anda perhatikan beserta teknik menanamnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *