Cara dan Syarat Mendirikan PT Perorangan 2022-2023


Categories :

YAHAS.OR.ID – Cara dan Syarat Mendirikan PT Perorangan 2022-2023 Untuk Anda yang saat ini ingin mendirikan PT perorangan dan sesuai dengan undang-undang cipta kerja maka pada postingan kali ini, YAHAS.OR.ID akan membahasnya untuk Anda secara lengkap dan dipastikan anda akan terbantu di saat ingin mendirikan PT perorangan sebagai legal standing usaha bagi kalian terutama para pelaku UMKM.

Harus Anda pahami Ada persyaratan mendirikan PT perorangan yang wajib diketahui termasuk syarat mendirikan PT perorangan dimana pendirian badan usaha berbentuk perseroan terbatas atau PT saat ini ini dipermudah oleh pemerintah dan bisa dilakukan oleh satu orang sebagai pemegang saham dan juga sebagai Direktur Utama.

Hal ini berdasarkan atas UU Cipta kerja nomor 11 tahun 2020 dan hal ini pastinya memberikan dukungan penuh dan memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk membangun usaha mereka supaya memperoleh legal standing di Indonesia.

Cara dan Syarat Mendirikan PT Perorangan 2022-2023

PT perorangan hanya bisa didirikan untuk kriteria usaha mikro dan kecil dan hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 7 Tahun 2021 terkait kemudahan, pelindung, dan pemberdayaan koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah.

Selanjutnya kriteria usaha mikro nantinya akan ditentukan berdasarkan modal usaha maksimal Rp 1 miliar dan hal ini ini tidak termasuk bangunan dan juga tanah yang dijadikan sebagai tempat usaha ataupun hasil penjualan tahunan yang mencapai maksimal 2 miliar.

Selanjutnya untuk usaha kecil ditentukan berdasarkan kepemilikan modal usaha dimana lebih dari Rp 1 miliar sampai 5 miliar tidak termasuk tanah bangunan tempat usaha atau mempunyai hasil penjualan tahunan lebih dari Rp2 miliar-Rp15 miliar.

Dasar hukum PT perorangan

Berikut adalah dasar hukum yang harus Anda pahami tentang pembuatan PT perorangan diantaranya adalah sebagai berikut:

Undang-undang indonesia no 11 tahun 2020 terkait Cipta kerja dan untuk penjelasan an undang-undang nya sendiri, anda bisa mengunduh melalui link berikut ini: Download uu cipta kerja (omnibus law)

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 7 tahun 2021 terkait kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah.

Mengenal pengertian PT perorangan

PT perorangan adalah sebuah badan hukum perorangan yang sudah memenuhi kriteria usaha mikro dan kecil sebagaimana diatur pada peraturan perundang terkait usaha mikro dan kecil atau UMKM.

Apabila melihat arti dari PT perorangan maka bisa diketahui jika PT perorangan mempunyai unsur perorangan dan unsur usaha kecil siapapun bisa membuat PT perorangan dengan unsur perorangan dan yang kedua unsur kriteria UMK.

Contoh PT Perorangan ALHIDA CYBER INSIDE
Contoh PT Perorangan ALHIDA CYBER INSIDE

Syarat pendirian PT perorangan

  1. Perseroan terbatas disebut sebagai persero merupakan badan hukum yang didirikan sesuai dengan kriteria usaha mikro dan kecil
  2. Membuat surat pernyataan pendirian sesuai dengan format yang ada pada lampiran PP No 8 tahun 2021 terkait modal UMK
  3. Perseroan perorangan didirikan hanya satu orang
  4. Perseroan perorangan wajib mempunyai modal dasar dan modal disetor dan sama seperti perseroan terbatas untuk masalah ketentuan modal disetor yaitu minimal 25% dari dasar modal yang nantinya dibuktikan dengan bukti penyetoran yang sah
  5. PT perorangan didirikan oleh WNI dan mengisi pernyataan pendirian memakai bahasa Indonesia
  6. Harus berusia minimal 17 tahun dan cakap hukum.
  7. KTP pendiri
  8. NPWP pendiri
  9. Alamat perseroan perorangan
  10. Nomor HP
  11. Surat pernyataan pendirian Perseroan perorangan.
  12. Proses pendirian PT perorangan
  13. Didirikan oleh satu orang
  14. Mempunyai kegiatan usaha mikro dan kecil
  15. Pendiri membuat surat pernyataan pendirian
  16. Pendaftaran dengan cara elektronik pT perorangan melalui Menteri Hukum dan HAM
  17. Pengurusan NPWP PT perorangan
  18. Mengurus nib dan izin usaha PT perorangan.

Rekening bank atas nama PT perorangan

Apabila ada pertanyaan Apakah PT perorangan dapat membuat rekening bank maka jawabannya anda yang membuat PT perorangan maka bisa membuka rekening bank atas nama PT yang anda buat.

Anda tidak harus khawatir dikarenakan ketika anda ingin membuat rekening atas nama PT maka kalian tinggal berbicara kepada pihak bank jika anda ingin membuat rekening atas nama PT yang kalian dirikan.

Kesimpulan

Dengan adanya kemudahan yang diberikan oleh pemerintah Bagi siapapun masyarakat Indonesia yang ingin membuat PT perorangan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, maka hal ini bisa dimanfaatkan oleh anda untuk membangun sebuah perusahaan sendiri dengan brand yang sudah berbadan hukum atau mempunyai legal standing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *