Bagaimana Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Hias

Salah satu hal yang penting untuk Anda perhatikan ketika memelihara tanaman hias, yaitu mengetahui bagaimana pengendalian hama dan penyakit tanaman hias itu sendiri. Mengingat beberapa jenis tanaman hias, rentan terkena hama atau juga penyakit.

Mengenal aneka jenis hama dan penyakit pada tanaman hias

Namun sebelum membahas lebih dalam tentang bagaimana cara pengendalian hama dan penyakit tanaman hias, ada baiknya Anda mengenal berbagai macam jenis hama dan penyakit, yang sering menyerang tanaman hias.

Jenis hama

Untuk jenis hama yang paling sering muncul pada tanaman hias, antara lain kutu putih, kutu sisik / scale, tungau laba-laba, agas jamur, siput,  belalang, ulat, bahkan hingga bekicot. Untuk belalang dan juga ulat, biasanya akan menyerang bagian daun. Sedangkan kutu, biasanya menyerang bagian pucuk bunga dan juga daun. Sedangkan bekicot, biasanya akan menyerang bagian akar tanaman dan juga daun. Tips untuk mencegah tanaman tidak mudah diserang hama, terletak pada bagian bibit. Jadi pastikan Anda membeli bibit tanaman yang berkualitas.

Jenis penyakit

Sedangkan untuk jenis penyakit yang palin sering muncul pada tanaman hias, yaitu disebabkan oleh jamur dan bakteri. Penyakit tersebut akan menyerang pada saat memasuki musim penghujan. Salah satu ciri, ketika tanaman terserang penyakit jamur adalah munculnya bercak bercak pada daun. Sedangkan ketika terserang bakteri, maka dahan atau tanaman akan layu. Salah satu pengendalian hama dan penyakit pada tanaman hias yang cukup ampuh yaitu dengan menjaga jarak tanam, agar tidak terlalu rapat, dan selingi dengan jenis tanaman yang berbeda.

Cara mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman hias

Lalu bagaimana cara mengendalikan hama dan penyakit yang menyerang tanaman hias tersebut. Ini adalah salah satu teknik budidaya tanaman hias, yang penting untuk Anda perhatikan !

1. Pengendalian secara mekanis

Untuk cara pengendalian hama dan penyakit pada tanaman hias secara mekanis, yaitu dengan tindakan nyata. Atau dengan kata lain secara tradisional, karena tidak menggunakan zat kimia, seperti insektisida atau yang lainnya. Namun lebih menggunakan alat, seperti sabit, gunting tanaman, dan yang lainnya. Teknik ini dilakukan untuk menekan perkembangan hama dan penyakit pada tanaman hias.

2. Pengendalian secara biologis

Cara mencegah hama dan penyakit pada tanaman hias secara biologis adalah dengan menggunakan predator untuk memangsa hama yang ada. Misalnya saja dengan menggunakan burung atau yang lainnya. Sedangkan untuk penyakit, Anda dapat menggunakan beberapa ramuan dari bahan tanaman yang mampu menekan penyakit pada tanaman.

3. Pengendalian secara kimia

Ini adalah salah satu cara yang paling umum dilakukan, untuk menekan hama dan penyakit pada tanaman hias. Bahan kimia yang digunakan umumnya pestisida, baik itu insektisida, herbisida atau juga fungisida. Selain caranya mudah untuk dilakukan, hasilnya juga terbilang cukup baik, namun sedikit banyak memberikan efek negatif terhadap lingkungan sekitar tanaman itu sendiri.

Tentunya dari penjelasan di atas, Anda sudah mengerti, bahwa penting untuk mengetahui bagaimana pengendalian hama dan penyakit tanaman hias. Agar Anda dapat merawat tanaman secara lebih baik, hasilnya tanaman dapat tumbuh secara sehat dan indah dipandang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *