Agar Cepat Tumbuh, Ini 3 Tahap Pemupukan Tanaman Hias

Salah satu teknik merawat tanaman hias agar dapat tumbuh dengan subur, yaitu dengan memberikan pupuk secara tepat. Pastinya pemupukan tanaman hias tidak boleh sembarangan. Pemberian pupuk akan dilakukan secara berkala, sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman tersebut, yaitu pada fase pembibitan, pembesaran dan fase pembungaan.

Pemupukan pertama

Pemberian pupuk pertama, akan dilakukan pada saat pembibitan. Dimana pemupukan tanaman hias akan dilakukan dengan memberikan beberapa macam jenis pupuk, yaitu jenis pupuk cair, pupuk NPK dan juga pupuk ZPT.

Jenis jenis pupuk tersebut diberikan, karena mengandung unsur hara yang lengkap, mulai dari fosfor, nitrogen, dan juga kalium. Sedangkan ZPT yang akan diberikan, karena mengandung hormon giberelin, berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan tanaman, dan juga hormon auksin, yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan akar tanaman. Lalu kapan pemberian pupuk tanaman hias akan dilakukan, tepat ketika Anda akan melakukan pembibitan, dimana media tanam yang digunakan akan diberikan beberapa jenis pupuk yang dimaksud, baru terakhir dimasukkan tanaman.

Pemupukan kedua

Pada teknik budidaya tanaman hias yang kedua, pemupukan akan dilakukan pada fase pembesaran atau pada saat pertumbuhan. Adapun jenis pupuk yang akan diberikan pada tahap ini antara lain, pupuk organik, pupuk kompos atau bisa juga pupuk kandang. Memberikan pupuk kimia tunggal atau majemuk tidak masalah, namun harus diberikan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Adapun cara pemupukan tanaman hias yang dimaksud, yaitu dengan meletakkan atau membenamkan pupuk tersebut pada media tanam yang ada. Sedangkan jika Anda akan memberikan pupuk pada tanaman hias jenis bunga anggrek, maka pupuk yang diberikan sebaiknya jenis pupuk padat, dan disimpan dalam kantung purus media tanamnya. Pemberian pupuk cair juga tidak masalah, Anda dapat memberikan dengan teknik disemprot. Alasannya karena tanaman anggrek ini dapat menyerap hara dari seluruh bagian tanaman.

Pemupukan ketiga

Cara memberikan pupuk pada tanaman hias yang ketiga yaitu pada fase pembungaan, tujuannya agar tanaman dapat berbunga secara indah. Atau jika tanaman tersebut termasuk tanaman daun, hasilnya warna daun yang dihasilkan tampak semakin cantik.

Pada fase pembungaan seperti ini, tanaman membutuhkan nitrogen yang lebih sedikit ketimbang pada fase pembibitan. Jenis pupuk tanaman hias yang sebaiknya diberikan pada tahap ini, yaitu jenis pupuk yang kaya akan fosfor. Berikan juga pupuk dari jenis ZPT, yang kaya akan kandungan giberelin. Nutrisi tersebut dapat memicu tanaman jadi sering berbunga.

Pemberian pemupukan tanaman hias, terutama untuk jenis pupuk buatan ini memang harus sesuai dengan aturan yang dianjurkan. Tidak boleh kurang atau berlebih, karena jika berlebih, justru akan meracuni tanaman itu sendiri. Lain halnya ketika Anda menggunakan pupuk alami, seperti pupuk organik, pupuk kompos atau juga pupuk kandang, jenis pupuk tersebut akan memicu unsur hara pada tanah jadi lebih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *