Merawat Tanaman Hias yang Gampang Dilakukan

Merawat tanaman hias menjadi hal ygng wajib anda lakukan. Kalau anda melewatkan hal tersebut padahal ada banyak tumbuhan di rumah anda, tentu keindahannya tidak akan bertahan lama dan bahkan malah tanaman bisa mati dengan cepat. Padahal, perawatan yang diperlukan tidaklah sulit. Bahkan, anda bisa sekaligus mencari saja tanaman yang mudah dirawat sehingga anda pun tidak akan mengalami kesulitan ketika mempunyai beberapa tumbuhan di rumah.

Beberapa Panduan untuk Merawat Tanaman Hias

Merawat tumbuhan yang ada di rumah anda memang tidak harus rumit. Setidaknya, ada beberapa hal yang gampang untuk dilakukan dan prosesnya pun tidak akan ribet. Setidaknya dengan anda melakukan beberapa hal berikut, tanaman hias akan bisa tumbuh dengan lebih baik.

  1. Memperkuat akar

Salah satu bagian penting dari tanaman adalah akar. Tujuan dari bagian tumbuhan tersebut adalah untuk menopang berdirinya batang utama. Selain itu, akar pun diperlukan untuk  menyerap unsur hara di tanah. Kalau akarnya tidak bagus, tumbuhan pun tidak bisa tumbuh dengan baik, khususnya untuk tanaman hias yang tumbuh di tanah. Lalu, merawat tanaman hias untuk bagian akar cukup mudah. Anda cukup perlu memastikan saja kalau media tanamnya bagus dan mempunyai unsur hara yang cukup. Dengan begitu, akar bisa tumbuh dan kebutuhan nutrisi tanaman akan bisa diperoleh.

  1. Menyiram tanaman secara cukup

Air menjadi unsur lain yang penting untuk suatu tanaman. Karenanya, air bakal menjadi hal yang begitu penting ketika anda ingin merawat tanaman hias. Namun, anda perlu perhatikan kebutuhan tiap tumbuhan.  Ada tumbuhan yang perlu air dengan intensitas yang tinggi, dan bahkan malah bisa tumbuh di air. Sedangkan, ada tanaman yang justru tidak perlu banyak air, seperti kaktus dan succulent. Karenanya, anda perlu memberikan air yang cukup, dan tidak sembarang menyiram saja. Kalau anda tidak memastikan hal tersebut, bisa saja tanaman malah mati karena tanah terlalu basah.

  1. Penyediaan sinar matahari

Sinar matahari pun menjadi elemen penting untuk merawat tanaman hias. Khususnya untuk tumbuhan dengan daun hijau dan perlu fotosintesis, sinar matahari bakal sangat esensial. Namun seperti halnya air, kebutuhan tiap tanaman akan berbeda-beda. Misalkan saja untuk anggrek, berada di bawah matahari pun tak akan masalah. Sedangkan, anthurium justru perlu lingkungan yang teduh tanpa banyak sinar matahari agar bisa tumbuh dengan baik.

  1. Penggantian pot

Untuk tanaman hias di pot, anda wajib memperhatikan proporsi tumbuhan dan tempat tumbuhnya. Ketika tanaman sudah bertambah besar, anda perlu mengganti potnya agar akar bisa tumbuh dengan baik dan pertumbuhan tidak akan mengalami kendala. Namun, tips merawat tanaman hias ini hanya berlaku untuk tanaman yang memang bisa tumbuh lebih besar.

  1. Pemberian pupuk dan penggantian media tanam

Selain pot, tanah atau media tanam pun perlu menjadi perhatian untuk merawat tanaman hias. Kalau anda menanam tumbuhan di pot, asupan nutrisi di tanah akan berkurang seiring berjalannya waktu. Sedangkan, tumbuhan akan terus membutuhkan unsur hara. Kalau tumbuh langsung di tanah, hal tersebut tidak perlu menjadi persoalan. Sedangkan di pot, anda perlu secara berkala memberikan pupuk atau bahkan mengganti tanah serta media tanam yang anda gunakan.

Tanaman Hias dengan Perawatan yang Gampang

Beragam perawatan memang menjadi hal yang penting untuk suatu pertumbuhan tanaman. Mulai dari penyiraman hingga pemupukan, anda bakal perlu melakukannya. Namun kalau anda tidak ingin ribet dan kesulitan, ada beberapa jenis tanaman yang bakal mudah untuk anda tanam.

  1. Bambu rejeki

Bambu rejeki atau lucky bamboo adalah suatu tanaman yang bakal bisa tumbuh dengan mudah. Walau namanya merupakan bambu, sebenarnya ini bukan benar-benar suatu bambu. Bentuknya memang beruas yang memanjang. Namun, bagian tengahnya tidak berlubang seperti bambu pada umumnya. Lalu, tumbuhnya pun super gampang. Bahkan, anda tinggal tempatkan saja di pot berisi air, dan bambu rejeki bisa tumbuh dengan baik. Anda jelas tak akan mengalami kesulitan untuk merawat tanaman hias ini.

  1. Sirih gading

Sirih gading adalah opsi lain yang tidak perlu perawatan yang ribet. Merawat tanaman hias ini super mudah karena bahkan anda tidak harus terlalu pusing dengan urusan sinar matahari hingga intensitas menyiram yang terlalu sering. Bahkan di tanah yang kering sekalipun dan  terkena sinar matahari yang cukup lama, sirih gading bakal tetap bisa tumbuh dengan baik. Selain indah, khasiatnya juga sangat bagus karena bisa menyerap gas berbahaya dari asap rokok hingga kendaraan.

  1. Lidah mertua

Lidah mertua pun bisa menjadi opsi untuk anda pertimbangkan. Merawat tanaman hias ini bakal super mudah karena bahkan anda hanya tinggal menanamnya di pot dan anda tidak perlu terlalu pusing dengan seberapa sering anda harus menyiramnya. Anda lupa menyiram satu hari saja pun tak akan menjadi masalah. Lalu, manfaat dari lidah mertua juga sangat bagus karena bisa membantu menyehatkan udara di ruangan rumah anda. Bentuknya pun unik dengan warna yang cukup cantik sehingga bakal bagus untuk dekorasi rumah anda.

Beragam hal memang perlu menjadi perhatian anda ketika ingin merawat tanaman hias. Bahkan salah menyiram saja bisa saja malah membuat tumbuhan yang anda miliki mejadi rusak dan bahkan mati. Untuk anda yang tidak ingin ribet, ada juga beberapa tumbuhan yang bisa berkembang dengan baik walau anda tidak perlu merawatnya secara intens. Dengan begitu, rumah anda bakal tetap segar tanpa anda merasa kesulitan untuk merawatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *